Kandungan Gizi Buah Persik (Peach) dan Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan

kandungan Gizi Buah Persik dan Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Persik (Peach) dan Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan – Buah Persik atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Peach adalah buah yang termasuk dalam genus Prunus, suku Rosaceae. Buah Persik yang memiliki rasa unik serta memiliki aroma harum ini berdaging kuning (namun ada juga yang berwarna putih) dan apabila dibelah akan terlihat satu biji keras di bagian tengahnya.

Peach atau Buah Persik diyakini berasal dari China dan menyebar ke seluruh dunia melalui jalur Jalan Sutra Kuno. Saat ini, Buah Persik telah banyak dibudidayakan di Amerika Serikat dan Eropa. Buah yang memiliki Nama ilmiah Prunus Persica ini dapat dimakan segar ataupun diolah menjadi Jus yang menyegarkan.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Pir (Pear) dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Persik (Peach)

Berikut ini adalah kandungan Gizi Buah Persik atau Peach dalam setiap 100 gramnya.
Catatan : Buah Persil yang Segar

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)39kcal2.0%
Karbohidrat9,54g7%
Serat1,5g4%
Air
Protein0,91g1,5%
Lemak0,25g1%
Vitamin A326IU11%
Vitamin C6,6mg11%
Vitamin D
Vitamin E0,73mg5%
Vitamin K2,6µg2%
Vitamin B1 (Thiamine)0,024mg2%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,031mg2,5%
Vitamin B3 (Niacin)0,806mg5%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,153mg3%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,025mg2%
Vitamin B9 (Folat)4µg1%
Kalsium6mg0,6%
Zat Besi0,25mg3%
Magnesium9mg2%
Manganese0,61mg3%
Fosfor11mg2%
Potassium (Kalium)190mg4%
Seng (Zinc)0,17mg1,5%
Crypto-xanthin-ß67µg
Carotene-ß162µg
Lutein-zeaxanthin91µg

 

Manfaat Buah Persik bagi Kesehatan

Selain merupakan buah yang enak untuk dimakan, Buah Persik juga memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi orang-orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat Buah Persik bagi Kesehatan kita.

1. Mengurangi resiko kanker

Persik mengandung vitamin C dalam jumlah yang signifikan. Vitamin ini merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang memiliki kaitan dengan perkembangan kanker di tubuh manusia.  Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu seseorang mengurangi risiko kanker.

2. Menjaga kesehatan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit. Antioksidan yang kuat ini memainkan peran penting dalam pembentukan kolagen. Kolagen bertindak sebagai sistem pendukung kulit, meningkatkan penyembuhan luka dan meningkatkan kekuatan kulit.

3. Membantu Melindungi Mata

Lutein dan Zeaxanthin dalam buah persik membantu melindungi retina dan lensa mata, kedua senyawa ini telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak. Vitamin A dalam buah persik juga membantu mendukung penglihatan yang sehat. Meskipun jarang terjadi, kekurangan vitamin A yang sebenarnya dapat menyebabkan kondisi yang disebut xerophthalmia yaitu penyakit yang dapat merusak penglihatan normal dan menyebabkan rabun senja (ketidakmampuan untuk melihat dalam gelap atau cahaya redup).

4. Meningkatkan Kesehatan Otak

Antioksidan yang ditemukan dalam buah persik dikenal dapat melawan stres oksidatif. Stress Oksidatif pada dasarnya adalah ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang dapat merusak sel dengan kemampuan tubuh kita untuk melawan efek berbahaya radikal bebas tersebut. Berdasarkan Literatur Medis, Stres Oksidatif merupakan faktor penyebab penyakit Neurodegeneratif seperti Alzheimer.

5. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan

Satu buah persik yang ukuran sedang dapat menyediakan hampir 10% dari kebutuhan serat minimum harian. Selain mencegah sembelit dan mendukung kesehatan pencernaan yang baik, serat buah persik membantu mengatur kadar gula darah. Persik juga mengandung prebiotik, yang memberi makan bakteri menguntungkan di usus yang terkait dengan anti-inflamasi, sistem kekebalan tubuh dan suasana hati.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan

Buah Persik membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita dengan beberapa cara. Satu buah persik mengandung lebih dari 15% kebutuhan harian untuk vitamin C dalam tubuh kita. Beberapa jenis sel kekebalan tubuh membutuhkan nutrisi ini untuk melakukan produksi dan menjalankan fungsinya untuk melindungi tubuh kita. Vitamin A dalam Buah Persik juga membantu membentuk selaput lendir di saluran pernapasan kita. Membran yang lebih kuat akan membentuk pelindung yang lebih baik. Buah Persik juga membantu mempertahankan kekebalan tubuh kita melalui sifat antimikroba alaminya.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Persik mengandung beberapa nutrisi yang dapat membantu jantung dan sistem peredaran darah tetap sehat. Vitamin K membantu mencegah penggumpalan darah sementara zat besi membantu mencegah anemia karena kekurangan zat besi. Antioksidan dan senyawa seperti likopen dan lutein sangat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Konsumsi buah ini secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol darah tinggi.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Persik (Peach) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Persik ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*