May 26, 2019

Kandungan Gizi Buah Pare dan Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Pare dan Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Pare dan Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan – Buah Pare adalah Buah pahit yang berbentuk bulat memanjang dan memiliki bagian yang berbintil-bintil tidak beraturan. Buah Pare biasanya dipanen sebelum matang, karena buah Pare yang matang akan menjadi semakin pahit. Warna Buah Pare yang sebelum matang adalah berwarna hijau dan berubah menjadi warna oren setelah matang. Buah ini memiliki rasa pahit ini merupakan anggota dari suku labu-labuan atau Cucurbitaceae.

Buah yang diyakin berasal dari Asia Selatan dan banyak ditemukan di Asia, Afrika dan Karibia ini biasanya dibudidayakan sebagai sayur-sayuran maupun pengobatan. Buah Pare atau juga kadang disebut dengan buah Peria dalam bahasa Inggris disebut dengan Balsam-pear, Bitter Melon, Bitter Gourd dan Bitter Squash. Dalam bahasa Ilmiah, Buah Pare ini disebut dengan Momordica Charantia.
Baca juga : Kandungan Gizi Labu Kuning dan Manfaat Labu Kuning bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Pare

Berikut ini adalah kandungan gizi buah Pare pada setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 19kcal (79kJ)
Karbohidrat 4,32g
Air 93,95g
Protein 0,84g
Gula 1,95g
Serat 2,0g
Lemak 0,18g
Vitamin A 6µg 1%
Vitamin C 33mg 55%
Vitamin D
Vitamin E 0,14mg 1%
Vitamin K 4,8µg 5%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,051mg 4%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,053mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,280mg 2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,193mg 4%
Vitamin B6 0,041mg 3%
Vitamin B9 (Folat) 51µg 13%
Kalsium 9mg 1%
Zat Besi 0,38mg 3%
Magnesium 16mg 5%
Manganese 0,086mg 4%
Fosfor 36mg 5%
Potassium (Kalium) 319mg 7%
Sodium 6mg 0%
Seng (Zinc) 0,77mg 8%

Catatan : Buah Pare yang dimasak dengan direbus dan ditiriskan.

Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan

Buah yang mungkin dijauhi oleh banyak orang ini sangat bermanfaat bagi orang yang ingin menkonsumsinya. Manfaat-manfaat buah Pare ini diantaranya seperti mengendalikan penyakit diabetes, meningkatkan kesehatan pernapasan dan meningkatkan kesehatan kulit serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mengurangi risiko penyakit kanker.

Buah Pare juga memiliki sifat-sifat seperti anti-inflamasi, anti-jamur, anti-biotik, anti-alergi, anti-histamin, anti-virus, anti-parasit dan juga sifat ekspektoran yaitu obat pelancar dahak karena dapat menghasilkan air liur yang lebih banyak. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Buah Pare bagi Kesehatan kita.

1. Mengobati Diabetes dan Mengendalikan Gula Darah

Sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2005 menunjukan bahwa buah Pare adalah salah satu buah yang sangat manjur untuk mengobati Diabetes Mellitus Tipe 2. Diabetes tipe 2 ini pada umumnya disebabkan karena ketidakmampuan sel untuk menyerap gula dalam darah karena perkembangan resistensi terhadap insulin ataupun karena karena insulin tidak mencukupi. Buah Pare yang pahit ini mengandung jumlah  charantin (peptida yang menyerupai insulin) dan alkaloid yang secara aktif membantu mengurangi kadar gula dalam darah. Komponen-komponen ini juga dapat mencegah kenaikan dan penurunan kadar insulin yang tidak terduga.

2. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa buah Pare yang memiliki sifat anti-inflamasi, Anti-histamin, Anti-virus dan sifat ekspektoran yang dapat menjaga kesehatan pernafasan dan meringankan penyakit asma (asthma), bronkitis (bronchitis) dan demam (rhinitis). Sifat-sifat yang terdapat buah Pare ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

3. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan bahwa buah pare yang kaya akan sifat anti-inflamasi ini dapat membantu mengurangi rasa gatal yang mengiritasi terkait dengan kondisi kulit dan infeksi seperti kurap, kudis dan psoriasis. Jus Pare yang diekstrak dan dioleskan ke daerah yang terkena dampak dapat menjadi salep atau obat terbaik untuk menyembuhkan dan mengurangi pembengkakan dan iritasi.

4. Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah Pare mengandung antioksidan dan nutrisi yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Setiap 100 gram buah Pare mengandung sekitar 55% Vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Seperti yang kita ketahui Vitamin C merupakan vitamin yang termasuk dalam golongan Vitamin Antioksidan yang dapat memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.

5. Mencegah Penyakit Kanker

Radikal bebas mencari dan menghancurkan sel-sel sehat sehingga mempercepat penuaan dan menyebabkan banyak komplikasi termasuk kanker. Buah Pare mengandung antioksidan tinggi yang dapat memerangi efek radikal bebas serta menciptakan pertahanan yang kuat terhadap penyakit-penyakit umum. Uji klinis lanjutan dan studi farmakologis menunjukkan adanya hubungan antara makan pare dengan pengurangan tumor yang berkaitan dengan kanker payudara, serviks dan prostat.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Buah Pare mengandung flavonoid seperti α-karoten, β-karoten, lutein, dan zeaxanthin yang dapat meningkatkan kesehatan mata. Senyawa-senyawa ini meningkatkan penglihatan dan memperlambat degenerasi makula. Senyawa ini memainkan peran penting dalam memerangi efek dari penuaan dan radikal bebas.

7. Mengendalikan Kadar Kolesterol dalam Darah

Buah Pahit ini juga banyak dikonsumsi untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu dengan cara mencegah penumpukan plak aterosklerotik di dinding arteri. Arteri yang tidak tersumbat akan mengurangi risiko serangan jantung, penyakit jantung dan stroke.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Pare (Bitter Gourd) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Pare ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*