_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2018/02/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-madagaskar-madagascar/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-madagaskar-madagascar/lambang-negara-republik-madagaskar/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee
February 24, 2018

Profil Negara Venezuela

Profil Negara Venezuela – Venezuela adalah sebuah negara yang terletak di benua Amerika Selatan, tepatnya dibagian utara benua Amerika Selatan. Negara yang letak astronomisnya berada di antara 0°LU – 13°LU dan 59°BB – 74°BB ini berbatasan dengan Guyana disebelah Timurnya, berbatasan dengan Kolombia disebelah Baratnya. Sedangkan di sebelah Selatan berbatasan dengan Brasil dan di sebelah utaranya adalah Laut Karibia.

Venezuela pernah dijajah oleh Spanyol pada tahun 1522 dan menjadi negara yang pertama mendeklarasikan kemerdekaannya dari jajahan Spanyol di kawasan benua Amerika pada 5 Juli 1811. Hari tersebut kemudian diperingati sebagai hari Kemerdekaannya. Venuzuela kemudian bergabung dalam Gran Kolombia pada tahun 1821 hingga berpisah dengan Gran Kolombia ini pada tahun 1830. Venezuela memperoleh kedaulatan penuh setelah berpisah dengan dengan Gran Kolombia. Gran Kolombia atau Kolombia Raya adalah suatu negara federasi yang terdiri dari Panama, Kolombia, Venezuela dan Ekuador yang dibentuk pada tahun 1819 dan berakhir pada tahun 1831.
Baca juga : Profil Negara Panama.

Sistem pemerintahan yang dianut oleh Venezuela adalah sistem pemerintahan Republik Presidensil Federal. Dengan sistem pemerintahan ini, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan Venezuela adalah seorang Presiden yang dibantu oleh seorang Wakil Presiden Ekskutif. Presiden dan Wakil Presiden Ekskutif ini dipilih melalui pemilihan umum setiap 6 tahun sekali. Ibukota Venezuela adalah Kota Caracas.

Venuezuela memiliki luas wilayah sebesar 912.050 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 31.304.016 jiwa (estimasi Juli 2017). Mayoritas penduduk Venezuela memeluk agama Roma Katolik yaitu sebanyak 96%. Etnis-etnis di Venezuela diantara adalah etnis Spanyol, Italia, Portugis, Arab, Jerman, Afrika dan Penduduk asli sedangkan bahasa resminya adalah bahasa Spanyol.

Dalam bidang perekonomian, Venuezuela merupakan salah satu negara yang perekonomiannya sangat tergantung pada sektor perminyakan, hampir semua pendapatan ekspor dan hampir dari setengah pendapatan pemerintah adalah berasal dari sektor perminyakan ini. Pada tahun 2016, Pendapatan Domestik Bruto Venezuela mengalami penurunan dari US$514 miliar (2015) menjadi US$434,9 miliar (2016) serta inflasi yang mencapai hingga 720%. Cadangan Devisa Bank Sentral Venezuela juga terjadi penyusutan. Namun di satu sisi, Pemerintah Venezuela berhasil membayar hutang luar negerinya dan mempersempit defisit neracanya. Pendapatan perkapitanya juga menurun dari US$17.000,- di tahun 2015 menjadi US$14.000,- di tahun 2016.

Di hubungan luar negeri, negara yang memiliki nama lengkap Republik Bolivar Venezuela ini merupakan anggota PBB dan beberapa lembaga di bawah PBB. Venuzuela  juga merupakan negara anggota OPEC (organisasi negara pengekspor minyak), OPCW (organisasi Pelarangan Senjata kimia), Uni Latin, LAIA (Asosiasi Integrasi Amerika Latin), Petrocaribe dan Gerakan Non-Blok (NAM).Profil Negara Venezuela

Profil Negara Venezuela

Berikut ini adalah data-data profil Negara Venezuela.

  • Nama Lengkap : Republik Bolivar Venezuela  (Bolivarian Republic of Venezuela)
  • Nama Lokal : Republica Bolivariana de Venezuela
  • Bentuk Pemerintahan : Republik Federal Presidensil
  • Kepala Negara : Presiden Nicolas MADURO Moros (sejak 19 April 2013)
  • Kepala Pemerintahan : Presiden Nicolas MADURO Moros (sejak 19 April 2013)
  • Ibukota : Caracas
  • Luas Wilayah : 912.050 km2
  • Jumlah Penduduk : 31.304.016 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 1,24% (2017)
  • Angka Kelahiran : 18,8 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Etnis Spanyol, Italia, Portugis, Arab, Jerman, Afrika dan Penduduk asli
  • Bahasa Resmi : Bahasa Spanyol
  • Agama : Katolik Roma 96%, Protestan 2%, agama lainnya 2%
  • Mata Uang : Bolivar Venezuela (VEB)
  • Hari Kemerdekaan : 5 Juli 1811 (dari Spanyol)
  • Hari Nasional : 5 Juli 1811 (hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “Gloria al bravo pueblo” (Glory to the Brave People)
  • Kode Domain Internet : .ve
  • Kode Telepon : 58
  • Pendapatan Per Kapita : US$14.000,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$434,9 miliar
  • Lokasi : Benua Amerika Selatan

 

Pembagian Administrasi Wilayah di Venezuela

Republik Bolivar Venezuela terbagi atas 23 Negara Bagian dan 1 Distrik Ibukota. Berikut ini  adalah daftar 1 Distrik Ibukota dan 23 Negara Bagian beserta Ibukota administrasinya.

No. Nama Negara Bagian Ibukota
1 Amazonas Puerto Ayacucho
2 Anzoátegui Barcelona
3 Apure San Fernando de Apure
4 Aragua Maracay
5 Barinas Barinas
6 Bolívar Ciudad Bolívar
7 Carabobo Valencia
8 Cojedes San Carlos
9 Delta Amacuro Tucupita
10 Falcón Coro
11 Guárico San Juan De Los Morros
12 Lara Barquisimeto
13 Mérida Mérida
14 Miranda Los Teques
15 Monagas Maturín
16 Nueva Esparta La Asunción
17 Portuguesa Guanare
18 Sucre Cumaná
19 Táchira San Cristóbal
20 Trujillo Trujillo
21 Yaracuy San Felipe
22 Vargas La Guaira
23 Zulia Maracaibo
24 Distrik Ibukota Caracas

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Venezuela ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*