_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/12/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
December 17, 2018

Kandungan Gizi Singkong dan Manfaat Singkong (Ubi Kayu) bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Singkong dan Manfaat Singkong (ubi kayu)

Kandungan Gizi Singkong dan Manfaat Singkong (Ubi Kayu) bagi Kesehatan – Singkong atau sering juga disebut dengan Ubi Kayu atau Ketela Pohon adalah makanan umbi-umbian yang mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Singkong atau Ubi Kayu ini banyak dijadikan makanan pokok di Negara-negara berkembang terutama di Negara-negara Amerika Selatan dan Afrika. Dalam bahasa Inggris, Singkong atau Ubi Kayu disebut dengan Cassava sedangkan dalam bahasa Ilmiah disebut dengan Manihot esculenta.

Ubi Kayu atau Singkong ini diyakini oleh para ahli berasal dari Amerika Selatan. Namun Negara yang menghasilkan Singkong terbesar adalah Nigeria yang terletak di Benua Afrika. Pada tahun 2013, Nigeria berhasil menghasilkan sekitar 47,4 juta ton Ubi Kayu. Singkong atau Ubi Kayu ini dapat dimakan dengan cara direbus atau diolah menjadi tepung singkong yang dapat menggantikan tepung gandum.

Kandungan Gizi Singkong

Berikut ini adalah kandungan gizi singkong pada setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 150kcal (670 kJ) 8%
Karbohidrat 38,1g 29%
Air 60g
Protein 1,4g 2,5%
Gula 1,7g
Serat 1,8g 4.0%
Lemak 0,3g 1%
Vitamin A 13UI <1%
Vitamin C 20,6mg 25%
Vitamin D
Vitamin E 0,19mg 1%
Vitamin K 1,9µg 1,5%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,087mg 8%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,048mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,854mg 6%
Vitamin B6 0,088mg 7%
Vitamin B9 (Folat) 27µg 7%
Kalsium 16mg 2%
Zat Besi 0,27mg 2%
Magnesium 21mg 6%
Fosfor 27mg 4%
Potassium (Kalium) 271g 6%
Sodium 14mg 1%
Seng (Zinc) 0,34mg 4%

 

Manfaat Singkong bagi Kesehatan

Selain dapat dijadikan makanan pokok yang kaya dengan karbohidrat dan Kalori, Singkong juga memiliki beberapa manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat Singkong bagi kesehatan kita.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Singkong dapat membantu menurunkan Kolesterol LDL yaitu kadar kolesterol sering dianggap sebagai Kolesterol Jahat. Selain itu, Singkong juga dapat membantu menurunkan kadar Trigliserida karena kandungan serat makanannya yang tinggi. Singkong adalah sumber saponin yang baik yang membantu menurunkan kadar kolesterol yang tidak sehat dalam aliran darah dengan mengikat asam empedu dan kolesterol sehingga mencegahnya diserap oleh usus kecil.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Potassium atau Kalium dalam Singkong (Ubi Kayu) berperan sebagai komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah. Potassium atau Kalium juga merupakan vasodilator yang membantu memperlebar pembuluh darah sehingga mengurangi tekanan darah.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Singkong atau Ubi Kayu mengandung Amilosa yang merupakan sumber karbohidrat kompleks utama yang secara perlahan dipecah oleh tubuh dan dapat meningkatkan rasa kenyang. Serat juga dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan mempertahankan rasa kenyang pada waktu yang relatif lama.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Singkong mengandung beberapa antioksidan seperti Vitamin C, Beta Karoten, dan Saponin yang memainkan peranan penting dalam mencegah radikal bebas masuk ke tubuh. Radikal Bebas dipercayai sebagai penyebab terbentuknya sel kanker. Antioksidan tersebut diketahui membantu tubuh melindungi sel-sel Anda dari kerusakan oleh radikal bebas dan memperbaiki DNA yang rusak. Sebuah studi tentang Fitoterapia dilakukan oleh para ilmuwan dari Universitas Tianjin menemukan bahwa Saponin yang terkandung oleh tanaman dapat membantu mencegah kanker. Studi ini dipublikasikan pada bulan Oktober 2010.

5. Membantu Meringankan Kecemasan dan Stres

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam umbi singkong dan daun juga diketahui dapat membantu tubuh dalam mengurangi kecemasan dan stress dengan cara meningkatkan perasaan dan suasana hati yang baik serta menyenangkan. Magnesium yang dikandung oleh singkong dikenal sebagai penghilang stres dan berperan dalam menenangkan sistem saraf.

6. Mencegah Anemia

Zat Besi atau Iron yang terkandung dalam Singkong atau Ubi Kayu ini dapat membantu tubuh untuk membentuk dua protein penting yaitu Hemoglobin (molekul protein dalam sel darah merah) dan Mioglobin (protein yang ditemukan di jantung dan otot) yang berfungsi untuk membantu membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Dengan dua protein penting ini, konsumsi singkong dapat membantu mencegah tubuh dari kekurangan zat besi yang menyebabkan anemia dan membantu proses dalam memperbarui sel darah merah.

7. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan

Ubi Kayu atau Singkong mengandung Serat yang  memainkan peranan dalam membantu meningkatkan sistem pencernaan kita dengan cara menyerap semua racun dari usus dan memungkinkan pengurangan peradangan. Oleh karena itu, mengkonsumsi singkong dapat menjadikan kita lebih sehat dan jauh dari masalah gastrointestinal.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Singkong dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Singkong bagi kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*