Kandungan Gizi Naga (Dragon Fruit) dan Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Naga (Dragon Fruit) dan Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan – Buah Naga adalah buah dari salah satu jenis kaktus yang berasal dari Amerika Tengah dan banyak dibudidayakan di Peru, Amerika Serikat dan negara-negara di Laut Karibia. Namun saat ini Buah yang kaya dengan Magnesium dan Zat Besi maupun serat ini telah tersebar di hampir seluruh dunia terutama pada negara-negara yang beriklim tropis dan subtropis.

Buah yang berbentuk bulat agak memanjang ini disebut sebagai buah Naga karena bentuknya menyerupai bola api Naga dalam tradisi dan budaya Tionghoa. Buah Naga dalam bahasa Inggris disebut dengan Dragon Fruit atau Pitaya. Sedangkan istilah ilmiah Buah Naga ini adalah Hylocereus.

Pada umumnya, terdapat 3 jenis spesies buah Naga yaitu :

  • Kulit buah berwarna merah dengan daging buah berwarna putih (Hylocereus undatus). Jenis ini merupakan jenis yang paling umum.
  • Kulit buah berwarna merah dengan daging buah berwarna merah (Hylocereus polyrhizus).
  • Kulit buah berwarna kuning dengan daging buah berwarna putih (Hylocereus megalanthus).

Kandungan Gizi Naga (Pitaya) dan Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Buah Naga (Dragon Fruit) per 100g

Berikut ini adalah kandungan gizi dalam buah Naga pada setiap 100 gramnya (3,5oz).

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 264kcal
Karbohidrat 82,14g
Serat 1,8g
Protein 3,57g
Vitamin C 9,2mg 11%
Kalsium 107mg 11%
Sodium 39mg 3%

 

Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Buah Tropis/subtropis ini memberikan banyak manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Beberapa manfaat Buah Naga tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Dapat Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Buah naga mengandung antioksidan seperti vitamin C, betacyanin, betaxanthins dan senyawa polifenol. Vitamin C merupakan bagian integral untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat karena membantu dalam membunuh patogen berbahaya dan mendorong pertumbuhan sel darah putih (sel kekebalan). Pigmen berwarna dalam buah naga yaitu betalains memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Antioksidan ini dapat mengais atau mengikat radikal bebas berbahaya yang dilepaskan selama stres atau reaksi metabolisme.

2. Dapat Menurunkan Kolesterol Dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Biji buah naga merupakan sumber yang kaya akan asam lemak tak jenuh esensial seperti asam linoleat dan linolenat. Lemak baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Seperti yang diketahui bahwa kelebihan Low Density Lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat dapat mengeraskan arteri Anda dan menyebabkan penyakit jantung. Kehadiran fitonutrien seperti likopen juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Usus

Buah naga dianggap baik untuk pencernaan karena kaya akan serat. Serat prebiotik membantu pertumbuhan bakteri baik (probiotik) seperti Lactobacilli dan Bifidobacteria di dalam tubuh. Bakteri ini memberi kita senyawa penting yang tidak dapat disintesis oleh tubuh kita. Serat makanan juga meningkatkan pergerakan usus dan mengobati kondisi seperti sembelit, sindrom iritasi usus besar dan masalah gastrointestinal.

4. Dapat Membantu Menstabilkan Gula Darah

Buah naga dapat menurunkan kadar gula darah. Ini bisa bermanfaat bagi orang-orang yang pra-diabetes atau diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa kontrol glikemik buah naga tergantung pada dosis. Ini berarti bahwa semakin banyak buah naga yang dikonsumsi, maka kadar gula darah akan menurun. Sifat hipoglikemik buah naga ini dapat membantu mengatur kadar glukosa dalam darah.

Namun, mengonsumsi terlalu banyak buah naga juga dapat menyebabkan efek buruk karena telah ditemukan menginduksi resistensi insulin pada tikus. Resistensi insulin dapat menyebabkan obesitas.

5. Dapat Mencegah Kanker

Buah naga mengandung karotenoid berpigmen seperti beta-karoten, likopen dan vitamin C yang berpotensi melawan kanker. Antioksidan seperti betalain dapat mengurangi stres oksidatif dan melawan sel kanker. Penelitian telah menemukan bahwa betacyanin yang ditemukan dalam buah naga dapat menghambat pertumbuhan dan penyebaran kanker payudara. Antioksidan ini juga dapat memperbaiki kerusakan sel.

6. Dapat Membantu Menekan Nyeri Arthritis

Secara tradisional, buah naga disarankan sebagai obat untuk orang yang menderita penyakit radang seperti radang sendi dan nyeri sendi. Buah naga memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Dengan demikian, dapat meredakan nyeri inflamasi yang disebabkan oleh arthritis.

7. Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan risiko degenerasi saraf. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak buah naga merah membantu meningkatkan memori dan kemampuan belajar setelah terpapar timbal.

Sumber referensi : Kandungan Gizi buah Naga per 100gram dikutip dari fdc.nal.usda.gov. Manfaat buah Naga bagi kesehatan diolah dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*