June 18, 2019

Manfaat Buah Belimbing dan Kandungan Gizi Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing dan Kandungan Gizi Buah Belimbing – Buah Belimbing adalah buah tropis yang berbentuk seperti bintang dengan rasa manis dan asam. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Carambola atau Star Fruit ini merupakan buah dari tanaman asli dari Indonesia, Sri lanka dan India yang telah banyak dibudidayakan di kawasan Asia Tenggara, Tiongkok, Amerika Selatan dan Kepulauan-kepulauan di samudera Pasifik.

Seperti namanya dalam bahasa Inggris yaitu Star Fruit yang artinya adalah buah bintang, Buah Belimbing yang berwarna kuning kehijauan saat matang ini apabila dipotong melintang akan menampilkan bentuk seperti bintang. Buah Belimbing biasanya dimakan segar atau bisa juga diawetkan atau diolah menjadi Jus Belimbing. Nama ilmiah buah belimbing adalah Averrhoa Carambola.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Belimbing

Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi Buah Belimbing dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 128kJ (31kcal)
Karbohidrat 6,73g
Air 91,4g
Protein 1,04g
Gula 3,98g
Serat 2,8g
Lemak 0,33g
Vitamin A 66µg
Vitamin C 34,4mg 41%
Vitamin D
Vitamin E 0,15mg 1%
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine) 0,014mg 1%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,016mg 1%
Vitamin B3 (Niacin) 0,367mg 2%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,391mg 8%
Vitamin B6 0,017mg 1%
Vitamin B9 (Folat) 12µg 3%
Choline 7,6mg 2%
Kalsium 3mg 0%
Zat Besi 0,08mg 1%
Magnesium 10mg 3%
Fosfor 12mg 2%
Potassium (Kalium) 133mg 3%
Sodium 2mg 0%
Seng (Zinc) 0,12mg 1%

 

Manfaat Buah Belimbing bagi Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah belimbing bagi kesehatan tubuh kita. Namun perlu diketahui bahwa belimbing mengandung asam oksalat (oxalate) yang berbahaya bagi orang yang bermasalah ginjal sehingga tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Belimbing mengandung Jumlah natrium dan kalium (potassium) yang tinggi sehingga dapat bertindak sebagai elektrolit dalam tubuh kita yang membantu menjaga tekanan darah serta memastikan jantung berdetak dengan teratur dan aliran darah yang sehat. Selain itu, kalium dapat secara efektif mengendalikan kadar tekanan darah. Tekan darah adalah salah satu faktor penyebab terjadinya masalah kardiovaskular.

2. Anti-inflamasi (Anti Peradangan)

Kandungan antioksidan dan flavonoid yang tinggi dalam buah ini menjadikannya anti-inflamasi yang baik untuk berbagai gangguan kulit termasuk psoriasis dan dermatitis. Sumber vitamin C yang kaya juga membantu membuang toksin dan menghasilkan kolagen. Kolagen adalah komponen penting yang memperbaiki dan membentuk tulang, arteri, dan pembuluh darah.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah belimbing kaya akan vitamin C, vitamin yang larut dalam air yang dianggap sebagai salah satu anti-oksidan terbaik bagi tubuh. Buah Belimbing menyediakan 34,4 mg Vitamin C yang merupakan 57% dari kebutuhan kita sehari-hari. Karena Vitamin C merupakan antioksidan yang kuat, maka buah belimbing yang kaya akan Vitamin C ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan dingin, flu, dan infeksi umum lainnya.

Cara antioksidan untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh adalah dengan membersihkan racun dan radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh kita sebagai akibat dari paparan lingkungan dan sistem metabolisme internal. Seperti yang kita ketahui Radikal bebas ini bertanggung jawab atas penyakit degeneratif dan kronis.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Ahli gizi pada umumnya mendorong setiap orang untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat. Hal ini dikarenakan serat dapat membantu meringankan masalah atau gangguan pencernaan dalam tubuh kita. Buah Belimbing mengandung Serat tinggi yang dapat mengatasi berbagai masalah dan gangguan pencernaan seperti pergerakan usus yang tidak teratur. Selain itu, serat memungkinkan pertumbuhan bakteri yang baik untuk melawan infeksi pada usus besar. Infeksi usus besar merupakan salah satu penyebab gangguan pada sistem pencernaan tubuh kita.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A adalah vitamin esensial untuk menjaga alat indera penglihatan ini. Vitamin A yang terdapat pada buah Belimbing dapat menangkal faktor-faktor yang menyebabkan masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula.

6. Anti-inflamasi

Kita bisa mendapatkan gizi atau nutrisi seperti saponin, flavonoid, dan vitamin C dari satu porsi buah Belimbing. Nutrisi tersebut penting untuk menangkal berbagai peradangan dalam tubuh kita. Jika tidak diobati tepat waktu, radang ini dapat mengakibatkan berbagai penyakit kronis yang terkait dengan kesehatan jantung, pernapasan dan lambung.

7. Mencegah Penyakit Kanker

Sebuah hasil Penelitian yang diterbitkan oleh jurnal “Advances in Pharmacological Sciences” menyatakan bahwa buah belimbing dapat dikembangkan menjadi suplemen  alami yang efektif dalam melawan kanker. Ada juga Penelitian lain yang menyoroti kapasitas antioksidan dari buah belimbing menyatakan bahwa kulit buah ini merupakan sumber antioksidan yang tinggi. Selain itu, serat dalam buah belimbing akan membersihkan usus besar dan mengurangi tingkat toksisitas sehingga membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Buah Belimbing (Starfruit) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buah Belimbing (Starfruit) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*