September 15, 2019

Kandungan Gizi Gandum dan Manfaat Gandum bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Gandum dan Manfaat Gandum bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Gandum dan Manfaat Gandum bagi Kesehatan – Gandum adalah tanaman rumput yang dibudidayakan untuk bijinya yaitu biji gandum yang mengandung protein dan karbohidrat yang tinggi. Biji Gandum ini merupakan salah satu makanan pokok yang paling banyak dikonsumsi di dunia ini setelah beras. Dari ribuan varietas gandum yang dikenal, yang paling terkenal dan paling banyak digunakan adalah varietas gandum biasa atau common wheat (Triticum aestivum) yang digunakan untuk roti, gandum durum (Triticum durum) yang digunakan untuk membuat pasta (pasta makanan) seperti spageti dan macaroni serta club wheat (Triticum compactum) yang digunakan untuk kue, kerupuk, kue, kue kering, dan tepung. Selain jenis-jenis gandum yang disebut tadi, ada juga jenis-jenis gandum tertentu yang diolah untuk keperluan industry seperti diolah menjadi Pati, alkohol, gluten, dekstrosa dan produk-produk industry lainnya.

Pada umumnya, biji gandum berbentuk oval dengan ukuran panjang sekitar 6mm hingga 8mm dengan diameter sekitar 2mm hingga 3mm. Gandum yang tergolong dalam makanan sereal ini memiliki tekstur yang keras yang terdiri dari tiga bagian penting yaitu Bran (kulit luar gandum), Endosperma (bagian terbesar biji gandum) dan Germ (lembaga). Gandum dalam bahasa Inggris disebut dengan Wheat sedangkan bahasa ilmiah menyebutkannya sebagai Triticum. |
Baca juga : 10 Negara Penghasil Gandum di Dunia.

Kandungan Gizi Gandum

Berikut ini adalah kandungan Gizi Gandum (Wheat) dalam setiap 100gram-nya.

Jenis Nutrisi / Gizi

Kandungan

AKG%

Kalori (Energi) 327kcal (1.368 kJ)
Karbohidrat 71,18g
Air 13,1g
Protein 12,61g
Gula 0,41g
Serat 12,2g
Lemak 1,54g
Vitamin E 1,01mg 7%
Vitamin K 1,9µg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,383mg 33%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,115mg 10%
Vitamin B3 (Niacin) 5,464mg 35%
Vitamin B6 0,3mg 23%
Vitamin B9 (Folat) 38µg 10%
Kalsium 29mg 3%
Zat Besi 3,19mg 25%
Magnesium 126mg 35%
Fosfor 288mg 41%
Potassium (Kalium) 363mg 8%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 2,65mg 28%

Manfaat Gandum bagi Kesehatan

Gandum merupakan makanan yang mengandung Karbohidrat tinggi yang dapat memberikan energi bagi orang yang mengkonsumsinya. Selain Karbohidrat, Gandum juga mengandung berbagai vitamin, mineral dan senyawa tumbuhan yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat gandum bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Ketika Metabolisme tubuh tidak berfungsi pada tingkat yang optimal, tubuh kita akan mengalami sindrom metabolisme yang dapat menyebabkan trigliserida tinggi, obesitas visceral (yang mengarah ke tubuh berbentuk buah pir), tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) yang rendah. Sindrom Metabolisme ini akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, sebagian besar dokter dan ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi biji-bijian sebagai bagian penting dari makanan sehari-hari kita. Biji-bijian ini dapat meningkatkan sistem pencernaan secara keseluruhan yang pada akhirnya dapat mengarah pada peningkatan metabolisme tubuh yang lebih baik sehingga dapat mencegah berbagai masalah kesehatan sejak awal.

2. Mencegah Diabetes Tipe 2

Diabetes Tipe 2 merupakan kondisi kronis yang sangat berbahaya apabila tidak dikendalikan dengan benar. Gandum yang mengandung Magnesium tinggi merupakan kofaktor 300 jenis enzim yang dapat secara langsung memengaruhi tubuh menggunakan insulin dan mengeluarkan glukosa. Jadi, mengkonsumsi Gandum secara teratur dapat membantu mengendalikan gula dalam darah tubuh kita. Dengan hanya menggantikan nasi dengan gandum dalam makanan sehari-hari, penderita diabetes dapat dengan mudah mengendalikan kadar gula ke tingkat yang layak.

3. Mengendalikan Obesitas (Kegemukan)

Meskipun Gandum sudah terkenal dengan manfaatnya yang dapat mengendalikan berat badan tubuh, namun manfaat tersebut jauh lebih efektif pada wanita dibandingkan dengan Pria. Mengkonsumsi produk-produk gandum secara teratur dapat membantu pasien yang menderita obesitas menurunkan berat badannya.

4. Mengurangi Peradangan Kronis

Peradangan kronis pada dasarnya mengacu pada peradangan yang telah berlangsung selama beberapa bulan. Ini dapat disebabkan karena banyak alasan seperti reaksi terhadap stimulus berbahaya atau masalah dalam sistem kekebalan tubuh. Meskipun mungkin tidak terdengar seperti masalah yang sangat serius, jika dibiarkan, itu dapat menyebabkan beberapa jenis kanker, dan bahkan rheumatoid arthritis. Namun Peradangan kronis ini dapat dikendalikan konsumsi gandum secara teratur. Gandum mengandung betaine yang tidak hanya mengurangi peradangan tetapi juga membantu dengan penyakit lain seperti penyakit Alzheimer, penurunan kognitif, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan osteoporosis.

5. Mencegah Serangan Jantung

Gandum mengandung serat makanan yang terbukti dapat mengurangi tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung. Tentunya, diet sehat perlu disertai dengan olahraga yang sesuai agar lebih efektif dalam mencegah penyakit yang membahayakannya.

6. Mencegah Kanker Payudara pada Wanita

Bekatul adalah agen anti kanker pada wanita yang dapat menangkal efek karsinogenik dan mencegah beberapa jenis kanker. Kanker payudara disebabkan oleh kadar estrogen meningkat dan mencapai tingkat yang berlebihan. Bekatul mengoptimalkan kadar estrogen sehingga tetap terkontrol setiap saat, sehingga dapat mencegah kanker payudara. Ini sangat efektif pada wanita premenopause, yang umumnya lebih berisiko terkena kanker jenis ini. Apalagi gandum juga mengandung lignin yang menempati reseptor hormon dalam tubuh, yang juga membantu menjaga kadar estrogen yang bersirkulasi tinggi sehingga membantu pencegahan kanker payudara.

Efek Samping Konsumsi Gandum yang berlebihan

Disamping manfaatnya, gandum juga memiliki efek samping apabila konsumsi berlebihan dan bagi orang yang rentan terhadap reaksi alergi. Orang-orang yang rentan terhadap reaksi alergi ini diperingatkan untuk menghindari gandum karena dapat memperburuk reaksi alergi. Gandum juga mengandung Oksalat (oxalates) yang tinggi sehingga konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti baju ginjal, batu empedu dan asam urat. Sebagai informasi tambahan, Oksalat adalah asam organik yang ditemukan di tumbuh-tumbuhan, hewan dan manusia.

Baca juga : Kandungan Gizi Jagung dan Manfaat Jagung bagi Kesehatan.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Gandum dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Gandum bagi kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*