_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2019/04/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-bank-terbesar-di-dunia/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-bank-terbesar-di-dunia/10-bank-terbesar-di-dunia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
April 25, 2019

Kandungan Gizi Kacang Tanah dan Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Tanah dan Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Kacang Tanah dan Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan – Kacang Tanah adalah tanaman polong-polongan atau kacang-kacangan yang dibudidayakan untuk biji kacangnya. Tanaman yang berasal dari benua Amerika Selatan ini pada umumnya tumbuh di Negara-negara yang berada di daerah tropis dan subtropis termasuk Indonesia. Kacang Tanah dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Peanut atau Groundnut. Sedangkan bahasa ilmiah menyebut kacang tanah ini sebagai Arachis Hypogaea.

Kacang Tanah merupakan kacang yang enak untuk dimakan dan bahkan mungkin merupakan kacang-kacangan yang paling popular di dunia ini. Biasanya, biji kacang tanah ini dimakan setelah direbus, digoreng, disangrai ataupun diolah menjadi minyak dan selai kacang tanah.

Kandungan Gizi Kacang Tanah (Peanut)

Berikut ini adalah kandungan Gizi Kacang Tanah (Peanut) pada setiap 100 gram-nya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 570kcal (2385 kJ) 29%
Karbohidrat 21g 12%
Air 4,26g
Protein 25g 46%
Gula 0g 0%
Serat 9g 22%
Lemak 48g 165%
Vitamin A 0g 0%
Vitamin C 0g 0%
Vitamin D 0g 0%
Vitamin E 6,6mg 44%
Vitamin K 1,9µg 1,5%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,6mg 52%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,3mg 25%
Vitamin B3 (Niacin) 12,9mg 86%
Vitamin B6 0,3mg 23%
Vitamin B9 (Folat) 246µg 62%
Kalsium 62mg 6%
Zat Besi 2mg 15%
Magnesium 184mg 52%
Fosfor 336mg 48%
Potassium (Kalium) 332mg 7%
Sodium 18mg 1%
Seng (Zinc) 3,3mg 35%

 

Manfaat Kacang Tanah bagi Kesehatan

Kacang Tanah atau Peanut mengandung berbagai gizi dan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, namun Kacang yang padat kalori dan mengandung lemak tinggi ini harus dikonsumsi dalam jumlah sedang (tidak boleh konsumsi berlebihan) karena mudah menyimpan beban kalori yang sangat besar. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang tanah bagi kesehatan kita.

1. Membantu mencegah risiko Diabetes

Kacang Tanah mengandung Mangan yang dapat meningkatkan metabolisme lemak dan karbohidrat  sehingga memungkinkan lebih banyak glukosa untuk masuk ke sel otot dan dan hati serta membantu menstabilkan kadar gula darah. Kondisi ini sangat ideal untuk menjaga sensitivitas insulin pada tubuh. Selain itu Kacang Tanah juga mengandung kadar gula yang relatif rendah.

2. Mencegah pembentukan Batu Empedu

Batu empedu pada dasanya bukanlah batu yang sebenarnya, batu empedu merupakan gumpalan asam empedu semi padat yang mungkin memiliki terlalu banyak kolesterol di dalamnya. Kacang tanah memiliki MUFA sehat (asam lemak tak jenuh tunggal) yang tinggi dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL) dan dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (kolesterol HDL) dalam darah sehingga mampu mengurangi kemungkinan terbentuk asam empedu yang tinggi kolesterol.

3. Menurunkan Risiko Stroke

Kacang Tanah megandung senyawa Resveratrol yang dapat membantu mencegah kerusakan pada pembuluh darah yang disebabkan oleh Angiotensin, yaitu sejenis hormon yang memyebabkan penyempitan pembuluh darah. Angiotensin sangat diperlukan oleh ketika tubuh menderita dehidrasi ekstrem atau kehilangan darah, tetapi hormon ini merupakan beban bagi tubuh kita apabila tekanan darah dalam keadaan normal. Di samping itu Kacang Tanah juga membantu meningkatkan penghasilan kadar oksida nitrat (nitric oxide) yang dapat membantu pembuluh darah rileks dan melebar dengan mudah.

4. Menjaga kesehatan Jantung

Kacang Tanah memiliki berbagai sifat  dan kandungan yang dapat berkontribusi bagi kesehatan jantung kita seperti mengandung lemak baik, Resveratrol dan berbagai mineral mikro lainnya yang memfasilitasi fungsi tubuh kita secara optimal. Dengan mengurangi potensi menyempitannya pembuluh darah dan membantu membersihkan darah dari kolesterol jahat.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin E dan berbagai Vitamin B yang dikandung oleh Kacang Tanah dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita. Kandungan lemak pada kacang tanah juga dapat membantu sel-sel kulit untuk memperkuat membran sel-selnya sehingga mampu mencegah kehilangan air yang berlebihan.

6. Membantu mencegah Kanker Perut

Meskipun setiap makanan dengan senyawa antioksidan yang cukup dapat berperan sebagai pencegahan kanker. Kacang Tanah memiliki kemampuan khusus untuk mencegah dan mengurangi risiko kanker lambung. Kacang memiliki banyak senyawa yang dikenal dengan polifenol, banyak diantaranya antioksidan. Menariknya, Kacang Tanah mengandung senyawa asam p-coumaric yang  dapat mengurangi pembentukan senyawa berbasis nitrogen beracun di perut (racun ini dikenal dengan nama nitrosamine). Nitrosamin banyak ditemukan pada produk-produk pengawetan daging.

7. Membantu Mencegah Depresi

Depresi memiliki hubungan genetik yang kuat dan juga merupakan hasil dari perubahan lingkungan dan neurologis terhadap bahan kimia otak. Faktor utama penyebab depresi adalah kurangnya hormone serotonin. Kacang Tanah mengandung Asam Animo Triptofan yang diperlukan untuk sintesis serotonin. Serotonin pada dasarnya adalah hormon yang membantu dalam meningkatkan suasana hati yang positif termasuk nafsu makan, perasaan dan kualitas tidur.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Tanah (Peanut) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Tanah (Peanut) bagi kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*