September 20, 2019

Kandungan Gizi Kacang Almond dan Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Almond dan Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Almond dan Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan – Kacang Almond adalah biji yang bisa dimakan dengan bentuk seperti tetesan air mata. Biji yang biasanya dianggap sebagai kacang ini memiliki rasa yang variatif, dari yang rasa pahit hingga rasa manis. Nama ilmiah dari kacang almond adalah Prunus dulcis. Kacang Almond juga sering disebut dengan nama “Badam”. Kacang Almond ini diyakini berasal dari daerah yang memiliki iklim Mediterania di Timur Tengah seperti Suriah, Turki dan Iran serta daerah Eropa Selatan dan Afrika Utara.

Almond dapat dimakan mentah ataupun dipanggang, kacang almond juga sering dijadikan tepung almond, minyak almond, mentega almond, susu almond dan bahkan wewangian almond serta lotion tubuh almond. Saat ini kacang almond telah menjadi salah satu kacang terpopuler dan favorit di dunia ini karena rasanya yang enak dan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh manusia.
Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Hijau dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Kacang Almond

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Kacang Almond dalam setiap 100 gram-nya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 597kcal
Karbohidrat 21,6g
Air 4,4g
Protein 21,2g
Gula 4,4g
Serat 12,5g
Lemak 49,9g
Vitamin A 1 IU 0%
Vitamin C 0mg 0%
Vitamin D 0µg 0%
Vitamin E 25,6mg 171%
Vitamin K 0µg 0%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,211mg 18%
Vitamin B2 (Riboflavin) 1,014mg 86%
Vitamin B3 (Niacin) 3,385mg 23%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,469mg 9%
Vitamin B6 0,143mg 11%
Vitamin B9 (Folat) 50µg 13%
Kalsium 264mg 26%
Zat Besi 3,72mg 29%
Magnesium 268mg 75%
Fosfor 484mg 69%
Potassium (Kalium) 705mg 15%
Selenium 2,5µg 4%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 3,08mg 32%

 

Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan

Kacang Almond mengandung banyak nutrisi atau gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang almond bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan Kesehatan dan Efisiensi Otak

Kacang Almond mengandung Vitamin E, Folat, Asam Lemak tak Jenuh dan I-karnitin yang bermanfaat bagi kesehatan otak atau dikenal juga dengan istilah manfaat neuprotektif. Kacang Almond juga mengandung Riboflavin dan L-carnitine yang membantu pertumbuhan sel-sel otak. Almond juga dianggap sebagai bahan makanan penting untuk anak-anak yang sedang tumbuh. Penelitian menunjukan bahwa almond dalam makanan dan juga minyak almond sangat berkhasiat bagi kesehatan dan fungsi keseluruhan sistem saraf.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol “Jahat”

Memiliki Kolesterol LDL Lipoprotein atau sering disebut dengan “Kolesterol Jahat” yang tinggi dalam darah adalah salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi almond dapat meningkatkan kadar Vitamin E dalam plasma darah dan sel darah merah serta menurunkan kadar kolesterol. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh kita dari kerusakan dan mencegah oksidasi kolesterol yang menyumbat arteri. Menurut penelitian, makan segenggam kacang almond dapat menurunkan kadar kolesterol sebesar 4,4% sedangkan yang makan dua genggam kacang almond setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol jahatnya hingga 9,4%.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Lemak tak jenuh tunggal, protein dan kalium yang terkandung dalam Kacang Almond berperan penting dalam kesehatan jantung. Vitamin E adalah antioksidan yang efektif dan juga mengurangi risiko penyakit jantung, sementara keberadaan magnesium dalam kacang almond dapat membantu menghindari serangan jantung. Mereka membantu mengurangi keberadaan dan dampak protein C-reaktif (CRP) yang menyebabkan peradangan yang merusak arteri.

Kacang Almond juga merupakan sumber asam folat yang bagus. Oleh karena itu, kacang almond membantu mengurangi tingkat homocysteine yang menyebabkan penumpukan plak lemak di arteri. Selain itu, flavonoid di kulit almond bergabung dengan vitamin E untuk membentuk perisai yang kuat terhadap kerusakan dinding arteri. Penelitian menunjukkan bahwa diet diperkaya almond jangka pendek dapat meningkatkan fungsi vaskular pada pria sehat tanpa gejala yang berusia antara 20 dan 70 tahun tanpa efek apa pun pada penanda stres oksidatif. Ini membantu mencegah kerusakan yang terjadi di dalam dinding arteri dan mencegah penumpukan plak yang berbahaya.

4. Meningkatkan dan Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang almond merupakan sumber bahan alkali yang sangat baik, yang dikenal untuk meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh serta meningkatkan kemampuan untuk menjaga berbagai masalah kesehatan dan penyakit. Vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang membantu menghilangkan radikal bebas dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit kronis.

Komponen kunci kacang almond dalam meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh adalah mangan. Dalam hubungannya dengan vitamin E, mangan mendukung sistem kekebalan yang kuat dan efisien. Merupakan komponen dari enzim super oksida dismutase, mangan adalah mineral alami dan antioksidan kuat yang mencari radikal bebas untuk menetralisir penyalahgunaannya pada sel-sel sehat.

Mangan juga mengatur metabolisme tubuh dan membantu menyeimbangkan kolesterol, asam amino dan karbohidrat. Ini juga membantu tubuh menyerap vitamin esensial seperti B dan E yang mendukung enzim sehat dalam tulang dan jaringan otot. Penelitian telah menemukan kulit almond sangat ampuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus umum seperti pilek atau flu.

5. Membantu mengendalikan Berat Badan

Karena kacang Almond lebih rendah karbohidrat serta tinggi protein dan tinggi serat, Kacang Almond dapat membantu orang merasa kenyang dalam jangka waktu yang relatif lebih lama sehingga berpotensi untuk mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi secara keseluruhan. Magnesium yang terkandung dalam kacang almond juga membantu mengatur gula darah, yang merupakan kunci dalam mengurangi mengidam makanan. Kacang Almond bahkan bisa menghalangi penyerapan kalori tubuh sehingga menjadikannya sebagai camilan yang ramah dalam penurunan berat badan.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Kacang Almond ini dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*