_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/05/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-bahrain/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-bahrain/negara-bahrain/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
May 22, 2018

Kandungan Gizi Buah Anggur dan Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Anggur (Nutrisi Anggur) dan manfaat anggur bagi kesehatan

Kandungan Gizi Buah Anggur dan Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan – Buah Anggur adalah buah yang berbentuk bulat atau oval kecil dengan daging yang semi-tembus cahaya dan terbungkus oleh kulit yang halus tipis. Buah yang bahasa Inggris disebut dengan Grape ini ada yang memiliki biji ada yang tidak berbiji dan memiliki berbagai warna yang berbeda seperti warna merah, warna hijau dan warna ungu.

Pada umumnya, buah anggur dimakan secara segar namun banyak juga yang mengolahnya menjadi jus anggur, wine, kismis dan selai anggur. Buah anggur diyakini telah dibudidaya sejak tahun 4000 sebelum masehi di Timur Tengah dan berkembang pesat penyebarannya ke seluruh pelosok dunia mulai adanya perjalanan Kolombus yang mengitari dunia. Buah Anggur dalam bahasa ilmiah disebut dengan Vitis vinifera.

Kandungan Gizi Buah Anggur (Nutrisi Buah Anggur)

Buah Anggur merupakan buah yang berasal dari tanaman merambat dan termasuk dalam keluarga Vitaceae. Buah ini mengandung berbagai Senyawa, Vitamin dan Mineral tinggi sehingga bermanfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah kandungan gizi buah anggur dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 69 kcal
Karbohidrat 18,1g
Air 80,54g
Protein 0,72g
Gula 15,48g
Serat 0,9g
Lemak 0,16g
Vitamin A 66IU 3%
Vitamin C 3,2mg 4%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,19mg 1%
Vitamin K 14,6µg 14%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,069mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,07mg 6%
Vitamin B3 (Niacin) 0,188mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,05mg 1%
Vitamin B9 (Folat) 2µg 1%
Kalsium 10mg 1%
Zat Besi 0,36mg 3%
Magnesium 7mg 2%
Fosfor 20mg 3%
Potassium (Kalium) 191mg 4%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,07mg 1%

Baca juga : Kandungan Gizi Buah Nangka dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan

Buah kecil manis memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat anggur diantaranya adalah Mencegah dan menurunkan risiko penyakit kanker, mengendalikan tekanan darah, Mengendalikan Gula Darah dan Diabetes, Mencegah Degenerasi Makula dan Menjaga Kesehatan Mata, Mengurangi Risiko Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan dan masih banyak lagi.

1. Mencegah dan menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Buah Anggur mengandung antioksidan kuat yang dikenal dengan Polifenol. Polifenol ini dianggap memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Salah satu senyawa dari Polifenol adalah  Resveratrol yang dapat ditemukan di kulit buah anggur. Penelitian menunjukan bahwa  Resveratrol dan memperlambat atau mencegah tumor di Hati, Perut, Payudara, Usus besar, kanker kulit dan Leukemia. Anti-inflamasi lainnya yang terdapat pada buah anggur adalah Quercetin Flavonoid yang dapat membantu mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Meningkatkan asupun kalium atau Potasium dapat membantu mengurangi efek negatif dari konsumsi sodium yang berlebihan dalam makanan. Buah Anggur mengandung Kalium yang tinggi sehingga dapat mengurangi efek natrium pada orang yang menderita tekanan darah tinggi. Selain Kalium, Buah Anggur juga mengandung serat yang berperan penting untuk menjaga  sistem kardiovaskular yang sehat, termasuk kesehatan jantung dan tekanan darah.

3. Mengendalikan Gula Darah dan Diabetes

Buah Anggur mungkin terasa manis namun manisnya buah anggur tidak meningkatkan gula darah dan juga tidak menyebabkan meningkatkan kadar insulin secara signifikan sehingga penderita Diabetes dapat dengan aman mengkonsumsinya. Lebih lagi, memilih makanan dengan respon insulin yang rendah seperti anggur dapat mencegah pengembangan karakteristik resistensi insulin diabetes tipe-2. Penelitian terbaru juga menunjukan bahwa ekstrak kulit anggur memberikan aktivitas penghambatan baru pada hiperglikemia dan dapat membantu dalam mengendalikan diabetes.

4. Mencegah Degenerasi Makula dan Menjaga Kesehatan Mata

Buah Anggur dapat mencegah kehilangan penglihatan akibat usia dan degenerasi makula. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Miami menunjukan bahwa anggur dapat menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit penglihatan yang berkaitan dengan rusaknya retina mata. Manfaat ini mungkin dikarenakan buah anggur mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin, yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Kedua antioksidan ini dianggap dapat menetralisir molekul yang tidak stabil atau yang biasa kita kenal dengan istilah radikal bebas.

5. Mengurangi Risiko Sembelit dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah Anggur mengandung air dan serat yang dapat membantu kondisi tubuh tetap terhidrasi dengan baik serta dapat menjaga gerakan usus tetap teratur dan mengurangi risiko sembelit.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Penelitian menunjukan bahwa Quercetin dan Resveratrol yang terkandung dalam anggur dapat mengurangi risiko atherosclerosis (pembentuk plak di dinding arteri) dan melindungi kerusakan yang disebabkan oleh low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol “jahat”. Polifenol khususnya Resveratrol berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menurunkan Lipid dan bertindak sebagai anti-inflamasi sehigga dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain itu, Buah Anggur juga mengandung serat dan kalium (potassium) yang dapat menjaga kesehatan jantung.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah Anggur mengandung tembaga, besi dan mangan yang diperlukan untuk membantu pembentukan dan memperkuat tulang. Mangan membantu metabolisme protein, pembentukan kalogen dan fungsi saraf. Diet Anggur juga dapat membantu mencegah Osteoporosis.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Flavonoid, Mineral dan Vitamin terutama vitamin A, Vitamin C dan Vitamin K yang dibutuhkan untuk menjaga sistem organ tubuh dan sistem kekebalan tubuh kita semuanya terdapat dalam buah anggur. Buah ini juga dapat mencegah penyakit umum seperti demam dan pilek dan beberapa penyakit serius yang diakibatkan karena menurunnya sistem kekebalan tubuh kita.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Ginjal

Anggur dapat mengurangi asam urat dan menghilangkannya dari tubuh kita sehingga dapat mengurangi tekanan pada ginjal dan menjaga ginjal kita tetap sehat.

10. Menunda Penuaan

Penuaan adalah proses alami. Tetapi karena polusi dan tingkat stres yang terus meningkat, kulit kita cenderung menua sebelum waktunya. Radikal bebas adalah penyebab dasar penuaan dini yang menyebabkan kerutan dan garis-garis halus pada kulit kita. Antioksidan dan Vitamin C yang terdapat dalam anggur dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Anggur (Grape) ini dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat Buah Anggur bagi Kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*