_ap_ufes{"success":true,"siteUrl":"ilmupengetahuanumum.com","urls":{"Home":"https://ilmupengetahuanumum.com","Category":"https://ilmupengetahuanumum.com/category/hewan-binatang/","Archive":"https://ilmupengetahuanumum.com/2018/12/","Post":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Page":"https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-isi-ilmu-pengetahuan-umum/","Attachment":"https://ilmupengetahuanumum.com/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/10-orang-terkaya-di-indonesia-2018/","Nav_menu_item":"https://ilmupengetahuanumum.com/home/","Custom_css":"https://ilmupengetahuanumum.com/mh_magazine/","Insertpostads":"https://ilmupengetahuanumum.com/insertpostads/inpage-ads/"}}_ap_ufee
December 17, 2018

Kandungan Gizi Ubi Jalar dan Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Ubi Jalar dan Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

Kandungan Gizi Ubi Jalar dan Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan – Ubi Jalar atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Sweet Potato adalah jenis tanaman umbi-umbian yang akarnya membentuk umbi dengan kadar karbohidrat yang tinggi. Oleh karena itu, ubi jalar juga dijadikan sebagai makanan pokok di beberapa negara terutama di negara-negara Benua Afrika. Selain umbinya, daun muda ubi jalar juga dapat dimasak menjadi sayuran yang lezat.

Tanaman yang diyakini berasal dari Benua Amerika Selatan ini dapat dibudidayakan dengan hanya menggunakan batang rambatnya sehingga dapat dikatakan bahwa cara menanam ubi jalar ini juga cukup mudah.  Ubi Jalar memiliki nama ilmiah yang disebut dengan istilah Ipomoea batatas L. Berdasarkan warna umbinya, Ubi Jalar dapat dibedakan menjadi Ubi Jalar Putih, Ubi Jalar Oren, Ubi Jalar Kuning dan Ubi Jalar Ungu.

Kandungan Gizi Ubi Jalar (Sweet Potato)

Selain mengandung Karbohidrat yang tinggi, Ubi Jalar atau Sweet Potato ini juga mengandung berbagai antioksidan dan Vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah kandungan gizi ubi jalar pada setiap 100gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 86kcal
Karbohidrat 20,1g
Air 77,28g
Protein 1,6g
Gula 4,2g
Serat 1,7g
Lemak 0,1g
Vitamin A 709µg 89%
Vitamin C 2,4mg 4%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,26mg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,078mg 7%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,061mg 5%
Vitamin B3 (Niacin) 0,557mg 4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,8mg 16%
Vitamin B9 (Folat) 11µg 3%
Kalsium 30mg 3%
Zat Besi 0,61mg 5%
Magnesium 25mg 7%
Fosfor 47mg 7%
Potassium (Kalium) 337mg 7%
Sodium 55mg 4%
Seng (Zinc) 0,3mg 3%

Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan

Ubi Jalar mengandung energi yang tinggi dan berbagai Mineral, antioksidan serta Vitamin yang tinggi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh kita.

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

Ubi Jalar merupakan makanan enak yang memiliki serat tinggi sehingga dapat meningkatkan sistem pencernaan. Selain itu, Ubi Jalar juga mengandung Vitamin B kompleks, Vitamin C, Beta Karoten, Potassium (Kalium) dan Kalsium yang dapat mengurangi  Gastritis. Sebagai pengetahuan tambahan, Gastritis adalah kondisi dimana lapisan lambung mengalami iritasi, peradangan atau pengikisan.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan gejala mata kering, kebutaan malam dan bahkan kehilangan penghilatan. Pada dasarnya, 1 Ubi Jalar yang kita konsumsi sudah dapat memenuhi kebutuhan Vitamin A kita sepanjang hari. Selain itu, Ubi Jalar juga mengandung antioksidan penting yang bisa memberikan kontribusi pada kesehatan organ penglihatan kita ini. Salah satu antioksidan yaitu Beta Karoten yang terkandung dalam ubi jalar ini telah terbukti dapat memperlambat degenerasi makula terkait usia, suatu kondisi yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Selain menjaga kesehatan mata, Vitamin A juga merupakan vitamin yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita, terutama dalam hal meningkatkan daya tahan tubuh kita. Vitamin A membantu merangsang produksi dan pertumbuhan sel kekebalan tubuh yang melawan penyakit dan infeksi serta membantu membunuh sel-sel yang berbahaya. Salah satu sumber makanan yang mengandung Vitamin A tertinggi adalah Ubi Jalar ini.
Baca juga : 10 Makanan yang Mengandung Vitamin A Tertinggi.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Radikal bebas dan Kerusakan Oksidatif pada sel sering dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit kanker. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti Karotenoid dapat menurunkan risiko penyakit-penyakit kanker seperti kanker perut, kanker ginjal dan kanker payudara. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa Ubi Jalar mengandung antioksidan kuat yang bisa menetralisir radikal bebas dan zat berbahaya yang dapat meningkatkan risiko kanker. Ubi Jalar merupakan makanan yang mengandung antioksidan yang sangat tinggi bahkan lebih tinggi dari Blueberry yang saat ini disebut-sebut sebagai buah-buahan yang memiliki antioksidan tertinggi.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi Jalar atau Sweet Potato mengandung Potassium (Kalium) dan Vitamin B6 yang dapat membantu mencegah serangan jantung dan Stroke. Ubi Jalar juga dapat menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit  dalam sel tubuh serta menjaga agar jantung dapat berfungsi dengan normal dan mengendalikan tekanan darah.

6. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Menurut penelitian Clinical Cancer Research di tahun 2004, Vitamin A yang terkandung dalam Ubi Jalar dapat membantu melindungi kulit dan rambut akibat kerusakan sinar matahari. Ubi Jalar juga mengandung Vitamin C dan Vitamin E yang dapat membantu menjaga kencantikan kulit serta mendorong pertumbuhan kulit dan kolagen yang sehat dan bersinar.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Ubi Jalar dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat Ubi Jalar bagi Kesehatan ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*