_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/12/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/profil-negara-republik-islam-iran/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Perancis (France)

Profil Negara Perancis (France)

Profil Negara Perancis (France) – Perancis adalah Negara yang terletak di Benua Eropa tepatnya di Eropa bagian Barat. Selain Teritori Metropolitan yang berada di Benua Eropa, Perancis juga memiliki beberapa pulau dan teritori di seberang laut yang berada di Benua lainnya. Luas wilayah Perancis secara keseluruhan adalah 643.801km2, luas wilayah ini termasuk Metropolitan Perancis seluas 551.500km2 dan Teritori seberang laut seluas 92.301km2. Teritori seberang laut tersebut diantaranya adalah French Guiana di Amerika Selatan, Guadeloupe dan Martinique di Laut Karabia Amerika Tengah, Mayotte dan Reunion di Samudera Hindia.

Di Eropa, Metropolitan Perancis berbatasan dengan Swiss, Italia dan Jerman di sebelah Timur sedangkan sebelah Barat adalah Teluk Biscay. Di Utara Metropolitan Perancis adalah Selat Channel (selat yang memisahkan daratan Eropa dengan Inggris) dan Belgia. Di sebelah Selatannya, Metropolitas Perancis berbatasan dengan Spanyol dan Laut Mediterania. Secara Astronomis, Perancis terletak diantara 42°LU – 51°LU dan 5°BB – 8°BT.

Perancis menganut bentuk pemerintahan Republik Semi-Presidensil yang Kepala Negaranya adalah Presiden dan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Presiden Perancis dipilih oleh Rakyatnya langsung dengan masa jabatan 5 tahun, sedangkan Perdana Menteri ditunjuk langsung oleh Presiden.  Ibukota Perancis adalah Kota Paris.

Di Bidang Hubungan Luar Negeri, Perancis merupakan salah satu anggota PBB yang menjabat sebagai Dewan Keamanan Permanen dengan Hak Veto. Selain sebagai anggota PBB dan lembaga-lembaga yang berada dibawah PBB, Perancis juga merupakan anggota dari NATO, G8, G20, OECD dan organisasi-organisasi lainnya.
Baca Juga : Negara Anggota NATO.

Di Bidang Ekonomi, Perancis merupakan negara maju yang memiliki Produk Domestik Bruto Nominal yang tinggi yaitu sebesar US$ 2,488 triliun dengan pertumbuhan PDB sekitar 1,3% pada tahun 2016. Perancis menduduki urutan ke-7 sebagai negara Pengekspor terbesar di dunia.  Ekspor Perancis mencapai US$ 505,4 (tahun 2016), Komoditas utama ekspor Perancis diantaranya seperti Mesin, Peralatan Transportasi, Pesawat Terbang, obat-obatan, besi dan baja. Pendapat Perkapita Perancis adalah sebesar US$ 42.200,-.

Perancis memiliki jumlah penduduk sebanyak 66.836.154 jiwa dan mayoritas beragama Kristern (sebagian besar adalah Katolik Roma (63 – 68%)). Angka kelahiran Perancis adalah 12,3 bayi per 1000 penduduk dengan pertumbuhan penduduknya sekitar 0,41%.

Profil Negara Perancis (France)

Berikut ini adalah Profil Negara Perancis (France) :

  • Nama Lengkap : France Republic (Republik Perancis)
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Semi-Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Emmanuel MACRON (sejak 14 Mei 2017)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Edouard PHILIPPE (sejak 15 Mei 2017)
  • Ibukota : Paris
  • Luas Wilayah : 643.801km2
  • Jumlah Penduduk : 66.836.154 jiwa
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,41%
  • Bahasa Resmi : Perancis
  • Agama : Kristen (sebagian besar adalah Katolik Roma) 63-66%, Muslim 7-9%, Buddha 0.5-0.75%, Jewish 0.5-0.75%, agama lainnya 0.5-1.0%, tak beragama 23-28%
  • Mata Uang : Euro (EUR)
  • Hari Nasional : 14 July 1790
  • Lagu Kebangsaan : La Marseillaise” (The Song of Marseille)
  • Kode Domain Internet : .fr
  • Kode Telepon : 33
  • Waktu : GMT +1
  • Pendapatan Domestik Bruto : US$ 2,488 triliun (2015)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 42.400,- (2016)

 

Pembagian Administratif di Perancis

Secara Administratif, Perancis terbagi atas 13 Region di Metropolitan Perancis dan 5 Region seberang laut. Berikut ini adalah daftarnya.

No. Provinsi
1  Auvergne-Rhone-Alpes
2 Bourgogne-Franche-Comte (Burgundy-Free County)
3 Bretagne (Brittany)
4 Centre-Val de Loire (Center-Loire Valley)
5 Corse (Corsica)
6 Grand Est (Grand East)
7 Guadeloupe
8 Guyane (French Guiana)
9 Hauts-de-France (Upper France)
10 Ile-de-France
11 Martinique
12 Mayotte
13 Normandie (Normandy)
14 Nouvelle-Aquitaine (New Aquitaine)
15 Occitanie (Occitania)
16 Pays de la Loire (Lands of the Loire)
17 Provence-Alpes-Cote d’Azur
18 Reunion

 

Sumber referensi : CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*