_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/06/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/tari-tarian-tradisional-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Profil Negara Selandia Baru (New Zealand)

Profil Negara Selandia Baru

Profil Negara Selandia Baru (New Zealand) – Selandia Baru atau New Zealand adalah sebuah negara kepulauan yang berada di Barat Daya Samudera Pasifik yang biasanya disebut dengan kawasan Oseania. Selandia Baru memiliki dua pulau besar yaitu pulau Utara dan pulau Selatan yang dipisahkan oleh Selat Cook serta beberapa pulau kecil lainnya. Luas wilayah Selandia Baru adalah sebesar 268.838 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 4.474.549 jiwa. Mayoritas penduduk Selandia Baru adalah keturunan bangsa-bangsa Eropa dan suku bangsa Maori (bangsa Polinesia) yaitu pribumi yang mendiami Selandia Baru sejak tahun 1250-1300 masehi. Selain Bangsa-bangsa Eropa dan Pribumi Maori, Bangsa Asia juga banyak yang mendiami negara yang terletak di sebelah Tenggara Australia ini.

Selandia Baru merupakan negara Realm Commonwealth dengan sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yang mengakui Ratu Britania Raya (Ratu Inggris) sebagai Kepala Negaranya. Sedangkan Kepala Pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Di Selandia Baru, Ratu Britania Raya diwakilkan oleh seorang Gubernur Jenderal yang ditunjuk oleh Ratu Britania Raya atas nasihat Perdana Menteri. Ibukota Selandia Baru adalah Wellington.

Di bidang perekonomian, Selandia Baru merupakan salah satu negara maju yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Pendapatan Domuestik Bruto Selandia Baru mencapai US$ 179,4 miliar dan Pendapatan Perkapita berdasarkan Keseimbangan Kemampuan Berbelanja adalah sebesar US$ 37.100,-. Beberapa komoditas ekspor Selandia Baru adalah produk susu, buah-buahan, wine, daging dan artikel-artikel kayu.
Baca juga : Daftar Negara-negara Maju di Dunia.

Profil Negara Selandia Baru

Berikut ini adalah Profil Negara Selandia Baru :

Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional

Kepala Negara : Ratu Elizabeth II (Ratu Britania Raya) (Sejak 6 Februari 1952)

Kepala Pemerintahan : Prime Minister Simon William “Bill” ENGLISH (Sejak 12 Desember 2016)

Ibukota : Wellington

Luas Wilayah : 268.838 km2

Jumlah Penduduk : 4.474.549 jiwa (2016)

Pertumbuhan Penduduk : 0,8% (2016)

Suku Bangsa : Eropa 71.2%, Maori 14.1%, Asia 11.3% dan suku bangsa lainnya.

Bahasa Resmi : Inggris

Mata Uang : Dolar Selandia Baru (NZD)

Hari Nasional : 26 September 1907 (merderka dari Britania Raya)

Lagu Kebangsaan : God Defend New Zealand

Kode Domain Internet : .nz

Kode Telepon : 64

Pendapatan Domestik Bruto : US$ 179,4 miliar (2016)

Pendapatan Per Kapita : US$ 37.100,- (2016)

 

Pembagian Wilayah Administratif Selandia Baru

Secara Administratif, Selandia Baru terbagi atas 16 wilayah (Region) dan 1 Teritori. Berikut ini adalah daftar 16 wilayah dan 1 Teritori di Selandia Baru.

16 Wilayah Region

No. Wilayah (Region) Pulau
1 Northland Utara
2 Auckland Utara
3 Waikato Utara
4 Bay of Plenty Utara
5 Gisborne Utara
6 Hawke’s Bay Utara
7 Taranaki Utara
8 Manawatu-Wanganui Utara
9 Wellington Utara
10 Tasman Selatan
11 Nelson Selatan
12 Marlborough Selatan
13 West Coast Selatan
14 Canterbury Selatan
15 Otago Selatan
16 Southland Selatan

 

1 Teritori

No. Teritori Pulau
1 Chatham Islands Kep. Chatham

 

Sumber referensi : CIA World Factbook

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*