June 16, 2019

Kandungan Gizi Kacang Edamame dan Manfaat Kacang Edamame bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Edamame dan Manfaat Edamame bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Edamame dan Manfaat Kacang Edamame bagi Kesehatan – Kacang Edamame adalah sejenis kacang kedelai yang berbiji besar dan berwarna hijau. Kacang yang biasanya dipanen sebelum matang dan mengeras ini diyakini berasal dari Asia Timur yaitu Tiongkok dan Jepang. Kacang Edamame merupakan masakan popular yang umumnya dapat kita temukan di restoran-restoran Jepang sebagai camilan maupun sebagai hidangan pembuka.

Nama Edamame pada dasarnya berasal dari Jepang yang artinya adalah “Kacang di Cabang“ (Eda = Cabang; Mame = Kacang). Cara termudah untuk menikmati Kacang Edamame adalah dengan merebusnya bersamaan dengan polong kacangnya agar semua nutrisi atau gizi tetap utuh sehingga memberikan manfaat kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya.
Baca juga : Manfaat Kacang Kedelai dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Kacang Edamame

Berikut ini adalah kandungan gizi kacang Edamame dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 121kcal (506 kJ)
Karbohidrat 9,94g
Air 72,77
Protein 10,88g
Gula 2,18g
Serat 5,2g
Lemak 5,2g
Vitamin A
Vitamin C 6,1mg 7%
Vitamin D
Vitamin E 0,68mg 5%
Vitamin K 26,8µg 26%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,2mg 17%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,155mg 13%
Vitamin B3 (Niacin) 0,915mg 6%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,395mg 8%
Vitamin B6 0,1mg 8%
Vitamin B9 (Folat) 311µg 78%
Kalsium 63mg 6%
Zat Besi 2,27mg 17%
Magnesium 64mg 18%
Manganese 1,024mg 49%
Fosfor 169mg 24%
Potassium (Kalium) 436mg 9%
Sodium 6mg <1%
Seng (Zinc) 1,37mg 14%

 

Manfaat Kacang Edamame bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang edamame bagi kesehatan kita.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang Edamame mengandung Kalsium yang sangat penting untuk menjaga tulang tetap kuat. Asupan kacang ini akan membantu menjaga kesehatan dan kepadatan tulang. Penelitian mengenai efek kalsium pada edamame menunjukkan bahwa kacang ini dapat membantu menurunkan risiko patah tulang seperti yang terjadi pada wanita pasca-menopause. Asupan Kacang Edamame juga dapat membantu menurunkan risiko Osteoporosis yaitu kondisi dimana kepadatan tulang menurun sehingga menjadi keropos dan mudah retak. Faktor-faktor ini menjadikan kacang edamame sebagai sumber kalsium yang bagus untuk para vegan yang menjalani gaya hidup sehat.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Kacang Edamame mengandung senyawa seperti fitoestrogen dan genistein yang memiliki sifat-sifat seperti estrogen dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa keberadaan senyawa ini mungkin memiliki kemampuan untuk menurunkan risiko kanker. Salah satunya adalah mencegah penyakit kanker prostat yang banyak ditemukan pada pria. Penelitian menunjukkan adanya penurunan risiko kanker prostat pada pria yang melakukan diet dengan konsumsi edamame. Kacang kedelai ini juga mengandung isoflavon yang dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara pada wanita.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Kulit yang berada dibagian paling luar tubuh ini sangat rentan terhadap dehidrasi dan cedera. Kondisi-kondisi eksternal seperti cuaca dan debu dapat mempengaruhi kesehatan kulit kita. Antioksidan yang dikandung oleh Kacang Edamame dapat menangkal radikal bebas dan membantu menjaga kesehatan kulit serta memperbaikinya apabila terjadi kerusakan.  Oleh karena itu, mengkonsumsi Kacang Edamame dapat membantu mempertahankan kondisi kulit dari penuaan dini dan menangkal radikal bebas serta menjaga elastisitasnya.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Seperti yang kita ketahui bahwa Sayur-sayuran maupun buah-buahan mengandung serat yang tinggi yang dapat meningkatkan kelancaran sistem pencernaan, demikian juga kacang edamame ini. Keberadaan Serat dalam kacang Edamame dapat membantu pencernaan dengan menambahkan jumlah besar pada feses dan membantu pergerakan usus sehingga dapat mencegah sembelit dan kembung serta masalah-masalah pencernaan lainnya.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Selain memperlancar sistem pencernaan, Serat yang terkandung di dalam kacang Edamame juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mengendalikan kadar kolesterol di dalam tubuh kita, terutama dalam hal menurunkan kolesterol jahat (LDL). Selain itu, Kacang Edamame memiliki konsentrasi asam alfa-linolenat yang tinggi atau AHA, asam lemak omega-3 yang dapat dikonversi oleh tubuh kita menjadi EPA dan DHA. EPA dan DHA adalah senyawa yang dikaitkan dengan menurunkan kolesterol darah dan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung. Senyawa Isoflavon yang terkandung dalam kacang edamame juga membantu mencegah berbagai penyakit kardiovaskular.

6. Mengobati Peradangan

Edamame memiliki kolin (choline) yang memiliki sifat anti inflamasi. Diketahui bahwa Kolin mengambil memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan struktur membran sel. Sebagai pengetahuan tambahan, Kolin merupakan senyawa kimia larut air yang fungsinya mirip dengan vitamin. Senyawa Kolin juga membantu meningkatkan penyerapan lemak dalam tubuh. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang edamame akan membantu mencegah peradangan kronis seperti rheumatoid arthritis dan masalah kesehatan lainnya termasuk asma.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Edamame dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Edamame ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*