Kandungan Gizi Terung (Eggplant) dan Manfaat Terung bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Terung (Eggplant) dan Manfaat Terung bagi Kesehatan – Terung atau sering juga kita sebut dengan Terong adalah tumbuhan buah yang dijadikan makanan sayur-sayuran. Tumbuhan yang diyakini berasal dari India dan Sri Lanka ini saat ini telah dibudidayakan di berbagai daerah yang beriklim tropis dan subtropis. Terung merupakan keluarga dari Solanaceae atau Terong-terongan seperti tomat, ranti, takokak (terung pipit) dan cabe.

Buah Terung yang biasanya kita temui di Indonesia sebagai hidangan sayur-sayuran ini umumnya berwarna ungu dan putih dengan bentuk yang lonjong panjang sekitar 30cm dan berdiameter sekitar 3cm hingga 4cm. Buah yang sering disebut dengan Terong ini dapat dimakan mentah maupun dimasak dan disajikan sebagai sayur-sayuran yang lezat. Dalam bahasa Inggris, Terung disebut dengan Eggplant sedangkan dalam bahasa ilmiah disebut dengan Solanum melongena.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Tomat dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Terung (Terong) dan Manfaat Terong Bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Terung

Berikut ini adalah nutrisi atau kandungan gizi buah Terung (Terong) dalam setiap 100gram-nya.
Catatan : Kandungan Gizi dibawah ini adalah Kandugang Gizi Buah Terung Mentah.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 25kcal (104kJ)
Karbohidrat 5,88g
Gula 3,53g
Serat 3g
Air 92,3g
Protein 0,98g 2%
Lemak 0,18g 1%
Vitamin A
Vitamin C 2,2mg 3%
Vitamin D
Vitamin E 0,3mg 2%
Vitamin K 3,5µg 3%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,039mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,037mg 3%
Vitamin B3 (Niacin) 0,649mg 4%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,281mg 6%
Vitamin B6 0,084mg 6%
Vitamin B9 (Folat) 22µg 6%
Kalsium 9mg 1%
Zat Besi 0,23mg 2%
Magnesium 14mg 4%
Manganese 0,232mg 11%
Fosfor 24mg 3%
Potassium (Kalium) 229mg 5%
Seng (Zinc) 0,16mg 2%

 

Manfaat Terung Bagi Kesehatan

Buah Terung memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah terung bagi kesehatan kita.

1. Melindungi Tubuh dari Kanker

Polifenol dalam terung memiliki efek anti kanker. Antosianin dan asam klorogenik melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas serta mencegah pertumbuhan tumor dan penyebaran sel kanker. Buah Terung juga dapat membantu pembentukan sel darah putih dan juga merupakan sumber vitamin C yang sangat diperlukan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita.

2. Mencegah Anemia

Tidak mendapatkan zat besi yang cukup akan membahayakan kesehatan kita. Dalam beberapa kasus, kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, yang ditandai dengan perasaan lelah dan lemah yang disebabkan oleh tidak cukupnya sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh Anda. Mengonsumsi makanan seperti terong yang mengandung banyak zat besi dapat membantu kita menghindari berbagai penyakit seperti penyakit anemia ini.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Terong atau Terung sangat bermanfaat bagi orang yang menghadapi risiko degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik dalam terung membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan mineral dalam tulang. Selain itu, terong sangat kaya akan zat besi dan kalsium. Dan potasium dalam terong meningkatkan asupan kalsium. Jadi, mengonsumsi terong memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tulang.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan bahwa nasunin, yang merupakan antosianin yang ditemukan dalam kulit terong adalah antioksidan kuat yang melindungi membran sel otak dari kerusakan oleh radikal bebas. Penelitian juga menunjukkan bahwa antosianin (anthocyanin) dapat membantu mencegah peradangan saraf dan memperlancar aliran darah ke otak serta dapat membantu meningkatkan daya ingat dan mencegah masalah mental yang berkaitan dengan usia. Terung atau Terong ini juga dapat membantu memulihkan sel-sel otak yang rusak dan melindungi sel-sel.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa terong dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Dalam sebuah penelitian, kelinci dengan kolesterol tinggi diberi 10 ml jus terong setiap hari selama dua minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelinci ditemukan memiliki kadar kolesterol LDL dan trigliserida yang lebih rendah. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa terong atau terung mungkin memiliki efek perlindungan bagi jantung. Terong yang mengandung Potassium tinggi juga membantu menyeimbangkan kadar kolesterol dan menjaga tingkat tekanan darah pada tingkat yang sehat.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Seiring dengan semua manfaat terong ini, buah yang dijadikan menu sayuran ini juga sangat penting untuk kesehatan kulit dan rambut. Terung dapat membantu melindungi kulit karena terdapat sejumlah besar serat makanan dan juga berbagai vitamin yang dikandungnya. Terung juga dapat membersihkan tubuh dari radikal bebas dan sel-sel mati sehingga dapat membantu kulit tetap bersih dan murni.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Terung ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Terung atau Eggplant ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*