_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/07/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/lagu-lagu-daerah-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/lagu-lagu-daerah-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/lagu-lagu-daerah-di-indonesia-beserta-daerah-asalnya/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/"}}_ap_ufee

Profil Negara Singapura (Singapore)



Profil Negara Singapura (Singapore)

Profil Negara Singapura (Singapore) – Singapura adalah sebuah negara maju yang terletak di Asia Tenggara. Negara pulau yang hanya memiliki luas wilayah 697 km² ini memegang peranan penting dalam perdagangan dan keuangan internasional. Negara yang sebelumnya merupakan koloni Inggris  ini pernah bergabung ke Federasi Malaysia pada tahun 1963 setelah memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Namun dua tahun kemudian yaitu tahun 1965, Singapura berpisah dengan Federasi Malaysia dan resmi menjadi negara yang berdaulat. Tanggal 9 Agustus 1965 yaitu tanggal berpisahnya Singapura dengan Federasi Malaysia diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Singapura.

Sebagai negara maju, Singapura memiliki pendapatan perkapita yang sangat tinggi yaitu sebesar USD. 87.100,- dengan Pendapatan Domestik Bruto nominal (PDB Nominal) sebesar USD. 487,9 miliar. Pendapatan Perkapita tersebut menjadikan Singapura sebagai salah satu negara terkaya di Dunia. Tulang punggung perekonomian Singapura adalah pengolahan barang impor dan ekspor terutama pada industri manufakturing seperti elektronik, pengolahan minyak bumi, bahan kimia, perkapalan, pengolahan karet dan pengolah makanan. Selain industri manufakturing, Industri-industri lain yang penting bagi perekonomian Singapura adalah perbaikan kapal, jasa keuangan dan perbankan, pariwisata serta perdagangan entrepot (pelabuhan perlintasan kapal). Pelabuhan Kargo Singapura yang melayani perdagangan entrepot ini merupakan salah satu pelabuhan kargo tersibuk di dunia. Pertumbuhan ekonomi Singapura pada tahun 2016 adalah sekitar 2%.
Baca juga : Daftar Negara-negara Maju di Dunia.

Secara Astronomis, Singapura terletak di antara  1⁰11’ LU – 1⁰28’ LU dan 103⁰38’BT – 104⁰5’ BT. Singapura merupakan negara pulau yang tidak memiliki perbatasan darat dengan negara lainnya. Jika dilihat dari perbatasan lautnya, Singapura berbatasan dengan Malaysia di sebelah Utaranya yang dipisahkan oleh Selat Johor. Sedangakan di sebelah Selatannya berbatasan dengan Indonesia dengan Selat Singapura sebagai batas pemisahnya.

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Singapura adalah sistem pemerintahan Republik Parlementer yang kepala negaranya adalah seorang Presiden. Presiden Singapura dipilih langsung oleh rakyatnya setiap 6 tahun. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang dipilih oleh setiap 5 tahun melalui pemilihan umum parlemen.

Singapura memiliki jumlah penduduk sebanyak 5.781.728 jiwa, mayoritas penduduknya adalah etnis Tionghoa yaitu sekitar 74,3% kemudian diikuti oleh etnis Melayu dan etnis India yang masing-masing berjumlah 13,4% dan 9,1% dari keseluruhan jumlah penduduk Singapura. Terdapat 4 bahasa yang ditetapkan sebagai  bahasa resmi Singapura. Keempat bahasa tersebut diantaranya adalah bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Melayu dan bahasa Tamil.

Di hubungan luar negeri, Singapura merupakan salah satu dari lima negara pendiri ASEAN pada tahun 1967. Lima Negara Pendiri ASEAN ini diantaranya adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand dan Singapura. Singapura juga merupakan anggota APEC dan PBB serta lembaga-lembaganya lainnya yang dibawah PBB.

Profil Negara Singapura (Singapore)

Berikut ini adalah Profil Negara Singapura (Singapore).

  • Nama Lengkap : Republik Singapura (Republic of Singapore)
  • Nama Lokal : Singapore
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Parlementer
  • Kepala Negara : Presiden Tony TAN Keng Yam (sejak 1 September 2011)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri LEE Hsien Loong (sejak 12 Agustus 2004)
  • Ibukota : Singapura
  • Luas Wilayah : 697 km²
  • Jumlah Penduduk : 781.728 jiwa (2016)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,86%
  • Agama : Buddha 33,9%, Islam 14,3%, Tao 11,3%, Kristen 11%, Katolik 7,1%, Hindu 5,2%, lain-lain 0,7% dan yang tidak beragama sebanyak 16,4%
  • Bahasa Resmi : Inggris, Mandarin, Melayu dan Tamil
  • Mata Uang : Dolar Singapura (SGD)
  • Hari Nasional : 9 Agustus 1965 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Majulah Singapura” (Onward Singapore)
  • Kode Domain Internet : .sg
  • Kode Telepon : 65
  • Pendapatan Domestik Bruto (PPP) : US$ 487,9 miliar (2016)
  • Pendapatan Per Kapita : US$ 87.100,- (2016)

 

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Singapura ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*