_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/12/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
December 17, 2018

Kandungan Gizi Kacang Kedelai dan Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan

Kandungan Nutrisi Kacang Kedelai dan manfaatnya bagi kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Kedelai dan Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan – Kacang Kedelai atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Soybean adalah jenis tanaman kacang-kacangan atau polong-polongan yang telah menjadi salah satu makanan populer di dunia. Tanaman yang diyakini berasal dari Asia Timur ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu. Kacang Kedelai memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya, diantaranya seperti memperbaiki metobolisme, melindungi kesehatan jantung, meningkatkan berat badan dengan sehat, menjaga kesehatan tulang dan manfaat-manfaat lainnya.

Makanan-makanan yang lezat seperti Tahu, Tempe, kecap, taoco, minyak dan susu kedelai merupakan hasil olahan dari kacang kedelai ini. Dapat dikatakan bahwa Kacang Kedelai merupakan makanan yang mengandung protein nabati paling tinggi diantara keluarga tanaman polong-polongan lainnya. Nama ilmiah Kacang Kedelai adalah Glycine max.
Baca juga : Kandungan Gizi Jahe dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Kacang Kedelai per 100g (3.5oz)

Berikut ini adalah kandungan gizi kacang kedelai pada setiap 100 gram-nya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 446kcal
Karbohidrat 30,16g
Air 8,54g
Protein 36,49g
Gula 7,33g
Serat 9,3g
Lemak 19,94g
Vitamin A 1µg 0%
Vitamin C 6mg 7%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,85mg 6%
Vitamin K 47µg 45%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,874 mg 76%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,87mg 73%
Vitamin B3 (Niacin) 1,623mg 11%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,793mg 16%
Vitamin B9 (Folat) 375µg 94%
Kalsium 277mg 28%
Zat Besi 15,7mg 121%
Magnesium 280mg 79%
Fosfor 704mg 101%
Potassium (Kalium) 1797 38%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 4,89mg 51%

Manfaat Kacang Kedelai bagi Kesehatan

Kacang Kedelai mengandung berbagai nutrisi atau gizi dan senyawa organik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa diantaranya adalah meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh, menjaga berat badan ideal, mencegah penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung dan menjaga kesehatan tulang serta memperlancar sistem pencernaan.

1. Meningkatkan Aktivitas Metabolisme Tubuh

Kacang kedelai mengandung Protein yang sangat tinggi sehingga sangat bermanfaat untuk mendorong percepatan aktivitas metabolisme tubuh. Protein akan membentuk jaringan baru dan mengatur berbagai sistem di dalam tubuh kita. Protein dalam kacang kedelai memastikan kesehatan yang tepat dan pertumbuhan kembali sel dalam tubuh kita serta memperbaiki dan menggantikan sel yang rusak jika diperlukan.

2. Menjaga Berat Badan Ideal

Kacang kedelai dan makanan-makanan olahannya diyakini dapat menekan nafsu makan yang berlebihan sehingga dapat menurunkan risiko obesitas (kegemukan) dan penyakit-penyakit yang terkait dengan obesitas. Namun kacang kedelai juga menyediakan serat dan protein yang tinggi untuk dapat membantu meningkatkan berat badan jika dimakan dalam jumlah yang relatif banyak. Oleh karena itu, Kacang kedelai sangat bermanfaat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan dan juga bagi mereka yang ingin menambah berat badannya menjadi berat badan yang ideal.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Tingkat antioksidan yang tinggi dalam kacang kedelai dapat menjadikannya sebagai makanan yang dapat dapat mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit kanker. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan dapat menetralkan dan menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan sel sehat bermutasi menjadi sel kanker yang mematikan. Kandungan serat yang tinggi pada kacang kedelai juga dapat menurunkan kolorektal dan kanker usus besar, hal ini dikarenakan serat dapat membantu mengurangi ketegangan pada sistem gastrointestinal.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang Kedelai mengandung Lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total sehingga dapat mencegah kondisi seperti Aterosklerosis (radang pada pembuluh darah manusia yang disebabkan oleh plak ateromatus). Aterosklerosis merupakan penyebab terjadinya serangan jantung dan stroke. Selain itu, dua jenis asam lemak seperti asam linoleat dan asam linolenat yang ditemukan dalam kacang kedelai dapat mengatur fungsi otot dalam tubuh dan mempertahankan tingkat tekanan darah yang sesuai. Serat yang terkandung di dalam Kacang Kedelai juga terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol dan menggores kelebihan kolesterol pada dinding pembuluh darah dan arteri.

5. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Vitamin, Mineral, kalsium, magnesium, tembaga, selenium dan seng yang terkandung pada kacang kedelai sangat penting bagi kesehatan tulang. Semua elemen penting ini dapat membantu meningkatkan aktivitas osteotropika yang memungkinkan pertumbuhan tulang baru dan juga mempercepat penyembuhan pada tulang. Mengkonsumsi kacang kedelai bisa menjadi solusi jangka panjang untuk masalah Osteoporosis. Osteoporosis adalah suatu kondisi dimana kualitas kepadatan tulang menurun dan mengakibatkan tulang keropos dan rentan terhadap keretakan tulang.

6. Memperlancar Sistem Pencernaan dan mengatasi Sembelit

Kacang Kedelai mengandung Serat yang sangat bermanfaat bagi sistem pencernaan. Serat membungkus tinja dan membuatnya bergerak melalui sistem pencernaan dengan lancar sehingga dapat mengatasi masalah sembelit.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*