_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/04/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-islandia-iceland/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/profil-negara-islandia-iceland/negara-islandia/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/2943/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
April 27, 2018

Kandungan Gizi Mentimun (Cucumber) dan Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Mentimun dan Manfaat Buah Mentimun bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Mentimun (Cucumber) dan Manfaatnya bagi Kesehatan – Mentimun atau sering kita sebut dengan Ketimun atau Timun ini adalah jenis buah-buahan yang tergolong dalam suku Labu-labuan (Cucurbitacea) dan sering dihidangkan sebagai sayuran ataupun makanan penyegar. Secara ilmiah, Mentimun dikategorikan sebagai buah karena memiliki lapisan paling luar atau kulit (Exocarp), Lapisan tengah yang biasanya disebut dengan daging buah (Mesocarp), lapisan yang membungkus biji (Endocarp) dan Biji itu sendiri.

Buah Mentimun atau Ketimun ini dapat dimakan segar tanpa harus melalui proses pemanasan (masak) atau diolah menjadi Jus. Mentimun diyakini berasal dari Asia Selatan, namun telah banyak dibudidayakan diberbagai negara di dunia ini. Buah Mentimun yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Cucumber ini memiliki nama ilmiah “Cucumis sativus L”.

Kandungan Gizi Mentimun (Cucumber)

Selain memiliki kandungan air yang tinggi, Mentimun atau Ketimun juga mengandung berbagai Vitamin dan Mineral yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah nutrisi atau kandungan gizi Mentimun dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 15kcal
Karbohidrat 3,63g
Air 95,23g
Protein 0,65g
Gula 1,67g
Serat 0,5g
Lemak 0,11g
Vitamin C 2,8mg 3%
Vitamin K 16,4µg 16%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,027mg 2%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,033mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,098mg 1%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,259mg 5%
Vitamin B9 (Folat) 7µg 2%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,28mg 2%
Magnesium 13mg 4%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 147mg 3%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,2mg 2%

Manfaat Mentimun bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat Mentimun atau Timun bagi kesehatan kita.

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Mentimun mengandung Vitamin K yang cukup tinggi yaitu sekitar 16,4µg atau sekitar 16% angka kebutuhan kita terhadap Vitamin K. Vitamin K diyakini dapat membantu penyerapan kalsium sehingga dapat memberikan kontribusi terhadap kesehatan tulan dan mencegah terjadinya patah tulang dan masalah-masalah tulang lainnya.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Menurut Mentimun mengandung antioksidan Polifenol yang disebut dengan Lignan (pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol) yang dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, kanker rahim dan kanker prostat. Mentimun juga mengandung Fitonutrien yang disebut cucurbitacins, yang juga memiliki sifat anti-kanker.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Mentimun mengandung Silika yang merupakan komponen penting untuk menjaga kesehatan kulit serta memperkuat otot dan tulang. Kandungan air yang tinggi pada Mentimun juga dapat menjaga kelembaban pada kulit. Ekstrak Mentimun sering digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit seperti luka karena sinar matahari dan pembengkakan kulit dibawah mata. Asam askorbat dan caffeic yang terkandung di dalamnya juga dapat mencegah hilangnya air di dalam tubuh kita.

4. Mengendalikan Tekanan Darah

Sebuah Penelitian yang dilakukan oleh DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) terhadap orang-orang yang mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung magnesium, potasium, dan serat tinggi menunjukan bahwa tekanan darah mereka dapat turun ke tingkat yang normal. Mentimun merupakan makanan yang mengandung Magnesium, potasium, dan serat sehingga dapat membantu tubuh kita untuk mengendalikan tekanan darah.
Baca juga : Pengertian dan Klasifikasi Tekanan Darah.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam Mentimun seperti Magnesium dan Potasium memainkan peranan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung. Nutrisi-nutrisi atau gizi tersebut dapat meningkatkan fungsi Neurologis tubuh kita dan menjaga tekanan darah tubuh kita tetap terkendali. Mentimun juga mengandung Lignin yang disebut sebagai unsur anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita serta mengurangi terjadinya semua risiko yang terkait dengan penyakit kardiovaskular.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*