September 22, 2019

Kandungan Gizi Buah Kundur dan Manfaat Buah Kundur bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Kundur dan Manfaat Buah Kundur bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Kundur dan Manfaat Buah Kundur bagi Kesehatan – Buah Kundur atau juga disebut dengan Beligo atau Baligo adalah buah yang berasal dari tumbuhan merambat dan biasanya dihidangkan sebagai makanan sayuran. Buah yang nama ilmiahnya adalah Benincasa hispida ini memiliki bulu halus dipermukaan kulitnya pada saat masih mentah (belum matang). Namun ketika matang, bulunya akan hilang, melunak dan bertahan lama. Buah Kundur memiliki daging yang tebal dan berwarna putih.

Dalam bahasa Inggris Buah Kundur sering disebut juga dengan Winter Melon, Wax Gourd, Ash Gourd, Winter Gourd, Tallow Gourd dan Ash pumpkin. Buah yang diyakini berasal Asia Selatan dan Asia Tenggara ini merupakan keluarga dari suku Labu-labuan atau Cucurbitaceae. Oleh karena itu, Buah Kundur ini juga disebut sebagai Labu Kundur.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Labu Kuning dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Kundur dan Manfaat Buah Kundur bagi Kesehatan

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Buah Kundur pada setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 13kcal (54kJ)
Karbohidrat 3g
Air 96,1g
Protein 0,4g
Serat 2,9g
Lemak 0,18g
Vitamin C 13mg 16%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,04mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,11mg 9%
Vitamin B3 (Niacin) 0,4mg 3%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,133mg 3%
Vitamin B6 0,035mg 3%
Kalsium 19mg 2%
Zat Besi 0,4mg 3%
Magnesium 10mg 3%
Manganese 0,058mg 3%
Fosfor 19mg 3%
Sodium 111mg 7%
Seng (Zinc) 0,61mg 6%

 

Manfaat Buah Kundur bagi Kesehatan

Buah Kundur memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan Kesehatan Indera Penglihatan

Beberapa penelitian mengaitkan masalah penglihatan dengan kekurangan Riboflavin atau lebih dikenal sebagai Vitamin B2. Buah Kundur mengandung Vitamin B2 yang sangat tinggi yaitu 0,11mg per 100 gram atau sekitar 11% dari kebutuhan kita sehari. Dengan meningkatkan jumlah vitamin B2 dalam tubuh kita, kita dapat mengurangi kemungkinan gangguan mata. Sementara antioksidan yang ditemukan di Buah Kundur juga akan membantu mengurangi stres oksidatif di retina dan degenerasi makula.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sekitar 16% kebutuhan Vitamin C bisa kita dapatkan dari 100 gram Buah Kundur. Dengan demikian buah Kundur dapat dijadikan sebagai makanan pendorong sistem kekebalan tubuh yang kuat. Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih dan juga bertindak sebagai antioksidan untuk menetralisir radikal bebas dan mencegah mutasi sel kesehatan. Buah Kundur juga mengandung seng dalam jumlah yang cukup, yang merupakan komponen penting lain untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh.

3. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan dan Mengendalikan Kadar Kolesterol

Serat makanan adalah bagian penting dari setiap diet sehat, karena dapat mengoptimalkan pencernaan dan mencegah banyak masalah pencernaan yang tidak menguntungkan, termasuk sembelit, kembung, kram, wasir, dan gangguan perut pada umumnya. Serat makanan juga dapat meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi usus serta mengurangi kadar kolesterol dalam sistem kardiovaskular.  Buah Kundur mengandung sekitar 2,9 gram Serat dalam setiap 100 gramnya.

4. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Tingkat signifikan zat besi yang ditemukan dalam Buah Kundur menjadikannya solusi ideal untuk meningkatkan sirkulasi ke ekstremitas tubuh. Zat besi adalah komponen kunci dalam produksi sel darah merah, jadi ketika tubuh kita memiliki lebih banyak zat besi maka kita juga memiliki sirkulasi darah yang segar, sehat dan beroksigen yang lebih baik. Ini berarti Buah Kundur tidak hanya dapat melindungi dari gejala anemia, tetapi juga memastikan aliran darah ke otak, yang dapat meningkatkan konsentrasi, fokus, dan daya ingat.
Catatan : Ekstremitas disebut anggota gerak, adalah bagian tubuh yang paling jauh dari jantung seperti jari-jari tangan dan jari-jari Kaki.

5. Meningkatkan Tingkat Energi

Buah Kundur mengandung Vitamin B2 yang berperan penting dalam metabolisme manusia, memastikan bahwa nutrisi atau gizi diubah menjadi energi yang dapat digunakan. Seiring dengan banyak dampak lainnya pada keseimbangan hormon dan kesehatan, tingginya kadar vitamin B2 yang ditemukan di Buah Kundur ini dapat membantu penggunaan nutrisi secara efisien dalam tubuh kita.

6. Menstimulasi Pertumbuhan & Pengembangan

Kebanyakan orang hanya menganggap vitamin C sebagai pendorong sistem kekebalan tubuh, tetapi kenyataannya, vitamin C juga melakukan sejumlah fungsi kunci dalam tubuh. Salah satu fungsi kunci yang paling penting Vitami C adalah sebagai komponen dalam produksi kolagen. Kolagen merupakan salah satu blok pembangun dasar sel, jaringan, otot, tulang dan pembuluh darah. Jika kita masih dalam tahap pertumbuhan atau pulih dari cedera / penyakit, vitamin C tingkat tinggi diperlukan untuk menyediakan bahan baku untuk pertumbuhan dan perbaikan. Buah Kundur dapat memberikan vitamin C yang cukup untuk tubuh anda.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Kundur (Winter Melon) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Kundur ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*