July 17, 2019

Kandungan Gizi Buah Bit (Ubi Bit Merah) dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Bit (Ubi Bit Merah) dan Manfaat Buah Bit bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Bit (Ubi Bit Merah) dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Buah Bit atau lebih tepatnya disebut dengan Ubi Bit Merah adalah tanaman yang umbinya  berwarna ungu kemerahan dengan dengan agak bulat meyerupai sebuah gasing. Ubi Bit Merah yang memiliki rasa manis ini dapat dimakan segar bersama sayuran salad lainnya ataupun direbus, dipanggang dan diolah menjadi jus buah bit. Buat Bit ini juga dapat diolah menjadi pemanis, pewarna makanan dan juga untuk pengobatan.

Ubi Bit Merah atau Buah Bit dalam bahasa Inggris disebut dengan Beetroot sedangkan dalam bahasa ilmiah sering disebut dengan Beta vulgaris. Ubi Bit Merah ini termasuk dalam keluarga Amaranthaceae (suku bayam-bayaman). Buah Bit yang diyakini berasal dari garis pantai Afrika Utara, Eropa dan Asia ini telah menjadi makanan yang populer berkat rasanya yang manis dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Bit (Ubi Bit Merah)

Berikut ini adalah kandungan gizi buah bit atau ubi bit merah dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi

Kandungan

AKG%

Kalori (Energi) 43kcal (180 kJ) 2%
Karbohidrat 9,56g 7%
Air 87,58g
Protein 1,61g 1%
Gula 7,87g
Serat 2,8g 7%
Lemak 0,17g 0,5%
Vitamin A 2µg 0%
Vitamin C 4,9mg 6%
Vitamin D
Vitamin E 0,04mg 0,5%
Vitamin K 0,2µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,031mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,04mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0.334mg 2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,155mg 3%
Vitamin B6 0,067mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 109µg 27%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,8mg 6%
Magnesium 23mg 6%
Manganese 0,329mg 16%
Fosfor 40mg 6%
Potassium (Kalium) 325mg 7%
Sodium 78mg 5%
Seng (Zinc) 0,35mg 4%

Manfaat Buah Bit (Ubi Bit Merah) bagi Kesehatan

Buah Bit atau Beetroot memiliki berbagai manfaat bagi Kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah bit atau ubi bit merah bagi kesehatan.

1. Pencegahan Penyakit Kanker

Buah Bit mengandung beberapa elemen yang dapat membantu tubuh kita melawan penyakit kanker. Kandungan pertamanya adalah Betacyanin (Betasianin) yang dikaitkan dengan pengurangan tumor dan lesi prakanker. Perlu diketahui bahwa Betacyanin pada dasarnya adalah pigmen ungu kemerahan pada buah bit. Elemen yang kedua pada Buah Bit adalah Betanin yang juga efektif terhadap tumor hati dan kulit. Betanin juga merupakan pigmen pewarna pada Buah Bit.

2. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan dan Penurunan Berat Badan

Buah Bit mengandung Serat yang dapat membantu sistem pencernaan dan membantu menjaganya tetap teratur. Buah Bit ini dapat membantu menstimulasi saraf di usus serta membantu tubuh mencerna makanan yang dikonsumsi, terutama dari jenis makanan yang berlemak. Serat, Protein dan Karbohidrat dapat membantu kita menurunan berat badan dengan memberikan rasa kenyang yang lebih lama dengan kalori yang sangat sedikit.

3. Merawat Kulit

Antioksidan dan Senyawa Fenolik banyak ditemukan di Buah Bit. Kedua-duanya membantu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA dan sel. Dengan demikian konsumsi Buah Bit ini dapat memperlambat proses penuaan dini.  Buat Bit juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga dapat membantu mencegah penuaan dan penyakit yang berkaitan dengan usia.

4. Mengoptimalkan Stamina saat Berolahraga

Buah Bit dapat membantu mengurangi konsumsi oksigen pada otot sehingga kita hanya membutuhkan sedikit oksigen saja saat berolahraga dan dengan demikian kita akan memiliki stamina  yang lebih tinggi dan daya tahan yang lebih baik saat berolahraga. Buah Bit juga mengandung Nitrat yang membantu membawa oksigen ke seluruh tubuh kita.

5. Menjaga kesehatan dan Fungsi Otak

Buah Bit atau Beetroot memiliki efek yang sangat baik pada fungsi otak, terutama pada anggota populasi yang lebih tua. Buah Bit dapat membantu meningkatkan aliran darah ke otak yang selanjutnya dapat membantu melawan demensia (dementia). Perlu diketahui bahwa Demensia adalah penyakit otak yang menyebabkan penurunan kemampuan berpikir dan ingatan jangka panjang yang cukup besar sehingga memengaruhi kegiatan sehari-hari seseorang. Selain itu, Ubi Bit Merah juga dapat meningkatkan kognitif pada orang-orang dari segala usia.

6. Menurunkan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi Bit Merah yang biasanya disebut dengan Buah Bit ini dapat menurunkan tekanan darah sehingga membantu mencegah serangan jantung dan masalah kardiovaskular lainnya yang dikarenakan hipertensi. Buah Bit mengandung Phyto-nitrat yang membantu tubuh menurunkan tekanan darah secara alami dan mempertahankan tingkat tekanan darah yang sehat. Di dalam tubuh kita, nitrit sehat ini berubah menjadi nitrit oksida yaitu senyawa yang membuka pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah yang pada akhirnya akan menurunkan tekanan darah.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Buah Bit (Ubi Bit Merah) atau Beetroot dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Bit (Ubi Bit Merah) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*