Kandungan Gizi Bawang Prei (Leek) dan Manfaat Bawang Prei bagi Kesehatan

kandungan gizi bawang prei dan manfaatnya bagi kesehatan

Kandungan Gizi Bawang Prei (Leek) dan Manfaat Bawang Prei bagi Kesehatan – Bawang Prei atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Leek adalah tanaman sejenis bawang dengan bentuk daun seperti silinder yang panjang dan ramping. Daun Bawang Prei ini sering dijadikan hidangan sayuran dalam tumis di sebagian besar negara-negara Asia, Eropa dan Amerika.

Secara Botani, Bawang Prei ini termasuk keluarga tumbuhan berumbi Alliaceae dalam genus Allium atau genus bawang-bawangan. Tumbuhan yang memiliki rasa mirip dengan bawang bombai ini dalam bahasa Ilmiah disebut dengan Allium ampeloprasum atau Allium porrum. Bawang Prei yang diyakini berasal dari wilayah Mediterania (negara-negara Eropa) kini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara di dunia ini.
Baca juga : Kandungan Gizi Bawang Merah dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Bawang Prei (Leek)

Berikut ini adalah kandungan gizi Bawang Prei dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)61kcal2.0%
Karbohidrat14,15g11%
Serat1,8g5%
Air83g
Protein1,5g3%
Lemak0,3g1%
Vitamin A83µg10%
Vitamin C12mg14%
Vitamin D
Vitamin E0,92mg6%
Vitamin K47µg45%
Vitamin B1 (Thiamine)0,06mg5%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,03mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0,4mg3%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,14mg3%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,233mg18%
Vitamin B9 (Folat)64µg16%
Kalsium59mg6%
Zat Besi2,1mg16%
Magnesium28mg8%
Manganese0,481mg23%
Fosfor35mg5%
Potassium (Kalium)180mg4%
Seng (Zinc)1,2mg11%
Crypto-xanthin-ß
Carotene-ß1000µg
Lutein-zeaxanthin1900µg

Manfaat Bawang Prei bagi Kesehatan

Berikut ini adalah manfaat-manfaat Bawang Prei bagi Kesehatan tubuh kita.

1. Melindungi Kesehatan Jantung

Daun bawang Prei adalah makanan yang baik untuk kesehatan jantung karena jumlah folat yang ada di seluruh tanaman ini. Senyawa ini telah diketahui membantu melindungi lapisan pembuluh darah dari kerusakan. Kaempferol flavonoid yang ditemukan dalam jumlah tinggi pada daun bawang ini telah terbukti bahwa makanan ini dapat menurunkan risiko serangan jantung dan berbagai penyakit. Selain itu, konsentrasi antioksidan yang tinggi dapat memberikan perlindungan pada pembuluh darah dari kerusakan oksidatif.

2. Meningkatan Kesehatan Indera Penglihatan

Radikal bebas dapat menjadi ancaman besar bagi Indera penglihatan kita. Jika tidak dihindari, dapat merusak permukaan mata sehingga menyebabkan penyakit mata dan degenerasi terkait usia. Daun bawang Prei ini dapat membantu melawan radikal bebas berkat tingkat antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Selain itu, sayuran ini juga seperti wortel yaitu dapat menjadi sumber karoten dan lutein yang hebat, yang terkenal dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mengurangi kelelahan.

3. Membantu Mengurangi Risiko Kanker

Daun Bawang Prei mengandung vitamin C yang telah terbukti menjadi antioksidan yang membantu mencegah kanker. Sementara kerusakan oksidatif sering menjadi penyebab tumor, vitamin C telah terbukti efektif untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan melawan radikal bebas dapat mengurangi kemungkinan sel yang rusak berubah menjadi kanker.

4. Membantu Mengobati Diabetes Tipe 2

Karena rendah kalori dan memiliki indeks glikemik rendah, daun bawang Prei ini cocok untuk dimasukan ke dalam menu makanan pasien diabetes tipe 2. Selain itu, daun bawang Prei adalah sumber serat dan vitamin K yang sangat baik, yang penting dalam diet khusus ini. Daun bawang mengandung Allicin yaitu nutrisi yang terbukti efektif melindungi dari neuropati diabetes.

5. Dapat Memperkuat dan Meningkatan Kesehatan Tulang

Dengan tingkat vitamin K dan kalsium yang tinggi, daun bawang Prei dapat meningkatkan aktivitas protein osteocalcin. Beberapa penelitian menunjukan bahwa peningkatan aktivitas protein Osteocalcin ini sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan penguatan tulang. Memasukan daun bawang ke dalam makanan kita sehari-hari akan membantu mengurangi risiko osteoporosis dan menghindari penyakit tulang lainnya. Dengan vitamin K yang lebih tinggi, kepadatan tulang akan meningkat sehingga menciptakan perlindungan terhadap risiko patah tulang atau distorsi. Dalam hal ini, penting untuk diketahui bahwa makan daun bawang secara segar akan lebih baik apabila dibandingkan dengan cara  dimasak atau dicairkan. Kedua proses ini sebenarnya dapat membatasi jumlah vitamin K yang tersedia untuk dikonsumsi.

6. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Daun bawang merupakan sumber vitamin B6 yang baik yang bertanggung jawab untuk kesehatan sistem saraf kita. Tumbuhan yang sering dijadikan Sayuran ini terbukti penting untuk mengurangi kelelahan dan menenangkan efek stres sehari-hari. Selain itu, jumlah mangan, vitamin C dan folat tingkat tinggi membantu mempertahankan fokus yang stabil dan menghindari kelelahan.

7. Tingkatkan Kekuatan Sistem Kekebalan Tubuh Anda

Daun bawang mengandung sejumlah besar vitamin A yang penting dalam menjaga sistem kekebalan Anda. Senyawa ini membantu mengurangi peradangan dan memperkuat tubuh sehingga dapat membantu melawan infeksi. Kandungan vitamin E yang tinggi juga terbukti mengurangi penyebaran molekul pro-inflamasi, seperti sitokin.

 

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Bawang Prei (Leek) dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Bawang Prei (Leek) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*