_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/07/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/daftar-negara-peserta-asian-games-2018-di-indonesia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
July 20, 2018

Kandungan Gizi Buah Sirsak dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Sirsak (Soursop) dan Manfaat sirsak bagi kesehatan

Kandungan Gizi Buah Sirsak dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Buah Sirsak yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Soursop ini adalah buah tropis diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun saat ini telah banyak dibudidayakan di berbagai negara terutama negara-negara yang berada di kawasan tropis. Tanaman Sirsak ini pada dasarnya tidak dapat hidup di daerah yang dingin karena suhu dibawah 5° akan menyebabkan kerusakan pada daunnya dan cabang-cabang kecilnya.

Buah Sirsak yang memiliki rasa asam dan manis ini mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita seperti menurunkan risiko penyakit kanker, Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Menjaga Kesehatan Jantung, Mengendalikan Tekanan Darah dan Mengatasi Sembelit. Buah ini dapat dimakan segar (tanpa pemanasan) ataupun diolah menjadi Jus Sirsak ataupun Es Krim.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Nanas dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Di Indonesia, terdapat berbagai nama panggilan untuk buah sirsak ini. Di Jawa, buah Sirsak ini disebut sebagai Nangka Landa dan Nangka Sebrang, di Sunda disebut dengan Nangka Walanda, di Bali disebut dengan Srikaya Jawa, di Aceh disebut dengan Boh Iona, di Nias disebut dengan Durio Ulondro dan di Madura disebut dengan  Nangkelan. Nama Sirsak yang kita kenal sekarang ini pdaa dasarnya berasal dari bahasa Belanda yaitu “zuurzak”. Buah ini dibawa ke Indonesia oleh pemerintah Kolonial Hindia Belanda pada abad ke-19. Nama ilmiah buah Sirsak adalah Annona muricata.

Kandungan Gizi Buah Sirsak (Soursop)

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Buah Sirsak dalam setiap 100gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 66kcal
Karbohidrat 16,4g
Air 81,16g
Protein 1g
Gula 13,54g
Serat 3,3g
Lemak 0,3g
Vitamin C 20,6mg 25%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,05mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,9mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,253mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 14µg 4%
Kalsium 14mg 1%
Zat Besi 0,6mg 5%
Magnesium 21mg 6%
Fosfor 27mg 4%
Potassium (Kalium) 278mg 6%
Sodium 14mg 1%
Seng (Zinc) 0,1mg 1%

Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan

Buah Sirsak merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan dapat memberikan berbagai manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Sirsak bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga kondisi tetap sehat dan bugar. Mengkonsumsi Buah Sirsak baik dimakan segar maupun dijadikan Jus Sirsak merupakan pilihan yang baik yang akan berdampak pada keseluruhan kesehatan tubuh kita. Buah Sirsak mengandung Vitamin C yang dapat merangsang produksi sel darah putih sedangkan antioksidan yang terkandungnya dapat membantu menetralisir radikal bebas dan mencegah penyakit kronis.

2. Pilihan yang Sehat untuk Penderita Diabetes

Jus Sirsak tanpa pemanis merupakan pilihan yang sangat alami bagi penderita diabetes. Minuman ini akan memberikan kalori yang cukup tanpa mengubah tingkat gula.

3. Mencegah dan Mengobati Penyakit Kanker

Salah satu manfaat buah Sirsak yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk mencegah dan mengobati penyakit kanker. Beberapa penelitian menunjukan bahwa Antioksidan yang dimiliki oleh buah Sirsak mampu mencegah penyakit kanker terutama penyakit kanker payudara dan kanker hati. Selain buahnya, penelitian lain juga menunjukan bahwa daun Sirsak juga dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker kolon (usus besar) dan sel-sel  kanker paru-paru.

4. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan dan Mengatasi Sembelit

Buah Sirsak mengandung Serat yang dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mengatasi sembelit. Serat dapat merangsang aktivitas saluran usus agar dapat bekerja dengan normal dalam mengeluarkan kotoran.

5. Mengendalikan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan Kalium (Potassium) dalam Buah Sirsak dapat mengendalikan tekanan darah tubuh kita. Kalium atau Potassium ini dapat menyeimbangkan efek negatif dari garam yang kita konsumsi dan membantu Jantung memompa darah dengan normal sehingga meminimalkan penyakit serangan jantung.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Buah Sirsak (Soursop) ini dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat buah Sirsak bagi Kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*