Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Alpukat dan Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan – Buah Alpukat atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Avocado adalah buah yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan juga perawatan kulit/kosmetik. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Persea Americana ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah namun saat ini telah banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Asia Tenggara terutama di Indonesia.

Buah Alpukat mengandung Mineral, Vitamin dan Serat yang tinggi terutama Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, Vitamin K, Potassium (Kalium) dan Tembaga yang sangat bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Buah Alpukat juga memberikan rasa kenyang sehingga berguna bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Buah Alpukat disebut juga buah Avokad atau apokat.

Kandungan Gizi Buah Alpukat

Berikut ini adalah Kandungan Gizi atau Nutrisi pada buah Alpukat (Avocado) :

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori160 kal
Karbohidrat8,5g
Air73%
Protein2g
Gula0,7g
Serat6,7g
Lemak14,7g
Vitamin A7µg1%
Vitamin C10mg11%
Vitamin D0µg
Vitamin E2,07mg14%
Vitamin K21µg18%
Vitamin B1 (Thiamine)0,07mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,13mg10%
Vitamin B3 (Niacin)1,74mg11%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)1,39mg28%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,26mg20%
Vitamin B9 (Folat)81µg20%
Vitamin B120µg
Cholin14,2mg3%
Kalsium12mg1%
Zat Besi0,55mg7%
Magnesium29mg7%
Fosfor52mg7%
Potassium (Kalium)485mg10%
Sodium7mg0%
Seng (Zinc)0,64mg6%
Tembaga (Copper)0,19mg21%
Manganese0,14mg6%
Selenium0,4µg1%

 

Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan

Vitamin, Serat, Mineral dan Senyawa tumbuhan seperti Karatenoid, Persenones A dan B,  D-Mannoheptulose yang terkandung dalam buah Alpukat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya :

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit Jantung merupakan salah satu penyakit yang menyebabkan tingginya angka kematian di dunia. Beberapa penyebab penyakit jantung adalah karena tingginya kadar kolesterol, tingginya trigriserida dan juga karena tekanan darah yang tinggi. Beberapa penelitian mendapatkan hasil bahwa konsumsi buah alpukat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) serta dapat menurunkan level trigriserida secara signifikan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu senyawa tumbuh-tumbuhan yang terkandung dalam buah Alpukat yaitu Karatenoid dapat mengurangi risiko penyakit mata yang berkaitan dengan usia.

3. Memberikan manfaat bagi Kehamilan

Nutrisi dan Gizi sangat penting bagi kesuburan, perkembangan janin, kelahiran dan juga komposisi dalam ASI (Air Susu Ibu). Buah Alpukat mengandung beberapa nutrisi penting bagi wanita hamil dan menyusui seperti Folat, Serat, Lemak tak jenuh tunggal (Monounsaturated Fat) dan antioksidan larut dalam lemak.
Baca juga : 10 Makanan yang mengandung Asam Folat Tertinggi.

4. Pengendalian kadar gula darah dan mendukung penurunan Berat Badan

Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi buah Alpukat segar dapat memberikan manfaat untuk mengelola berat badan dan menurunkan risiko terkenanya sindrom metabolik. Sindrom Metabolik adalah sekelompok faktor yang dapat meningkatkan risiko penyakit arteri koroner, stroke dan diabetes tipe-2. Senyawa tumbuh-tumbuhan yang terdapat pada buah Alpukat seperti D-Mannoheptulose dapat membantu mengendalikan kadar gula dalam darah.

5. Melawan kelelahan dan menambah energi

Buah Alpukat merupakan sumber vitamin C, vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (Pyridoxine) dan B9 (Folat) yang dapat meningkatkan energi dan melawan kelelahan. Vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi dari makanan lain juga dapat mendukung peningkatan energi.

6. Mencegah penyakit Kanker

Buah Alpukat merupakan sumber antioksidan karatenoid seperti likopena, alpa-karotena, beta-karoten, beta-cryptoxanthin, lutein, dan zeaxantin yang dapat melindungai sel-sel tubuh manusia dari pengrusakan radikal bebas sehingga menurunkan risiko terkenanya penyakit kanker. Vitamin C dan Vitamin E juga merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

7. Mengatasi Sembelit dan Membantu sistem pencernaan

Buah Alpukat mengandung Serat yang tinggi sehingga dapat membantu sistem pencernaan pada tubuh kita dan membantu mengatasi sembelit.

8. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Lemak tak Jenuh tunggal atau Monosaturated Fats yang terkandung dalam buah Alpukat bermanfaat untuk meningkatkan warna kulit dan penampilan. Lemak tak Jenuh tunggal ini merupakan nutrisi penting dalam menjaga tingkat kelembaban di lapisan epidermis kulit sehingga terlihat lembut dan sehat.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Alpukat per 100gram dikutip dari Authority Nutrition. Manfaat Buah Alpukat bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*