_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2019/04/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-turki-turkey/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-turki-turkey/lambang-negara-turki-dan-bendera-turki/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
April 24, 2019

Kandungan Gizi Buah Pir dan Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Pir dan Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan – Buah Pir adalah buah yang manis dengan kandungan air yang tinggi. Tanaman pohon Pir ini biasanya tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti di Eropa Barat, Afrika Utara dan Asia. Ada sekitar 30 spesies buah Pir yang sebagian besarnya berbentuk bulat, ada juga spesies buah Pir yang bentuknya membesar di bagian bawah dan mengecil di bagian pangkal buah. Kulit Pir sangat tipis dengan warna kuning jingga, merah-jingga dan juga warna hijau tergantung pada spesiesnya. Sedangkan dagingnya  berwarna putih, lembut dan berair. Berikut ini adalah gambar spesies buah Pir yang umumnya dapat kita temukan di Indonesia.

Kandungan Gizi Buah Pir (Pear) dan Manfaat Buah Pir bagi Kesehatan

Dalam bahasa Inggris buah Pir disebut dengan Pear sedangkan dalam bahasa ilmiah menyebutkannya sebagai Pyrus. Buah Pir ini biasanya dimakan segar, namun ada juga yang mengolahnya menjadi Jus Pir, makanan dalam kaleng dan ada juga yang mengolahnya menjadi buah kering.

Kandungan Gizi Buah Pir (Pear)

Berikut ini adalah kandungan gizi buah Pir dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 57kcal (239 kJ) 3%
Karbohidrat 15,23g 11%
Air 84g
Protein 0,36g <1%
Gula 9,75g
Serat 3,1g 8%
Lemak 0,14g 0.5%
Vitamin A 25IU 1%
Vitamin C 4,3mg 5%
Vitamin D
Vitamin E 0,12mg 1%
Vitamin K 4,4µg 4%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,012mg 1%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,026mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,161mg 1%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,049mg 1%
Vitamin B6 0,029mg 2%
Vitamin B9 (Folat) 7µg 2%
Kalsium 9mg 1%
Zat Besi 0,18mg 1%
Magnesium 7mg 2%
Manganese 0,048mg 2%
Fosfor 12mg 2%
Potassium (Kalium) 116m2g 7%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,1mg 1%
Carotene-ß 12µg
Crypto-xanthin-ß 2µg
Lutein-zeaxanthin 45µg

 

Manfaat Buah Pir (Pear) bagi Kesehatan

Buah Pir (Pear) adalah buah manis berair yang enak untuk dikonsumsi. Selain lezat dan membantu kita untuk menghilangkan rasa haus, Buah Pir juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah pir bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita adalah dengan mengkonsumsi Vitamin C. Vitamin C adalah salah satu anti-oksidan yang sangat efektif untuk menangkal radikal bebas yang merusak sistem kekebalan tubuh. Vitamin C juga meningkatkan aksi sel darah putih sehingga lebih kecil kemungkinan terkena flu normal atau masalah-masalah kesehatan lainnya yang berhubungan dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh kita.   Banyaknya senyawa anti-inflamasi yang ditemukan di dalam buah pir juga akan mengurangi kerusakan pada sel-sel sistem kekebalan tubuh sehingga membuat kita lebih tahan terhadap berbagai jenis penyakit menular.

2. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Sayur-sayuran dan buah-buahan dengan indeks Glikemik rendah adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan karena dapat menimbulkan rasa kenyang dengan kalori yang rendah. Selain itu, Buah Pir kaya akan serat (baik yang larut maupun yang tidak larut) yang dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga sangat membantu proses penurunan berat badan. Jadi, apabila kita merasa lapar, kita dapat memakan buah pir untuk memenuhi keinginan untuk makan dan secara bersamaan dapat menunurunkan berat badan. Mengunyah buah Pir di sela-sela waktu makan adalah strategi yang bagus untuk menjaga asupan kalori harian kita serta untuk menjaga agar tidak memakan makanan yang berkalori tinggi secara berlebihan. Yang dimaksud dengan Indeks Glikemik (IG) adalah suatu ukuran yang digunakan untuk mengindikasikan seberapa cepat karbohidrat yang terdapat dalam makanan dapat diubah menjadi gula oleh tubuh manusia

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Pir mengandung serat yang dapat membantu membersihkan asam empedu dan dapat menurunkan kadar kolesterol serta menjaga kedua-duanya dalam tingkat yang relatif normal. Selain itu, buah Pir kaya akan anti-oksidan yang dapat mencegah peradangan terjadi di pembuluh darah yaitu salah satu kontributor utama yang mengakibatkan terjadinya stroke dan serangan jantung. Telah banyak Penelitian-penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko terkenanya penyakit jantung.

4. Mengendalikan Penyakit Diabetes

Mungkin banyak diantara kita yang belum mengerti bagaimana buah-buahan yang mengandung gula sendiri dapat mengendalikan kadar gula dalam tubuh kita. Pada dasarnya, buah Pir memiliki indeks Glikemik yang rendah, artinya buah Pir tidak langsung mengubah glukosa dan membanjirinya ke aliran darah. Sebaliknya, serat yang dikandungnya dapat memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. Ditambah lagi, konsumsi pir secara teratur terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, yang sering kali menjadi rusak ketika diabetes muncul.

5. Dapat Membantu Mencegah Sembelit

Seperti yang kita ketahui, dua penyebab paling umum terjadinya sembelit adalah asupan air yang tidak mencukupi dan memakan makanan yang rendah serat. Ketika dua faktor ini bergabung, hasilnya adalah sembelit kronis, yang bahkan mungkin memerlukan tindakan medis. Namun, dengan hanya memakan buah Pir, kita dapat langsung mengatasi dua penyebab ini. Hal ini dikarenakan buah pir memiliki banyak serat dan mengandung tingkat air yang tinggi, menjadikannya sebagai makanan yang sangat berguna dalam memenuhi kedua persyaratan ini pada setiap harinya.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah Pir mengandung Vitamin K, yaitu ko-faktor langka tapi penting bagi kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K sangat umum terjadi pada orang dewasa, terutama karena mereka tidak menganggap pentingnya vitamin ini. Konsumsi buah Pir secara teratur bisa memasok vitamin yang sulit didapat ini sehingga membantu menjaga kesehatan tulang dan juga mendorong pembekuan darah normal. Buah Pir juga mengandung kalsium yang dapat membantu menambah asupan harian Anda dari sumber lain.

7. Membantu Mengurangi Nyeri Kronis

Buah Pir adalah makanan anti-inflamasi yang sangat baik, mengandung senyawa yang efektif dalam mengurangi nyeri sendi akibat artritis seperti osteoartritik atau rematik secara alami. Sebagai pengetahuan tambahan, yang dimaksud dengan Artritis adalah peradangan pada satu atau lebih persendian, yang disertai dengan rasa sakit, kebengkakan, kekakuan, dan keterbatasan bergerak.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Pir (Pear) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Pir ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*