_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Kandungan Gizi Buah Blueberry dan Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Blueberry dan Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Blueberry dan Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan – Buah Blueberry adalah buah berwarna biru atau ungu setelah matang dengan rasa manis dan mengandung gizi yang tinggi. Buah yang berasal dari tanaman semak berbunga ini diklasifikasikan dalam genus Vaccinium, kelompok bagian Cyanococcus. Buah Blueberry biasanya berbentuk bulat kecil dengan diameter sekitar 5mm hingga 16mm dan memiliki bentuk mahkota di ujung buahnya. Dalam bahasa Ilmiah, Buah Blueberry disebut dengan Vaccinium Corymbosum.

Buah Blueberry merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Utara, namun saat ini telah banyak dibudidayakan secara komersial di Australia, Selandia Baru dan Negara-negara Amerika Selatan. Buah yang kaya akan nutrisi ini dapat dikonsumsi segar ataupun diolah menjadi jus ataupun selai blueberry.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Stoberi (Strawberry) dan Manfaat Buah Stoberi bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Blueberry

Berikut ini adalah kandungan gizi buah Blueberry dalam setiap 100 gramnya :

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 57kcal (240 kJ) 3%
Karbohidrat 14,49g 11%
Air 84g
Protein 0,74g 1%
Gula 9,96g
Serat 2,4g 6.0%
Lemak 0,33g 1%
Vitamin A 54IU 0%
Vitamin C 9,7mg 12%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,57mg 4%
Vitamin K 19,3µg 13%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,037mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,041mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,418mg 3%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,124mg 2%
Vitamin B6 0,052mg 4%
Vitamin B9 (Folat) 6µg 2%
Kalsium 6mg 1%
Zat Besi 0,28mg 2%
Magnesium 6mg 2%
Fosfor 12mg 2%
Potassium (Kalium) 77mg 2%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,165mg 2%

Selain kandungan gizi atau nutrisi yang disebut diatas, Buah Blueberry juga mengandung Fitokimia atau Fitonutrien (Phyto-nutrients) yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia yaitu Carotene-ß sebesar 32µg dan Lutein-zeaxanthin sebesar 80µg.

Manfaat Buah Blueberry bagi Kesehatan Manusia

Buah mungil yang manis dan enak dimakan ini mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Beberapa manfaat buah blueberry bagi kesehatan kita diantaranya seperti berikut ini.

1. Memperkuat dan Menjaga Kesehatan Tulang

Buah Blueberry kaya akan Kalsium, Zat Besi, Magnesium, Fosfor, Mangan, Seng dan Vitamin K yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan-kandungan tersebut juga meningkatkan kepadatan dan elastisitas tulang dan berkontribusi untuk mempertahankan struktur tulang.

2. Merawat Kesehatan Kulit

Antosianin (Anthocyanin) yang dikandung oleh Buah Blueberry adalah Pigmen pemberi warna pada buah yang larut dalam air. Pigmen ini bertanggung jawab mencegah kerusakan DNA oksidatif dan Vitamin C yang dikandung oleh Blueberry merupakan factor besar dalam membangun kalogen (protein yang menyusun tubuh manusia). Kedua kandungan ini dapat mencegah keriput, bintik-bintik karena penuaan dini dan jerawat serta mencegah kerusakan kulit yang disebabkan oleh debu, polusi, asap dan sinar UV.

3. Menurunkan Kolesterol LDL

Penelitian menunjukan bahwa kandungan serat yang tinggi dan antioksidan yang berlimpah dalam buah Blueberry dapat membantu melarutkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Oleh karena itu, buah Blueberry sering dijadikan supplemen diet yang ideal untuk menurunkan kolesterol dan memperkuat otot jantung serta menyembuhkan penyakit-penyakit yang berkaitan dengan jantung. Buah Blueberry juga mengandung kalium, kalsium, dan magnesium yang membantu mengendalikan tekanan darah.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Blueberry dapat digunakan untuk mencegah Aterosklerosis (atherosclerosis), serangan jantung, dan stroke. Hal ini dikarenakan Buah Blueberry mengandung serat, antosianin, kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C. Serat dan Antosianin mengurangi kadar kolesterol dan mencegah penyumbatan arteri. Vitamin B6 dan folat mencegah kerusakan pembuluh darah dengan cara menghambat pembentukan homocysteine, sedangkan kalium mengatur kerja otot-otot jantung.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Buah Blueberry mengandung senyawa tertentu seperti Pterostilbene yang merupakan obat yang sangat baik untuk usus besar dan kanker hati dan asam ellagic yang dapat menangkal berbagai jenis kanker. Kedua senyawa ini bekerja dengan selaras dengan Antosianin dan Antioksidan lain seperti Vitamin C dan Copper (tembaga) dapat mencegah dan menyembuhkan kanker.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Vitamin, Mineral dan Fitonutrien yang terkandung dalam buah Blueberry dapat menyembuhkan gangguan saraf dengan mencegah degenerasi dan kematian neuron. Nutrisi-nutrisi penting ini juga melindungi sel-sel otak dan membantu memulihkan kesehatan sistem saraf pusat. Buah yang mungil ini dapat menurunkan risiko gangguan otak seperti penyakit Alzheimer menurut hasil penelitian dari Journal of Agricultural and Food Chemistry. Nutrisi-nutrisi ini bahkan dapat menyembuhkan sel-sel otak dan jaringan neuron yang rusak sehingga ingatan kita tetap tajam.

7. Menjaga Kesehatan Mata

Sifat antioksidan pada buah Blueberry dapat mencegah atau menunda masalah mata yang terkait dengan usia. Masalah-masalah tersebut seperti degenerasi makula, katarak, myopia, hipermetropia, kekeringan dan infeksi yang berkaitan dengan retina. Buah Blueberry mengandung antioksidan khusus yang disebut dengan karotenoid (lutein, zeaxanthin), flavonoid (seperti rutin, resveratrol, quercetin) dan senyawa antioksidan lainnya yang pada dasarnya sangat bermanfaat bagi kesehatan okular.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Blueberry dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat buah blueberry bagi kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*