_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/10/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-bawang-bombay-manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/kandungan-gizi-bawang-bombay-manfaat-bawang-bombay-bagi-kesehatan/bawang-bombay/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
October 22, 2018

Kandungan Gizi Kacang Hijau dan Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Hijau dan Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Hijau dan Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan – Kacang Hijau adalah jenis tanaman kacang-kacangan atau polong-polongan yang memiliki banyak banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Kacang Hijau yang diyakini berasal dari India ini telah banyak dibudidaya di berbagai negara seperti di Tiongkok, Korea, negara-negara Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh, Nepal Srilanka) dan negara-negara  Asia Tenggara (Indonesia, Thailand, Myanmar, Malaysia dan Filipina) and Amerika Selatan.

Kacang Hijau yang dalam bahasa Inggris sering disebut dengan Mung Bean atau Green Gram ini merupakan sumber makanan berprotein nabati tinggi yang dapat dijadikan berbagai hidangan seperti aneka kue, bubur kacang hijau dan toge. Nama ilmiah Kacang Hijau adalah Vigna radiata.
Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Kedelai dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Berikut ini adalah kandungan nutrisi atau kandungan gizi Kacang Hijau pada setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 347kcal (1.452 kJ)
Karbohidrat 62,62g
Air 9.05g
Protein 23,86g
Gula 6,6g
Serat 16,3g
Lemak 1,15g
Vitamin A 114IU 4%
Vitamin C 4,8mg 6%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,51mg 3%
Vitamin K 9µg 9%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,621mg 54%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,233mg 19%
Vitamin B3 (Niacin) 2.251mg 15%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 1,91mg 38%
Vitamin B9 (Folat) 625µg 156%
Kalsium 132mg 13%
Zat Besi 6,74mg 52%
Magnesium 189mg 53%
Fosfor 367mg 52%
Potassium (Kalium) 1.246mg 27%
Sodium 15mg 1%
Selenium 8.2µg 15%
Seng (Zinc) 2,68mg 28%

 

Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan

Dari daftar nutrisi yang dikandung oleh kacang hijau dapat dikatakan bahwa kacang hijau merupakan makanan yang tinggi protein dan serat namun rendah lemak dan kalori sehingga menjadikannya sebagai makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang hijau bagi kesehatan kita.

1. Mencegah Penyakit Jantung

Suatu penelitian yang dipublikasikan di Journal of Human and Experimental Toxicology menunjukan bahwa kacang hijau memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Kacang Hijau juga dapat membantu untuk mengendalikan tingkat kolesterol dan berfungsi sebagai antioksidan yang menghilangkan radikal bebas, memperbaiki kerusakan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Perlu diketahui bahwa penyebab terjadinya serangan jantung dan strok adalah dikarenakan tingkat Kolesterol LDL (kolesterol jahat) yang tinggi.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Nutrisi atau Gizi yang ditemukan pada Kacang Hijau memiliki kemampuan untuk melawan penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Penelitian yang dipublikasikan di Chemistry Central Journal menunjukkan bahwa ekstrak kacang hijau menurunkan tingkat tekanan darah sistolik pada tikus. Para peneliti melaporkan bahwa efek anti-hipertensi kacang hijau ini dapat menurunkan risiko konstriksi atau penyempitan pembuluh darah. Seperti yang kita ketahui bahwa konstriksi atau penyempitan pembuluh darah merupakan penyebab naiknya tekanan darah atau hipertensi.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kacang hijau memiliki jumlah polifenol dan oligosakarida tinggi yang membantu mencegah perkembangan sel kanker. Studi klinis juga menunjukkan bahwa kacang hijau memiliki sifat anti-tumor yang dapat mencegah kerusakan DNA dan mutasi sel-sel berbahaya yang menyebabkan terjadinya penyakit kanker. Penelitian yang dilakukan oleh College of Food Science dan Nutritional Engineering di China Agricultural University melaporkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau memiliki kemampuan untuk menangkal radikal bebas. Flavonoid seperti vitexin dan isovitexin yang dikandung oleh kacang hijau dapat mengurangi stres oksidatif yang menyebabkan terbentuknya sel kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang Hijau mengandung Fitonutrien atau zat kimia alami yang bertindak sebagai anti-inflamasi dan anti-mikrobia sehingga dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal pilek, iritasi, virus, bakteri berbahaya dan lain sebagainya. Kacang hijau juga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi atau gizi sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita secara keseluruhan.

5. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan

Kacang Hijau mudah dicerna dan juga membantu detoksifikasi tubuh. Kacang Hijau yang kaya akan serat juga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan mencegah gejala IBS (Irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus) seperti sembelit dan perut kembung.

6. Membantu menurunkan Berat Badan

Protein dan Serat yang dikandung dalam Kacang Hijau sangat tinggi. Beberapa penelitian menunjukan kacang yang tinggi serat ini dapat meningkatkan cholecystokinin yang merupakan hormon kenyang. Oleh karena itu mengkonsumsi kacang hijau secara teratur dapat membantu mengurangi asupan makanan, sehingga menurunkan berat badan dan membantu dalam memerangi obesitas.

7. Mengurangi Sindrom Pra-Haid (Pre-menstrual Syndrome/PMS)

Vitamin B6 dan Folat yang membantu mengendalikan fluktuasi hormon yang menyebabkan gejala PMS atau Sindrom Pra-Haid. Mengkonsumsi kacang hijau dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan kram PMS, perubahan suasana hati, sakit kepala, nyeri otot dan kelelahan.

8. Mencegah Diabetas Tipe-2

Beberapa bukti menunjukan nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau memiliki efek anti-diabetes yang membantu untuk mengobati diabetes tipe-2. Penelitian yang dilakukan oleh The Institute of Crop Sciences menunjukkan bahwa glukosa darah, glukagon, plasma C-peptida, tingkat trigliserida dan kolesterol total akan menurun ketika suplemen kacang hijau diberikan kepada tikus. Pada saat yang sama, toleransi terhadap glokosa juga meningkat dengan peningkatan respon tubuh terhadap insulin.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Hijau dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Hijau ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*