10 Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia

10 Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia

10 Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia – Kapas adalah serat paling penting bagi dunia untuk membuat pakaian dan berbagai produk tekstil. Produk-produk yang berasal dari serat Kapas biasanya disebut dengan produk Katun atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Cotton. Pakaian yang terbuat dari serat kapas ini memiliki daya tahan dan daya serap yang baik serta memiliki sifat yang menghangatkan di saat cuaca dingin dan menyejukan di saat cuaca panas sehingga sangat disukai oleh sebagian besar populasi di dunia ini.

Penggunaan kapas sebagai pakaian memiliki tradisi yang panjang dengan sejarah sekitar 7000 tahun dan telah dibudidayakan oleh berbagai negara di dunia. Terdapat empat jenis utama serat kapas yang tumbuh dan diperdagangkan secara komersial yaitu kapas jenis Gossypium hirsutum, Gossypium barbadense, Gossypium arboretum dan Gossypium herbaceum.
Baca juga : 10 Negara Penghasil Minyak Sawit Terbesar di Dunia.

Ilmu Pengetahuan Umum

Berdasarkan data yang dikutip dari Statista.com, Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia adalah India dengan jumlah produksinya sebanyak 5,77 juta ton metrik. Di posisi kedua sebagai Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia adalah Amerika Serikat dengan jumlah produksi sebanyak 3,99 juta ton metric. Sedangkan China atau Tiongkok menduduki posisi ketiga sebagai Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia dengan jumlah produksi sebanyak 3,5 juta metrik ton.

Daftar 10 Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia

Berikut ini dalah daftar lengkap 10 Negara Penghasil Kapas Terbesar di Dunia.

No. Negara Jumlah Produksi Kapas Lokasi (Benua)
1 INDIA 5,770 juta metrik ton Asia Selatan
2 AMERIKA SERIKAT 3,999 juta metrik ton Amerika Utara
3 CHINA / TIONGKOK 3,500 juta metrik ton Asia Timur
4 BRASIL 2,787 juta metrik ton Amerika Selatan
5 PAKISTAN 1,655 juta metrik ton Asia Selatan
6 TURKI 806 ribu metrik ton Asia Barat
7 UZBEKISTAN 713 ribu metrik ton Asia Tengah
8 AUSTRALIA 479 ribu metrik ton Australia
9 TURKMENISTAN 198 ribu metrik ton Asia Tengah
10 BURKINA FASO 185 ribu metrik ton Afrika Barat

Sumber referensi : Peringkat dan jumlah produksi kapas per tahun pada artikel ini dikutip dari statista.com tahun 2018/2019.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*