Kandungan Gizi Sayur Kale dan Manfaat Sayur Kale bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Sayur Kale dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Manfaat Sayur Kale dan Kandungan Gizi Sayur Kale – Sayur Kale adalah jenis sayuran yang termasuk dalam kelompok kubis (Brassica oleracea) yang ditanam untuk diambil daunnya. Sayur Kale ini memiliki daun yang hijau keriting, ada juga ada kelompok sayur Kale yang berwarna ungu kebiruan. Karena kultivar dan bentuknya ini, Sayur Kale sering disebut juga dengan Kubis Keriting dalam bahasa Indonesia.

Kubis Keriting atau Sayur Kale yang diyakini berasal dari Mediterania dan Asia kecil ini telah dibudidayakan sebagai makanan sejak tahun 2000SM dan saat ini telah menyebar ke berbagai negara yang memiliki iklim sejuk seperti Jepang, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Sayur Kale dapat dimakan segar maupun dimasak menjadi hidangan yang lezat di meja makan kita.
Baca juga : Kandungan Gizi Sayur Kembang Kol dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Ilmu Pengetahuan Umum

Kandungan Gizi Sayur Kale

Berikut ini adalah kandungan Gizi Sayur Kale dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 35kcal 2.0%
Karbohidrat 4,42g 3%
Serat 4,1g 11%
Air 89,63g
Protein 2,92g 5%
Lemak 1,49g 5%
Vitamin A 4812IU 160%
Vitamin C 93,4mg 156%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K 389,6µg 325%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,13mg 9%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,347mg 27%
Vitamin B3 (Niacin) 1,180mg 7%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,370mg 7%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,113mg 9%
Vitamin B9 (Folat) 62µg 15,5%
Kalsium 254mg 25%
Zat Besi 1,60mg 20%
Magnesium 33mg 8%
Manganese 0,920mg 40%
Fosfor 55mg 8%
Potassium (Kalium) 348mg 7%
Seng (Zinc) 0,39mg 3,5%
Isorhamnetin 23,6mg
Kaempferol 46,8mg
Quercetin 22,6mg

 

Manfaat Sayur Kale bagi Kesehatan

Sayur Kale mengandung berbagai mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat atau khasiat sayur Kale terhadap kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Sayur Kale adalah sumber utama vitamin K yang merupakan nutrisi penting untuk melindungi tulang. Seperti yang diketahui, Vitamin K diperlukan untuk pembentukan tulang, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin K dikaitkan dengan peningkatan risiko patah tulang dan osteoporosis. Seperti yang disebutkan di tabel atas, vitamin K yang terdapat pada setiap 100 gram sayur Kale telah dapat mencukupi sekitar 325% kebutuhan harian kita.

2. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Sayur Kale adalah kelompok sayur-sayuran (termasuk brokoli, kembang kol, kubis, bokchoy) yang mengandung senyawa alami yang terbukti menangkis berbagai penyakit kanker. Karena senyawa alami yang dikandung oleh sayur Kale ini memiliki Kemampuan untuk melindungi sel dari kerusakan dan mutasi DNA, menonaktifkan senyawa penyebab kanker, memperlambat pertumbuhan dan penyebaran kanker dan bahkan dapat memicu kematian sel kanker.
Baca juga : Kandungan Gizi Sayur Brokoli dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Antioksidan Zeaxanthin dan Lutein dalam sayur Kale melindungi Retina dan Lensa mata. Antioksidan tersebut juga telah terbukti mengurangi risiko dua kelainan mata yang umum yaitu degenerasi makula dan katarak.

4. Mencegah Peradangan

Sayur Kale adalah sumber antioksidan yang ampuh untuk mengurangi peradangan dan mencegah berbagai faktor pemicu penuaan dini. Antioksidan yang dikandungnya ini juga dapat membantu melawan stres oksidatif yang terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dengan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya ini.

5. Mengendalikan Kolesterol dan Menjaga Kesehatan Jantung

Sayur Kale telah terbukti mengurangi kolesterol dengan meningkatkan ekskresinya dan mencegah kolesterol diserap kembali dari saluran pencernaan ke dalam aliran darah. Sayur Kale juga membantu menangkis kerusakan pada dinding arteri, terutama di bagian dalam lengkungan dan lekukan yang paling rentan terhadap peradangan dan penumpukan plak yang mengeras.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Sayur Kale dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Sayur Kale ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*