_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/12/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-iran/profil-negara-republik-islam-iran/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Profil Negara Yordania (Jordan)

Profil Negara Yordania (Jordan)

Profil Negara Yordania (Jordan) – Yordania atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Jordan adalah sebuah negara Monarki yang terletak di kawasan Timur Tengah benua Asia. Negara yang dalam bahasa Arab disebut dengan “Al Mamlakah al Urduniyah al Hashimiyah” ini secara astronomis berada diantara  29°-34° LU dan 34°-40° BT. Negara-negara yang berbatasan dengan Yordania diantaranya adalah Saudi Arabia di sebelah Timur dan Tenggara, Irak di sebelah Timur laut, Suriah disebelah Utara dan Israil di sebelah Baratnya.
Baca juga : Daftar Negara di Kawasan Timur Tengah (Middle East).

Yordania memiliki luas wilayah sebesar 89.342 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 10.248.069 jiwa. Mayoritas Penduduk Yordania adalah etnis Arab yaitu sebanyak 98% sedangkan agama resmi Yordania adalah agama Islam, sebanyak 97,2% penduduk Yordania memeluk agama Islam terutama Islam Sunni. Bahasa resmi Yordania adalah bahasa Arab.

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Yordania adalah sistem pemerintahan Monarki Konstitusional yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah seorang Raja sedangkan kepala pemerintahannya adalah Perdana Menteri. Pemilihan umum legislatif diselenggarakan setiap 4 tahun sekali untuk memilih wakil-wakil rakyat Yordania yang duduk di Parlemen. Parlemen Yordania atau Dewan Perwakilan Rakyat Yordania disebut dengan Majlis al-Nuwaab dalam bahasa Arab.

Ekonomi Yordania merupakan salah satu negara dengan ekonomi terkecil diantara negara-negara yang berada di Kawasan Timur Tengah. Tidak seperti negara-negara Timur Tengah lainnya, Yordania tidak memiliki sumber daya alam yang cukup untuk mendukung pertumbuhan ekonominya. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Yordania hanya sebesar US$85,55 miliar sedangkan Pendapatan Perkapitanya adalah sebesar US$12.300,-. Industri-industri yang penting bagi perekonomian Yordania adalah Pariwisata, Teknologi Informasi, Pakaian, Pupuk, Farmasi, pengolahan minyak dan semen. Yordania juga menghasilkan beberapa komoditas pertanian seperti Jeruk, Stroberi, Zaitun, domba dan produk-produk susu.

Di hubungan luar negeri, Yordania merupakan salah satu negara Arab yang kebijakan politik luar negerinya adalah Pro-Barat. Yordania memiliki hubungan yang sangat akrab dengan Amerika Serikat dan Britania Raya serta menjadi sekutu Amerika Serikat sejak tahun 1996. Yordania adalah salah satu dari tiga negara Liga Arab yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Sebagai negara berdaulat yang merdeka sejak tahun 1946, Yordania juga bergabung sebagai anggota PBB dan berbagai lembaga internasioal yang berada dibawah PBB. Yordania juga merupakan negara anggota Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI).
Baca juga : Daftar Negara Anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Profil Negara Yordania (Jordan)

Profil Negara Yordania (Jordan)

Berikut dibawah ini adalah profil negara Yordania (Jordan) yang terletak di Kawasan Timur Tengah benua Asia.

  • Nama Lengkap : Kerajaan Hasyimiyah Yordania (Hashemite Kingdom of Jordan)
  • Nama Lokal : Al Mamlakah al Urduniyah al Hashimiyah
  • Bentuk Pemerintahan : Monarki Konstitusional Parlemen
  • Kepala Negara : Raja ABDALLAH II (sejak 7 Februari 1999)
  • Kepala Pemerintahan : Perdana Menteri Hani MULKI (sejak 1 Juni 2016)
  • Ibukota : Amman
  • Luas Wilayah : 89.342 km2
  • Jumlah Penduduk : 10.248.069 jiwa (estimasi Juli 2017)
  • Pertumbuhan Penduduk : 2.05% (2017)
  • Angka Kelahiran : 23,9 bayi per 1000 penduduk (2017)
  • Suku Bangsa/Etnis : Arab 98%, Sirkasia 1%, Armenia 1%.
  • Bahasa Resmi : Bahasa Arab
  • Agama : Islam 97,2%, Kristen 2,2%, Buddha 0,4%, Hindu 0,1%
  • Mata Uang : Dinar Yordania (JOD)
  • Hari Kemerdekaan : 25 Mei 1946 (dari Inggris)
  • Hari Nasional : 25 Mei 1946 (Hari Kemerdekaan)
  • Lagu Kebangsaan : “As-salam al-malaki al-urdoni” (Long Live the King of Jordan)
  • Kode Domain Internet : .jo
  • Kode Telepon : 962
  • Pendapatan Per Kapita : US$12.300,-
  • Pendapatan Domestik Bruto Nominal : US$85,55 miliar
  • Lokasi : Benua Asia (Timur Tengah)

 

Pembagian Administrasi Wilayah di Yordania

Secara administratif, Yordania terbagi atas 12 wilayah provinsi yang disebut dengan istilah Kegubernuran (Governorates). Berikut ini adalah daftar 12 Kegubernuran di Yordania beserta Ibukota administrasinya.

No. Nama Provinsi Ibukota
1 Kegubernuran Ajloun Ajloun
2 Kegubernuran Aqaba Aqaba
3 Kegubernuran Balqa Salt
4 Kegubernuran Ibu kota Amman
5 Kegubernuran Irbid Irbid
6 Kegubernuran Jerash Jerash
7 Kegubernuran Kerak Al Karak
8 Kegubernuran Ma’an Ma’an
9 Kegubernuran Madaba Madaba
10 Kegubernuran Mafraq Mafraq
11 Kegubernuran Tafilah Tafilah
12 Kegubernuran Zarqa Zarqa

Sumber referensi : Data-data Profil Negara Yordania ini dikutip dari CIA World Factbook.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*