_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/11/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-australia/profil-negara-australia-2/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Spanyol (Spain)

Profil Negara Spanyol (Spain)

Profil Negara Spanyol (Spain) – Spanyol adalah sebuah negara yang terletak di semenanjung Iberia Benua Eropa, tepatnya di Eropa bagian barat daya. Negara yang memiliki nama lengkap Kerajaan Spanyol (Kingdom of Spain) ini hanya berbatasan darat dengan dua negara yaitu berbatasan dengan Portugal di sebelah barat dan berbatasan dengan Perancis di sebelah Timur Laut. Sebelah Utara Spanyol adalah Samudera Atlantik sedangkan Selatannya adalah Laut Tengah (Laut Mediterania) yang memisahkan Spanyol dengan Negara-negara Afrika seperti Maroko dan Aljazair.
Baca juga : Profil Negara Perancis (France).

Spanyol pernah mencapai masa keemasannya pada abab ke-15 hingga abab ke-17 dan pada saat itu dikenal sebagai pusat eksplorasi global yang membuka berbagai jalur perdagangan seberang lautan eropa dengan perdagangan yang melintasi samudera Atlantik dan samudera Pasifik. Perjalanan penjelajah Christopher Columbus yang dikenal sebagai penemu benua Amerika ini didanai oleh Ratu Isabella dari Kastilia Spanyol.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Spanyol adalah sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yaitu sistem pemerintahan dengan kepala negaranya adalah seorang Raja sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri yang dipilih melalui pemilihan umum parlemen setiap 4 tahun sekali.

Spanyol merupakan negara terbesar ketiga di benua Eropa dengan luas wilayahnya sebesar 505.370 km². Selain di Benua Eropa, Spanyol juga memiliki beberapa wilayah di benua Afrika (kota Ceuta dan Melilla) dan Samudera Atlantik (Kepulauan Canary) serta beberapa pulau di Laut Tengah. Jumlah penduduk Spanyol sebanyak 48.563.476 jiwa dengan mayoritas penduduknya beragama Katolik Roma yaitu sebanyak 67,8% dari keseluruhan populasinya. Ibukota Spanyol adalah Kota Madrid.

Di bidang perekonomian, Spanyol termasuk sebagai negara maju yang memiliki Pendapatan Domestik Bruto (PDB Paritas Daya Beli) sebesar US$. 1,69 triliun dengan pendapatan perkapitanya sebesar US$. 36.500,-.  Pendapatan Domestik Bruto yang tinggi tersebut menjadikan Spanyol sebagai negara dengan Ekonomi terbesar ke-15 di dunia. Komoditas ekspor utama Spanyol adalah produk-produk otomotif, farmasi, mesin dan produk-produk konsumen. Spanyol menikmati pertumbuhan ekonomi sebesar 3,1% pada tahun 2016. Sama dengan negara-negara anggota Uni Eropa lainnya, Euro juga merupakan Mata Uang Spanyol.

Di hubungan luar negeri, Spanyol adalah negara anggota PBB dan lembaga-lembaga di bawah PBB lainnya. Spanyol juga merupakan negara anggota organisasi Internasional seperti Uni Eropa, OECD, NATO dan WTO.

Profil Negara Spanyol (Spain)

Berikut dibawah ini adalah profil negara Spanyol (Spain).

  • Nama Lengkap : Kerajaan Spanyol (Kingdom of Spain)
  • Nama Lokal : Reino de Espana
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional
  • Kepala Negara : Raja FELIPE VI (sejak 19 Juni 2014)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Mariano RAJOY (sejak 20 Desember 2011)
  • Ibukota : Madrid
  • Luas Wilayah : 505.370 km²
  • Jumlah Penduduk : 48.563.476 jiwa (2016)
  • Pertumbuhan Penduduk : 0,84% (2016)
  • Angka Kelahiran : 9,4 bayi per 1000 penduduk (2016)
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Agama : Katolik Roma 67,8%, Atheis 9,1%, tidak beragama 18,4%, lain-lain 4,7%
  • Mata Uang : EURO
  • Hari Nasional : 12 Oktober 1492 (Hispanic Day), hari Christopher Columbus tiba di Benua Amerika
  • Lagu Kebangsaan : “Himno Nacional Espanol” (National Anthem of Spain)
  • Kode Domain Internet : .es
  • Kode Telepon : 34
  • Pendapatan Per Kapita : US$. 36.500,- (2016)
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$. 1,69 triliun (2016)
  • Lokasi : Benua Eropa

 

Pembagian Wilayah Administrasi Spanyol

Spanyol terbagi atas 17 wilayah Otonomi dan 2 Kota Otonom yang pada dasarnya merupakan penggelompokan dari 50 Provinsi di Spanyol. Berikut ini adalah daftar 17 wilayah Otonomi dan 2 Kota Otonom di Kerajaan Spanyol.

Daftar 17 Wilayah Otonomi di Spanyol

No. Wilayah Otonomi Ibukota
1 Andalusia Sevilla
2 Aragon Zaragoza
3 Asturias Oviedo
4 Kepulauan Baleares Palma de Mallorca
5 País Vasco (atau Basque Country) Vitoria
6 Kepulauan Canary (Islas Canarias) Santa Cruz de Tenerife
7 Cantabria Santander
8 Castile-La Mancha (Castilla-La Mancha) Toledo
9 Castile dan Leon Valladolid
10 Katalonia Barcelona
11 Extremadura Mérida
12 Galicia Santiago de Compostela
13 La Rioja Logroño
14 Madrid Madrid
15 Murcia Murcia
16 Navarre Pamplona
17 Valencia Valencia

 

Daftar 2 Kota Otonom di Spanyol

No. Kota Otonom
1 Ceuta
2 Melilla

 

Sumber referensi : Data-data dalam Profil Negara Spanyol ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*