Kandungan Gizi Bengkuang (Jicama) dan Manfaat Bengkuang bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Bengkuang dan Manfaat Bengkuang Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Bengkuang (Jicama) dan Manfaat Bengkuang bagi Kesehatan – Bengkuang atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Jicama atau Yam Bean adalah sayuran akar bundar berdaging bulat dari tanaman keluarga kacang-kacangan. Bengkuang merupakan salah satu jenis makanan umbi yang biasanya dihidangkan sebagai sayuran. Umbi yang isi dagingnya berwarna putih es ini renyah, menyegarkan, beraroma buah serta memiliki rasa manis dan gurih ini dapat dimakan mentah atau dimasak dalam berbagai hidangan. Dalam bahasa ilmiahnya, Bengkuang disebut juga dengan Pachyrhizus erosus.

Kandungan Gizi Bengkuang (Jicama atau Yam Bean)

Berikut ini adalah kandungan gizi Bengkuang atau Jicama dalam setiap 100 gram-nya.
Catatan : Bengkuang dalam bentuk Mentah.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 38kcal (159kJ) 2%
Karbohidrat 8,82g 7%
Air 90,07g
Protein 0,72g 1%
Gula 1,8g
Serat 4,9g 13%
Lemak 0,09g <1%
Vitamin A 21IU 1%
Vitamin C 20,2mg 24%
Vitamin D
Vitamin E 0,46mg 3%
Vitamin K 0,3µg <1%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,02mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,029mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,2mg 1%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,135mg 3%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,042mg 3%
Vitamin B9 (Folat) 12µg 3%
Kalsium 12mg 1%
Zat Besi 0,6mg 5%
Magnesium 12mg 3%
Manganese 0,06mg 3%
Potassium (Kalium) 150mg 3%
Sodium 4mg 0%
Seng (Zinc) 0,16mg 2%
Carotene-ß 13µg
Cryptoxanthin-β 0µg
Lutein-zeaxanthin 0µg

Manfaat Bengkuang bagi Kesehatan

Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat Bengkuang bagi kesehatan kita.
Baca juga : Kandungan Kacang Kapri dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

1. Mengendalikan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan seperti Vitamin C memiliki kemungkinan lebih rendah terkena tekanan darah tinggi jika dibandingkan dengan orang yang jarang mengkonsumsinya. Mengkonsumsi makanan seperti Bengkuang yang kaya akan vitamin C penting untuk kesehatan secara keseluruhan terutama pada orang-orang yang berisiko terkena tekanan darah tinggi. Bengkuang terdiri dari 20,2mg Vitamin C dalam setiap 100 gram-nya yang merupakan 24% dari angka kebutuhan gizi (AKG) yang direkomendasikan setiap hari. Dokter sering merekomendasikan perawatan dan pencegahan tekanan darah tinggi dengan memasukkan banyak buah-buahan dan sayuran yang sarat dengan antioksidan seperti Vitamin C. Mengkonsumsi Bengkuang secara teratur juga dapat membantu memenuhi kebutuhan harian Vitamin C agar tubuh tetap sehat dan bebas dari tingkat tekanan darah tinggi.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin E sangat penting untuk memperkuat dinding kapiler di kulit kita serta untuk memulihkan kelembaban dan elastisitas. Vitamin E juga bertindak sebagai nutrisi anti penuaan alami dalam tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa Vitamin E membantu mengurangi peradangan baik di dalam tubuh maupun pada kulit, membantu menjaga kesehatan pada kulit agar tampak lebih muda. Bengkuang mengandung vitamin E dalam jumlah tertentu yang dapat dimasukkan dalam makanan rutin kita. Mengkonsumsi vitamin E bersama dengan vitamin C membantu melawan peradangan kulit setelah kontak dengan radiasi UV dan mungkin juga bermanfaat dalam mengurangi tanda-tanda jerawat dan eksim. Vitamin E yang terkandung dalam Bengkuang juga  membantu proses penyembuhan di kulit. Asupan Bengkuang juga membantu mempercepat regenerasi sel dan digunakan untuk merawat keriput, jerawat dan bekas luka sehingga membuat kulit kita terlihat lebih sehat dan muda.

3. Mencegah Anemia yang diakibatkan oleh defisiensi Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan gangguan seperti anemia defisiensi besi, anemia kronis, batuk dan anemia pra-dialisis. Mengkonsumsi Bengkuang adalah salah satu cara termudah untuk memenuhi kebutuhan zat besi tubuh karena setiap 100 gram terdiri dari 0,6 mg zat besi yang merupakan 5% dari angka kebutuhan gizi yang disarankan. Oleh karena itu asupan Bengkuang membantu dalam pengobatan anemia defisiensi besi serta menyembuhkan beberapa gejala umum anemia seperti kelemahan tubuh, sakit kepala, kelelahan dan peningkatan kepekaan terhadap suhu dingin. Selain itu beberapa gangguan kronis lainnya seperti anemia predialisis dan anemia gagal ginjal juga disembuhkan dengan asupan zat besi yang cukup.

4. Memperkuat Tulang

Mineral yang ditemukan pada Bengkuang seperti mangan, magnesium, besi dan tembaga dapat menjadi pendorong utama bagi kepadatan mineral tulang kita. Mineral-mineral ini sangat penting untuk membangun tulang baru yang kuat dan menyembuhkan segala kerusakan pada tulang. Mengkonsumsi Bengkuang dapat dijadikan sebagai salah satu cara untuk mencegah timbulnya kondisi seperti osteoporosis yang saat ini diderita jutaan orang di seluruh dunia.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Serat makanan yang terkandung dalam Bengkuang membuatnya bermanfaat untuk sistem pencernaan kita. Menurut sebuah studi 2014 yang dipimpin oleh Otles dan Ozgoz (https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24876314/), serat makanan dapat menawarkan perlindungan terhadap beberapa kondisi seperti mencegah kanker usus besar, penyakit refluks gastroesofagus, ulkus duodenum dan penyakit gastrointestinal tertentu. Bengkuang juga mengandung antioksidan penting yaitu vitamin C. Menurut National Cancer Institute, antioksidan membantu menetralisir efek radikal bebas sehingga dapat membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Namun, studi lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan antara Bengkuang dan pencegahan kanker pada manusia.

6. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Salah satu elemen terpenting dari Bengkuang adalah tingginya serat makanan. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients meneliti bahwa makanan dengan kandungan serat makanan yang tinggi membantu meningkatkan jumlah tinja sehingga membantu pergerakannya melalui saluran pencernaan dan membantu kondisi seperti sembelit.

7. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin B6 telah dikaitkan dengan menjaga kesehatan otak Anda dan meningkatkan kemampuan kognitif. Bengkuang mengandung vitamin B6 ini dalam jumlah yang cukup signifikan. Selain itu, vitamin B6 merupakan bagian integral dalam memecah protein menjadi asam amino yang dapat digunakan sehingga memaksimalkan proses metabolisme dan efisiensi berbagai organ.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Bengkuang (Jicama/Yambean) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Bengkuang bagi Kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*