Kandungan Gizi Kacang Hazelnut dan Manfaat Kacang Hazelnut bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Hazelnut dan Manfaat Kacang Hazelnut bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Hazelnut dan Manfaat Kacang Hazelnut bagi Kesehatan – Kacang Hazelnut adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki rasa manis dan dapat dimakan mentah ataupun dipanggang dan diolah menjadi minuman serta minyak goreng. Kacang Hazelnut yang termasuk dalam genus Corylus ini mengandung lemak tak jenuh dan kaya akan protein dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Kacang Hazelnut ini sering disebut juga dengan kacang Filbert atau Cobnut dalam bahasa Inggris. Dalam bahasa ilmiah, Kacang Hazelnut ini disebut dengan Corylus avellan.

Kandungan Gizi Kacang Hazelnut

Berikut ini adalah kandungan gizi kacang Hazelnut dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)628kcal31.0%
Karbohidrat16,7g13%
Serat9,7g25,5%
Air5,31g
Protein14,95g26,5%
Lemak60,75g202%
Vitamin A20IU<1%
Vitamin C6,3mg10,5%
Vitamin D
Vitamin E15mg100%
Vitamin K14,2µg12%
Vitamin B1 (Thiamine)0,643mg53,5%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,113mg9%
Vitamin B3 (Niacin)1,8mg11%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,918mg18%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,563mg43%
Vitamin B9 (Folat)113µg28%
Kalsium114mg11%
Zat Besi4,7mg59%
Magnesium163mg41%
Manganese6,17mg268%
Fosfor290mg41%
Potassium (Kalium)680mg14%
Seng (Zinc)2,45mg22%
Carotene-α3µg
Carotene-ß11µg
Lutein-zeaxanthin92µg

 

Manfaat Hazelnut bagi Kesehatan

Seperti yang kita lihat pada tabel kandungan gizi Kacang Hazelnut diatas, Kacang yang juga disebut dengan Filbert ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat Kacang Hazelnut bagi kesehatan tubuh kita.
Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Almond dan Manfaatnya bagi Kesehatan kita.

1. Menjaga Kulit Anda Sehat dan Segar:

Kacang Hazelnut mengandung antioksidan yang  memainkan peranan penting dalam menjaga kulit agar terlihat lebih sehat. Antioksidan memerangi radikal bebas yang dapat merusak kulit kita dan juga melindungi kulit kita dari kanker kulit yang disebabkan oleh sinar UVA / UVB. Flavanoids bersama dengan antioksidan menstimulasi regenerasi sel kulit sehingga dapat menghilangkan sel-sel mati, membuat kulit tampak lebih sehat dan lebih muda.

2. Menjaga Kesehatan Sendi Dan Tulang

Magnesium dan kalsium yang terkandung dalam Hazelnut sangat penting untuk kesehatan dan kebugaran tulang dan persendian kita. Magnesium ekstra yang disimpan oleh tulang dapat menyelamatkan kita ketika tiba-tiba kekurangan mineral ini. Selain itu, hazelnut mengandung mangan yaitu mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang. Oleh karena itu, Kacang Hazelnut sangat bermanfaat bagi wanita yang menopause dan pasca menopause untuk melindungi diri dari osteoporosis dan menghindari tulang menjadi rapuh dan keropos.

3. Meningkatkan Kekuatan Daya Tahan Tubuh

Hazelnut kaya akan berbagai nutrisi, termasuk berbagai macam mineral seperti kalsium, kalium, mangan, dan magnesium. Semua nutrisi yang disebut ini sangat penting untuk memastikan kelancaran aliran darah dalam tubuh. Ketika darah mengalir ke seluruh tubuh tanpa hambatan, kekuatan kekebalan kita meningkat sehingga dapat mencegah berbagai kondisi kesehatan yang tidak diinginkan.

4. Mengurangi Stres dan Depresi

Hazelnut mengandung asam alfa-linolenat dalam jumlah yang relatif tinggi, bersama dengan asam lemak omega 3 dan Vitamin B berperan efektif dalam mencegah dan meringankan berbagai kondisi psikologis, termasuk kecemasan, stress dan depresi. Unsur-unsur yang dikandung oleh Hazelnut ini juga dapat meningkatkan daya ingat kita dan juga memainkan peranan penting dalam sintesis neurotransmiter seperti serotonin yang berfungsi untuk mengelola suasana hati, termasuk mencegah stress dan depresi.

5. Mengendalikan Tekanan Darah dan menjaga Kesehatan Jantng

Kacang adalah makanan berlemak tinggi, tetapi mengandung lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal yang sehat. Kedua jenis lemak ini dapat  membantu meningkatkan kesehatan jantung jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Kacang Hazelnut juga mengandung Magnesium, Kalium dan Serat makanan yang sangat penting untuk mengendalikan tekanan darah dan mengurangi risiko timbulnya berbagai kondisi kardiovaskular seperti stroke dan kelumpuhan.

Sebuah studi besar yang diterbitkan dalam Journal of American College of Cardiology menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan tertentu termasuk kacang Hazelnut dapat membantu menurunkan risiko terjangkitnya penyakit-penyakit kardiovaskular  dan penyakit jantung koroner.

7. Mengurangi Risiko Kanker

Kacang Hazelnut memiliki jumlah antioksidan yang tinggi di dalamnya, yang menjadikannya sebagai makanan yang baik untuk mencegah penyakit kanker. Kacang ini mengandung vitamin E, yang selama ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, paru-paru dan prostat. Antioksidan yang ada dalam kacang hazelnut juga dapat membantu melawan stres oksidatif di dalam tubuh yang bertanggung jawab atas terjadinya berbagai jenis kanker.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Hazelnut dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaatKacang Hazelnut ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*