_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/11/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-albania/negara-albania/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
November 14, 2018

Kandungan Gizi Buah Nangka dan Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Nangka dan Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Nangka dan Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan – Buah Nangka adalah buah tropis terbesar yang beratnya dapat mencapai hingga 35kg dengan diameter hingga 50cm, sedangkan panjang buah Nangka dapat mencapai hingga 90cm. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Jackfruit ini diyakini berasal dari India namun saat ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara yang berada di wilayah tropis. Nama ilmiah Buah Nangka adalah Artocarpus heterophyllus.

Buah Nangka yang matang memiliki rasa manis yang alami sehingga sering digunakan untuk berbagai hidangan seperti kue, es krim, minuman, gorengan dan bahkan diolah menjadi keripik Nangka ataupun dimakan segar seperti buah-buahan pada umumnya. Sedangkan Buah Nangka yang belum matang sering dihidangkan sebagai sayur-sayuran yang dicampur kedalam masakan Gulai atau Kari.

Kandungan Gizi Buah Nangka (Nutrisi Buah Nangka)

Jackfruit atau Buah Nangka ini mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah Kandungan Gizi Buah Nangka pada setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 95kcal
Karbohidrat 23,25
Air 73,5g
Protein 1,72g
Gula 19,08g
Serat 1,5g
Lemak 0,64g
Vitamin A 5µg 1%
Vitamin C 13,8mg 17%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,34mg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,105mg 9%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,055mg 5%
Vitamin B3 (Niacin) 0,92mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,235mg 5%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,329mg 25%
Vitamin B9 (Folat) 24µg 6%
Kalsium 24mg 2%
Zat Besi 0,23mg 2%
Magnesium 29mg 8%
Fosfor 21mg 3%
Potassium (Kalium) 448mg 10%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,13mg 1%

Baca juga : Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya.

Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Selain merupakan makanan yang enak, buah Nangka juga mengandung berbagai Vitamin dan Mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Nangka bagi kesehatan kita.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

Tingginya Serat yang dikandung oleh buah Nangka menjadikannya sebagai buah yang sangat baik untuk merangsang proses pencernaan serta mengurangi gejala sembelit dan perut kembung. Kandungan tersebut dapat menginduksi gerakan Peristaltik dan membentuk feses serta membantu meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi di Usus. Sebagai informasi tambahan, Gerakan Peristaltik adalah gerakan pada otot saluran pencernaan yang menimbulkan gerakan semacam gelombang sehingga menimbulkan efek menelan makanan yang masuk ke saluran pencernaan.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Nangka yang mengandung Vitamin C dan berbagai antioksidan ini membuatnya sebagai buah yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin C dapat merangsang produksi sel darah putih sedangkan antioksidan dapat menangkal radikal bebas sebelum menyebabkan terjadinya peradangan dan penyakit kronis.

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Penyakit Kardiovaskular adalah penyakit yang berkaitan dengan Jantung dan Pembuluh Darah. Kandungan Serat dalam buah Nangka dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah terjadinya pengendapan plak di arteri dan pembuluh darah. Selain itu, Antioksidan dan Vitamin C dalam buah ini dapat membantu memperbaiki sistem Kardiovaskular dan menangkal radikal bebas yang dapat merusak pembuluh darah.

4. Mengendalikan Diabetes

Buah Nangka yang mengandung Serat dan Gula alami ini dapat mengatur pelepasan glukosa dan insulin dalam tubuh serta meningkatkan sensitivitas insulin sehingga mengkonsumsi buah Nangka merupakan salah satu cara terbaik untuk mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

5. Meningkatkan Kesehatan pada sistem Pernapasan

Buah Nangka memiliki kemampuan untuk menyembuhkan kondisi pernapasan dan bahkan dapat meringankan gejala asma. Buh ini memiliki sejumlah senyawa alami yang dapat mengurangi respons alergi dari tubuh serta mencegah mengi dan gejala-gejala kesulitan pada pernapasan.

6. Mengendalikan Tekanan Darah

Buah Nangka mengandung Potassium atau Kalium yang tinggi yaitu sekitar 448mg dalam setiap 100g atau sekitar 10% dari asupan harian yang disarankan. Kalium merupakan Vasodilator yang dapat mengendurkan pembuluh darah dan arteri sehingga mampu mengendalikan tekanan darah dan menurunkan risiko penyakit Kardiovaskular yaitu stroke dan serangan jantung.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan Antioksidan sehat seperti zeaxanthin dan beta-karoten, buah Nangka ini dapat dijadikan sebagai makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit karena dapat meminimalkan efek radikal bebas dan stres oksidatif yang pada dasarnya adalah penyebab timbulnya noda dan kerutan pada kulit serta age spots.

8. Meningkatkan Metobolisme Tubuh

Vitamin B adalah komponen penting dari metobolisme di seluruh tubuh. Buah Nangka mengandung Vitamin B1 (Thiamine), Vitamin B2 (Riboflavin), Vitamin B3 (Niacin), Vitamin B6 (Pyridoxine) dan Vitamin B9 (Folat) yang tinggi sehingga merupakan buah yang tepat untuk meningkatkan energi metabolisme dan juga dapat membantu upaya untuk menurunkan berat badan.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Nangka (Jackfruit) ini dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat buah Nangka bagi Kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*