Manfaat Buah Delima dan Kandungan Gizi Buah Delima

Kandungan Gizi Buah Delima dan Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Manfaat Buah Delima dan Kandungan Gizi Buah Delima – Buah Delima adalah buah bulat dengan kulit keras yang berwarna merah kuning mengkilap. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Pomegranate ini memiliki biji yang berbentuk seperti permata yang dikenal dengan sebutan Arils. Biji-biji Delima dapat dimakan mentah maupun diolah menjadi Jus Delima.

Secara Botani, buah Delima merupakan keluarga dari Lythraceae. Sebutan ilmiah buah Delima adalah Punica granatum. Buah yang diyakini berasal dari Iran dan India Utara ini telah menyebar ke seluruh wilayah Mediterania dan telah banyak dibudidayakan di berbagai daerah yang beriklim subtropis dan tropis seperti Tiongkok bagian Selatan, Asia Tenggara, Asia Selatan, Timur Tengah, wilayah Mediterania dan Afrika Utara.

Kandungan Gizi Buah Delima (Pomegranate)

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Buah Delima dalam setiap 100 gramnya.
(Kandungan Buah Delima mentah)

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 83kcal (346kJ) 4%
Karbohidrat 18,7g 14%
Air 77.93g
Protein 1,67g 3%
Gula 13,67g
Serat 4g 11%
Lemak 1,17g 6%
Vitamin A 0 IU 0%
Vitamin C 10,2mg 12%
Vitamin D
Vitamin E 0,6mg 4%
Vitamin K 16,4µg 16%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,067mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,053mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,293mg 2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,377mg 8%
Vitamin B6 0,075mg 6%
Vitamin B9 (Folat) 38µg 10%
Kalsium 10mg 1%
Zat Besi 0,3mg 2%
Magnesium 12mg 6%
Manganese 0,119mg 6%
Fosfor 36mg 5%
Potassium (Kalium) 236mg 5%
Sodium 3mg 0%
Seng (Zinc) 0,35mg 4%

Baca juga : Jenis-jenis Vitamin dan Fungsinya.

Manfaat Buah Delima bagi Kesehatan

Buah Delima atau Pomegranate mengandung berbagai nutrisi atau gizi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Delima bagi kesehatan kita.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sebuah hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa buah Delima dapat mencegah oksidasi kolesterol LDL dalam tubuh. Asupan jus delima secara teratur dapat menjaga aliran darah yang baik ke dalam tubuh sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Komponen antioksidan dalam buah ini membantu menghindari penumpukan kolesterol jahat dan dengan demikian menjaga pengumpalan pada arteri. Gumpalan pada arteri ini jelas sangat berbahaya bagi kesehatan karena berpotensi menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

2. Mencegah Penyakit Kanker

Buah Delima mengandung antioksidan Flavonoid yang tinggi. Flavonoid ini dikenal efektif dalam menangkal berbagai radikal bebas yang menyebabkan penyakit kanker. Berdasarkan penelitian dari American Cancer Society, Konsumsi buah delima secara teratur dapat mengurangi kadar PSA dalam tubuh dan juga untuk membantu memerangi sel kanker yang berada dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menunjukkan sifat antikanker buah delima yang dapat membantu mencegah penyebaran kanker dan juga menginduksi apoptosis. Penelitian lain menunjukkan bahwa minyak biji buah delima kaya akan senyawa yang memiliki potensi antioksidan dan anti-inflamasi dan dapat menghambat kelangsungan hidup sel kanker payudara.

3. Mengobati Anemia

Aliran darah yang sehat dapat dipertahankan dalam tubuh dengan mengonsumsi buah delima ini. Buah Delima memasok zat besi ke darah sehingga dapat membantu mengurangi gejala anemia seperti kelelahan, pusing, lemah dan gangguan pendengaran.

4. Mencegah Osteoartritis

Osteoarthritis adalah suatu kondisi yang menyebabkan sendi-sendi terasa sakit, kaku dan bengkak. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Syed Ahmed, Divisi Penyakit Rematik, Case Western University, Cleveland Amerika Serikat mengungkapkan bahwa efek anti-inflamasi buah delima dapat menghambat degradasi tulang rawan pada osteoartritis. Buah Delima membantu mengurangi banyak penyakit, termasuk aterosklerosis dan osteoartritis. Kerusakan yang disebabkan karena penebalan dan pengerasan dinding arteri dan di tulang rawan dan sendi dapat disembuhkan dengan memakan buah-buahan ini. Di samping itu, Buah Delima juga mampu mencegah penciptaan enzim yang bertanggung jawab untuk memecah jaringan ikat di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah Delima yang mengandung senyawa anti-inflamsi tinggi sangat sehat bagi mereka yang menderita gangguan terkait kekebalan tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteroarthrits. Buah yang berkulit kerat ini juga kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan produksi antibodi dan membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh kita. Dengan demikian, buah Delima dapat membantu kita untuk menghindari berbagai penyakit umum dan infeksi.

6. Menurunkan tingkat stres

Selain mengurangi stres oksidatif internal tubuh kita, buah delima juga membantu menurunkan stres psikologis yang kita alami dalam kehidupan pribadi. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Queen Margaret, orang yang minum jus buah delima memiliki kadar kortisol yang lebih rendah. Perlu diketahui bahwa hormon Kortisol (Cortisol) ini akan meningkat apabila tubuh kita mengalami stress (tekanan) baik secara emosional maupun secara fisik. Hormon Kortisol sering juga disebut dengan Hormon Stres.

7. Membantu Memperlancar Sistem Pencernaan

Kita semua tahu bahwa serat baik untuk pencernaan. Memasukan Buah Delima ke dalam makanan sehari-hari kita dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk memasukkan serat ke dalam rutinitas harian kita. Satu buah Delima mengandung 45 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Buah Delima (Pomegranate) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Delima (Pomegranate) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*