Manfaat Buah Cranberry (Kranberi) dan Kandungan Gizi Buah Cranberry

Manfaat Buah Cranberry (Kranberi) dan Kandungan Gizi Buah Cranberry – Cranberry adalah buah yang termasuk dalam golongan buah beri yang kaya akan fitonutrien (senyawa tanaman alami) terutama antioksidan Proanthocyanidin yang sangat bermanfaat banyak kesehatan tubuh kita. Buah yang berukuran kecil dan berwarna merah ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk segar maupun diolah menjadi Jus Cranberry ataupun dikeringkan dan juga diolah sebagai selai Cranberry.

Buah Cranberry dalam bahasa Indonesia biasanya disebut dengan buah Kranberi . Jenis Cranberry yang terdapat di benua Eropa biasanya adalah jenis Vaccinium oxycoccos sedangkan jenis yang banyak ditemukan di Amerika Utara adalah jenis Vaccinium macrocarpon. Buah Cranberry yang berasal dari tanaman rambat ini umumnya hanya dapat dibudidayakan di wilayah yang beriklim dingin di belahan utara bumi kita.
Baca juga : Kandungan Gizi Strawberry (Stroberi) dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi atau Nutrisi Buah Cranberry

Berikut ini adalah kandungan gizi atau nutrisi Buah Cranberry (Kranberi) pada setiap 100 gramnya.
Catatan : Cranberry jenis Vaccinium Macrocarpon, segar.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)46kcal2,3%
Karbohidrat12,2g9%
Serat4,6g12%
Air
Protein0,4g1%
Lemak0,13g<1%
Vitamin A60IU2%
Vitamin C13,3mg22%
Vitamin D
Vitamin E1,2mg8%
Vitamin K5,1µg4%
Vitamin B1 (Thiamine)0,012mg1%
Vitamin B2 (Riboflavin)0.02mg2%
Vitamin B3 (Niacin)0,101mg1%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,295mg6%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,057mg4%
Vitamin B9 (Folat)1µg<1%
Kalsium8mg1%
Zat Besi0,25mg3%
Magnesium6mg1,5%
Manganese0,360mg16%
Fosfor13mg2%
Potassium (Kalium)85mg2%
Seng (Zinc)0,10mg1%
Carotene-ß36µg
Lutein-zeaxanthin91µg

 

Manfaat Buah Cranberry bagi Kesehatan

1. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih atau disingkat dengan ISK yang paling sering ditemukan adalah disebabkan oleh bakteri E.coli yang menempel pada permukaan bagian dalam kandung kemih dan saluran kemih. Buah Cranberry mengandung Fitonutrien yang dikenal sebagai Proanthocyanidins tipe-A dapat mencegah bakteri E. coli menempel pada lapisan kandung kemih dan saluran kemih tersebut. Oleh karena itu, Buah Cranberry dapat dijadikan sebagai makanan yang bertindak untuk mencegah penyakit Infeksi Saluran Kemih. Namun penelitian ini masih diperlukan lebih banyak pembuktian dan perlu diingat bahwa buah Cranberry tidak secara efektif mengobati infeksi namun hanya mengurangi risiko terkenanya penyakit ISK ini.

2. Menjaga Kesehatan jantung

Salah satu manfaat buah Cranberry adalah dapat meningkatkan kolesterol baik, meningkatkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung. Ada juga Penelitian yang telah menemukan bahwa minum jus Cranberry setiap hari dapat secara signifikan mengurangi kadar Trigliserida. Perlu diketahui bahwa Trigliserida merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit kardiovaskular. Buah Cranberry mengandung antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menjaga Kesehatan Jantung.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah Cranberry baik untuk usus kita, usus yang sehat sangat penting untuk kesehatan keseluruhan tubuh kita seperti meningkatkan daya tahan tubuh, umur panjang dan penuaan yang sehat. Senyawa yang disebut Proanthocyanidins memberikan warna cranberry yang cerah dan juga berfungsi sebagai agen anti-mikroba. Senyawa tersebut dapat membantu mencegah bakteri jahat seperti E. coli yang merusak usus kita dan juga dapat memperkuat penghalang usus dan mengurangi peradangan di dalam dan sekitar saluran pencernaan Anda. Proanthocyanidins juga dapat menjadi faktor dalam efek positif cranberry pada kesehatan saluran kemih dan jantung seperti yang telah disebutkan diatas.

4. Dapat Membantu Mencegah Kanker Tertentu

Penelitian menunjukkan bahwa Buah Cranberry mengandung zat pelawan kanker yang mungkin dapat membantu dalam mencegah pertumbuhan sel kanker payudara, usus besar, paru-paru dan prostat. Penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa Buah Cranberry dapat membantu memperlambat perkembangan tumor dan menghambat pertumbuhan sel kanker.  Ditambah lagi dengan kandungan antioksidan yang kuat dan sifat anti-inflamasinya, Buah Cranberry dapat membantu menurunkan risiko beberapa jenis kanker yang paling umum. Oleh karena itu, buah Cranberry sering dianggap sebagai makanan yang dapat melawan kanker.

5. Mengurangi Peradangan dan Melawan Radikal Bebas

Peradangan adalah akar dari banyak kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, penyakit autoimun, kanker, diabetes dan banyak lagi. Untungnya, makanan anti-inflamasi seperti cranberry dapat membantu memerangi peradangan secara alami berkat kandungan antioksidannya yang kaya. Antioksidan adalah senyawa yang ditemukan dalam makanan yang memiliki warna-warna cerah, seperti warna merah tua pada buah Kranberi ini. Seperti yang diketahui kita bahwa Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah sejenis senyawa yang dapat menumpuk seiring dengan waktu sehingga menyebabkan peradangan dan kerusakan oksidatif pada sel yang kemudian dapat meningkatkan risiko penyakit kronis. Mengonsumsi makanan kaya antioksidan seperti cranberry adalah cara mudah untuk melawan efek radikal bebas dan meredakan peradangan.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi buah Cranberry ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat buah Cranberry ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*