Kandungan Gizi Buah Ceri (Cherry) dan Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Ceri dan Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Ceri dan Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan – Buah Ceri adalah buah berbiji dengan perpaduan rasa manis dan rasa asam yang unik. Selain lezat untuk dimakan, Buah Ceri juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Cherry ini mengandung antioksidan dan anti-inflamasi serta gizi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Dalam hidangannya, Buah Ceri dapat dimakan secara mentah ataupun diolah menjadi jus dan selai. Buah Ceri juga sering digunakan dalam resep kue dan sebagai topping yogurt dan sereal ataupun es krim. Dalam bahasa ilmiah, buah ceri disebut dengan istilah Prunus Cerasus.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Stroberi dan Manfaatnya bagi Kesehatan Tubuh kita.

Kandungan Gizi Buah Ceri (Cherry)

Berikut ini adalah kandungan gizi buah ceri dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori63kcal3.0%
Karbohidrat16.1g12%
Air82g%
Protein1.06g2%
Gula12,8g
Serat2.1g5%
Lemak0,2g2%
Vitamin A640IU2%
Vitamin C21mg21%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine)0,027mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,033mg3%
Vitamin B3 (Niacin)0,154mg1%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,049mg4%
Vitamin B9 (Folat)4µg1%
Kalsium13mg1%
Zat Besi0,36mg3%
Magnesium11mg3%
Fosfor21mg3%
Potassium (Kalium)222mg5%
Sodium0mg0%
Seng (Zinc)0,07mg1%
Carotene-ß38µg
Carotene-α0µg
Lutein-zeaxanthin85µg

 

Manfaat Buah Ceri bagi Kesehatan

Seperti yang disebutkan diatas, Buah Ceri memiliki berbagai nutrisi atau gizi serta antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat menjaga kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah ceri bagi kesehatan tubuh kita.

1. Meringankan Insomnia (sulit tidur)

Buah Ceri mengandung hormon yang disebut Melatonin yang dapat memfasilitasi tidur yang baik dan damai. Melatonin adalah hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak dan diketahui sebagai hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun kita serta mengendalikan jam tubuh internal.

2. Mencegah Penyakit Kardiovaskular (Jantung dan Strok)

Antioksidan Anthocyanin yang terkandung dalam buah ceri dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat, mengatur tekanan darah dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dan strok.

3. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Buah Ceri manis mengandung Vitamin C, Anthocyanin dan Karoten yang dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu. Buah Ceri manis juga merupakan sumber Cyanidin yang bertanggung jawab atas kemampuan pencegahan kanker. Antosianin membantu menghentikan siklus sel dan Apostosis. Cyanidin meningkatkan diferensiasi sel dan mengurangi risiko berubahnya sel sehat menjadi sel kanker.

4. Baik untuk Kesehatan Otak

Konsumsi Buah Ceri baik untuk otak kita karena mengandung Vitamin A, Vitamin B dan mineral seperti kalsium dan fosfor. Nutrisi-nutrisi tersebut membantu untuk mencegah cacat saraf atau neural tube defect pada bayi dan juga dapat meningkatkan memori kita.

5. Mengobati Asam Urat dan Mencegah Peradangan

Gout atau biasanya kita sebut dengan asam urat terjadi ketika ada kelebihan konsentrasi asam urat dalam tubuh kita. Kristal pembentuk asam urat terbentuk di persendian kita sehingga menyebabkan pembengkakan dan peradangan. Buah Ceri membantu mencegah penyakit ini dengan membantu mengatur proses metabolisme yang mengendalikan jumlah asam urat dalam darah kita.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan utama Buah Ceri adalah air dengan jumlah kalori yang sangat rendah. Kandungan serat dalam buah ini membantu membuat kita merasa kenyang lebih lama sementara vitamin B seperti Tiamin, Ribloflavin dan Vitamin B6 (Pyridoxine) memfasilitasi metabolisme serta mengubah nutrisi menjadi energi. Oleh karena itu, Buah Ceri yang sehat ini dapat ditambahkan ke dalam diet kita untuk membantu orang yang ingin menurunkan berat badan.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Ceri (Cherry) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat buah Ceri (Cherry) bagi kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*