_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"http://ilmupengetahuanumum.com","Category":"http://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"http://ilmupengetahuanumum.com/2017/10/","Post":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Page":"http://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"http://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-buah-pepaya-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/kandungan-gizi-buah-pepaya-nutrisi-pepaya-dan-manfaat-buah-pepaya-bagi-kesehatan/","Nav_menu_item":"http://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"http://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"http://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/nativeads1/"}}_ap_ufee

Teritorial dan Negara-negara Bagian Australia

Teritorial dan Negara-negara Bagian Australia – Australia merupakan satu-satunya negara yang berada di Benua Australia. Benua yang terletak di belahan selatan bumi ini adalah benua terkecil di Dunia dan keseluruhan wilayahnya merupakan wilayah Negara Australia. Australia memiliki luas wilayah sebesar 7.659.861 km2 dengan populasi sebanyak 24,12 juta jiwa. Australia adalah Negara Terbesar keenam di Dunia ini.
Baca juga : 10 Negara Terbesar di Dunia ini.

Bentuk pemerintahan Australia adalah monarki konstitusional dengan Ratu Elizabeth II sebagai puncak kepemimpinannya (sebagai Kepala Negara). Australia menganut sistem pemerintahan Parlementer Federatif (Federal Parliament) dengan Perdana Menteri sebagai Kepala Pemerintahannya.  Ibukota Australia adalah Kota Canberra. Tanggal 1 Januari 1901 diperingati sebagai Hari Kemerdekaan Australia.

Teritorial dan Negara-negara Bagian Australia

Australia terdiri dari 2 wilayah Teritorial dan 6 Negara Bagian. Kepala Pemerintahan Teritorial  adalah Ketua Menteri sedangkan Kepala Pemerintahaan Negara-negara Bagian Australia adalah Premier.  Negara Bagian dengan jumlah penduduk terbanyak adalah New South Wales, jumlah penduduk di negara bagian tersebut mencapai 7,72 juta jiwa. Sedangkan Negara Bagian Australia yang memiliki luas wilayah terbesar adalah Australia Barat (Western Australia) dengan luas wilayah sebesar 2,5 juta km2.

Teritorial dan Negara-negara Bagian Australia

Berikut ini adalah Daftar wilayah Teritorial dan Negara-negara Bagian Australia beserta luas wilayah dan jumlah penduduknya.

Teritorial Ibukota Australia (Australian Capital Territory)

Luas Wilayah : 2.358 km2
Jumlah Penduduk : 396,1 ribu jiwa
Ibukota : Canberra
Kode : ACT

Teritorial Utara (Northern Territory)

Luas Wilayah : 1.349.129 km2
Jumlah Penduduk : 244,9 ribu jiwa
Ibukota : Darwin
Kode : NT

New South Wales

Luas Wilayah : 800.642 km2
Jumlah Penduduk : 7,72 juta jiwa
Ibukota : Sydney
Kode : NSW

Queensland

Luas Wilayah : 1.730.648 km2
Jumlah Penduduk : 4,84 juta jiwa
Ibukota : Brisbane
Kode : QLD

Australia Selatan (South Australia)

Luas Wilayah : 983.482 km2
Jumlah Penduduk : 1,70 juta jiwa
Ibukota : Adelaide
Kode : SA

Tasmania

Luas Wilayah : 68.401 km2
Jumlah Penduduk : 519,1 ribu jiwa
Ibukota : Hobart
Kode : TAS

Victoria

Luas Wilayah : 227.416 km2
Jumlah Penduduk : 6,06 juta jiwa
Ibukota : Melborne
Kode : VIC

Australia Barat (Western Australia)

Luas Wilayah : 2.529.875 km2
Jumlah Penduduk : 2,61 juta jiwa
Ibukota : Berth
Kode : WA

 

Sumber referensi :

  • Luas wilayah dikutip dari website Geoscience Australia
  • Jumlah penduduk dikutip dari website Australian Bureau of Statistics (data akhir Jun 2016).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*