_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-swiss-switzerland/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-swiss-switzerland/profil-negara-swiss-switzerland-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Portugal

Profil Negara Portugal – Portugal adalah sebuah negara yang terletak di semenanjung Iberia, Benua Eropa bagian barat daya. Portugal yang secara astronomis terletak di antara 36˚58’ – 42˚09’LU dan 6˚11’ – 9˚30’ BB ini berbatasan dengan Spanyol disebelah Timur dan Utara sedangkan di sebelah barat dan selatan adalah samudera Atlantik. Ibukota negara yang memiliki nama lengkap Republik Portugal ini adalah Kota Lisbon.

Dalam sejarahnya, Portugal yang merupakan pelopor eksplorasi lepas pantai dan pendiri kerajaan kolonial pertama ini pernah menjadi negara yang sangat kuat dalam bidang kemiliteran, ekonomi dan politik pada abad ke-15 hingga abad ke-16. Portugal pernah bersatu dengan Spanyol pada tahun 1580 hingga tahun 1640 dengan sebutan Uni Iberia setelah krisis suksesi. Kekuatan dan pengaruh Portugal berkurang di global pada abad ke-19 karena terjadinya gempa bumi di Lisbon pada tahun 1755, Invasi Spanyol dan Perancis serta merdekanya Brasil pada tahun 1822. Brasil merupakan teritorial lepas pantai terkaya Portugal pada saat itu.
Baca juga : Profil Negara Brasil (Brazil).

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Portugal adalah sistem pemerintahan Republik Semi-Presidensil. Pada Sistem Pemerintahan Republik Semi-Presidensil Portugal ini, Kepala Negaranya adalah seorang Presiden yang dipilih melalui Pemilihan umum Presiden setiap 5 tahun sekali sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri yang ditunjuk oleh Presiden. Namun pada umumnya, Perdana Menteri Portugal merupakan pemimpin partai dari pemenang pemilihan umum legislatif yang dipilih setiap 4 tahun sekali.

Portugal memiliki luas wilayah sebesar 92.090 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 10.839.514 jiwa. Mayoritas penduduk Portugal memeluk agama Katolik Roma yaitu sebanyak 81%. Bahasa resmi Portugal adalah Bahasa Portugis. Istilah “Portugis” juga digunakan untuk menyebut penduduk atau orang-orang yang berasal dari negara Portugal.

Di bidang perekonomian, Portugal merupakan negara maju dengan ekonomi makmur dan sosial politik yang stabil. Portugal memiliki pendapatan perkapita sebesar US$28.900,- dan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) berdasarkan Paritas daya beli sebesar US$298,7 miliar pada tahun 2016. Industri-industri utama Portugal diantaranya adalah Tekstil, pakaian, sepatu, kayu dan gabus, produk kertas, kimia, minyak dan pelumas, otomotif dan komponen-komponennya, keramik, mineral, telekomunikasi, produk teknologi, produk susu, plastik, optik, layanan finansial dan pariwisata. Portugal juga menghasilkan beberapa komoditas pertanian seperti kentang, tomat, zaitun, anggur, biji-bijian, unggas, kambing dan sapi.

Di hubungan luar negeri, Portugal adalah anggota PBB dan lembaga-lembaga dibawah PBB. Portugal juga merupakan anggota Uni Eropa, NATO, OECD dan CPLP. Portugal adalah salah satu negara pendiri NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara).

Profil Negara Portugal (Portugis)

Profil Negara Portugal

Berikut ini adalah Profil Negara Portugal :

  • Nama Lengkap : Republik Portugis (Portuguese Republic)
  • Nama Lokal : Republica Portuguesa
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Semi-Republik
  • Kepala Negara : Presiden Marcelo REBELO DE SOUSA (since 9 Maret 2016)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Antonio Luis Santos da COSTA (sejak 24 November 2015)
  • Ibukota : Lisbon
  • Luas Wilayah : 90.090 km2
  • Jumlah Penduduk : 10.839.514 jiwa (estimasi di Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0% (2017)
  • Angka Kelahiran : 9 bayi per 1000 penduduk
  • Bahasa Resmi : Bahasa Portugis
  • Agama : Katolik Roma (81%), Kristen (3,3%), agama lainnya 0,6%, tidak beragama 6,8%
  • Mata Uang : Euro (EUR)
  • Hari Nasional : 10 Juni 1580 (Hari Portugis), disebut juga hari Camoes
  • Hari Kemerdekaan : 5 Oktober 1910 (Hari Proklamasi Republik)
  • Lagu Kebangsaan : “A Portugesa” (The Song of the Portuguese)
  • Kode Domain Internet : .pt
  • Kode Telepon : 351
  • Pendapatan Per Kapita : US$28.900,- (2016)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$298,7 miliar (2016)
  • Lokasi : Benua Eropa

Pembagian Wilayah Administrasi di Portugal

Republik Portugal terbagi atas 18 Distrik dan 2 Region Otonomi, Berikut ini adalah daftar 18 Distrik dan 2 Region Otonomi.

18 Distrik di Portugal

No. Nama Distrik
1 Lisbon
2 Leiria
3 Santarém
4 Setúbal
5 Beja
6 Faro
7 Évora
8 Portalegre
9 Castelo Branco
10 Guarda
11 Coimbra
12 Aveiro
13 Viseu
14 Bragança
15 Vila Real
16 Porto
17 Braga
18 Viana do Castelo

 

2 Region Otonomi di Portugal

No. Nama Region Otonomi
1 Azores
2 Madeira

 

Sumber referensi : Data-data dalam Profil Negara Portugal ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*