Kandungan Gizi Akar Teratai dan Manfaat Akar Teratai bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Akar Teratai (Lotus Root) dan Manfaat akar teratai bagi kesehatan

Kandungan Gizi Akar Teratai dan Manfaat Akar Teratai bagi Kesehatan – Akar Teratai atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Lotus Root adalah akar dari sejenis tumbuhan air yaitu Teratai yang termasuk dalam suku Nymphaeaceae (suku Teratai-terataian). Teratai memiliki akar yang cukup besar dengan bentuk menyerupai labu yang panjang hingga bisa mencapai panjang sekitar 1,2 meter.

Akar Teratai ini dapat dimakan secara mentah maupun digoreng, dikukus, direbus, dan ditumis. Selain itu, akar Teratai juga dapat diolah menjadi keripik ataupun minuman teh dan bubuk bunga teratai. Dalam bahasa Ilmiah, Teratai disebut juga dengan Nelumbo nucifera.
Baca juga : Kandungan Gizi Talas dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Akar Teratai

Berikut ini adalah kandungan Gizi Akar Teratai dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori74kcal3,7%
Karbohidrat17,23g13%
Air79,1g%
Protein2,6g5%
Serat4,9g13%
Lemak0,1g0,5%
Vitamin A0IU0%
Vitamin C44mg73%
Vitamin B1 (Thiamine)0,160mg13%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,220mg17%
Vitamin B3 (Niacin)0,400mg2,5%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,258mg20%
Vitamin B9 (Folat)13µg3%
Kalsium45mg4,5%
Zat Besi1,16mg14%
Magnesium23mg6%
Potassium (Kalium)556mg12%
Sodium40mg3%
Selenium0,7µg1%
Seng (Zinc)0,39mg3,5%

 

Manfaat Akar Teratai (Lotus Root) bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat Akar Teratai atau Lotus Root bagi Kesehatan kita.

1. Meningkatkan Pencernaan

Akar Teratai mengandung serat makanan dalam jumlah yang cukup tinggi sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Serat tinggi juga dapat membantu mencegah sembelit dan membantu penyerapan nutrisi melalui sekresi cairan lambung yang selanjutnya merangsang gerakan peristaltik (gerakan otot-otot yang berkontraksi untuk mendorong makanan sepanjang saluran pencernaan) di otot usus untuk memfasilitasi gerakan usus yang mudah dan lancar.

2. Mengatur Tekanan Darah

Kandungan Potassium atau  kalium yang signifikan dalam akar teratai juga dapat memastikan keseimbangan antara cairan dalam tubuh dan mencegah natrium yang berlebihan yang dapat mempengaruhi aliran darah sehingga melemaskan pembuluh darah dan selanjutnya mencegah kontraksi dan kekakuan, meningkatkan sirkulasi darah. Zat besi dalam akar teratai juga membantu melancarkan sirkulasi darah.

3. Membantu Mengurangi Stres

Akar teratai atau Lotus root mengandung vitamin B kompleks, yang memiliki senyawa yang disebut piridoksin. Senyawa ini berinteraksi dengan reseptor saraf di otak yang bertanggung jawab untuk mengurangi stres, mudah marah dan sakit kepala.

4. Merawat Kulit dan Rambut

Kehadiran vitamin B dan C dalam akar teratai membantu merawat kulit dan rambut kita. Vitamin C yang terkandung dalam akar teratai juga dapat merangsang produksi kolagen dalam tubuh yang bertanggung jawab atas kekencangan kulit.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Akar teratai kaya akan vitamin C yang dikenal sebagai antioksidan yang sangat kuat. Vitamin C cenderung bertindak melawan radikal bebas dalam tubuh kita dan dengan demikian melindungi kita dari berbagai penyakit seperti penyakit flu, penyakit jantung dan kanker. Vitamin C yang ada dalam akar teratai juga merupakan bagian integral dari kolagen yang membantu menjaga kekuatan dan kekakuan pembuluh darah, kulit dan organ-organ tubuh lainnya.

6. Mengendalikan Kadar Kolesteral dan Menjaga kesehatan jantung

Akar teratai mengandung komponen tertentu yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita yaitu potasium, vasodilator dan serat makanan. Ketiga komponen tersebut dapat membantu mengendalikan kolesterol dalam darah kita. Sayuran akar teratai ini juga memiliki piridoksin yang mengontrol kadar homosistein dalam darah dan membantu menjaga kesehatan jantung kita.

7. Mencegah Risiko Penyakit Kanker

Akar Teratai mengandung jumlah antioksidan yang cukup tinggi (seperti Vitamin C) yang sehingga sangat bermanfaat dalam mencegah risiko kanker. Antioksidan melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan oksidatif sel dan struktur DNA mereka.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Akar Teratai (Lotus Root) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Akar Teratai (Lotus Root) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*