Manfaat Buah Kesemek dan Kandungan Gizi Buah Kesemek

Manfaat Buah Kesemek dan Kandungan Gizi Buah Kesemek (Persimmon)

Manfaat Buah Kesemek dan Kandungan Gizi Buah Kesemek – Buah Kesemek atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Persimmon adalah buah yang berbentuk bulat oval dengan warna kuning keemasan. Buah yang diyakini berasal dari Asia Timur ini memiliki daging yang manis dan lezat untuk dimakan serta mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Buah Kesemek yang sudah matang akan berwarna jingga (oren) seperti jeruk dan dapat dimakan segar seperti buah-buahan lainnya. Nama ilmiah Buah Kesemek adalah Diospyros kaki.

Kandungan Gizi Buah Kesemek

Berikut ini adalah Kandungan Gizi buah Kesemek atau buah Persimmon dalam setiap 100 gramnya.
(Buah Kesemek jenis Diospyros kaki (Persimmon Jepang) matang segar tanpa dimasak)

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori 293kJ (70kcal) 3,5%
Karbohidrat 18,59g 14%
Air 80,32g
Protein 0,58g 1%
Gula 12,53g
Serat 3,6g 9,5%
Lemak 0,19g 1%
Vitamin A 81µg 10%
Vitamin C 7,5mg 9%
Vitamin D
Vitamin E 0,73mg 5%
Vitamin K 2,6µg 2%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,03mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,02mg 2%
Vitamin B3 (Niacin) 0,1mg 1%
Vitamin B6 0,1mg 8%
Vitamin B9 (Folat) 8µg 2%
Choline 7,6mg 2%
Kalsium 8mg 1%
Zat Besi 0,15mg 1%
Magnesium 9mg 3%
Fosfor 17mg 2%
Potassium (Kalium) 161mg 3%
Sodium 1mg 0%
Seng (Zinc) 0,11mg 1%

 

Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan

Buah Kesemek atau Buah Persimmon mengandung nutrisi atau gizi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Berikut ini adalah beberapa Manfaat Buah Kesemek bagi Kesehatan tubuh kita.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Apel dan Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Hati (Liver)

Buah yang berwarna Oren pada saat matang ini mengandung antioksidan yang tinggi. Antioksidan diyakini dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, Buah Kesemek ini memiliki potensi yang cukup untuk mengendalikan efek yang beracun dan mengurangi kerusakan sel pada tubuh kita atau biasanya kita sebut dengan detoksifikasi sehingga mampu memelihara hati atau liver kita.

2. Meningkatkan Aktivitas Metabolik

Kesemek mengandung unsur vitamin B kompleks seperti piridoksin, asam folat, dan tiamin yang semuanya merupakan bagian penting dari berbagai proses enzimatik dan fungsi metabolisme di seluruh tubuh. Elemen-elemen ini memastikan bahwa sistem tubuh kita berfungsi secara efisien dan efektif sehingga meningkatkan metabolisme tubuh kita secara keseluruhan. Dr. Long-Gang Zhao, Dr. Quing-Li-Zhang, dkk menerbitkan sebuah penelitian di Scientific Reports Journal, yang menyatakan bahwa beta-karoten yang terdapat dalam buah Kesemek dapat mencegah gangguan metabolisme. Selanjutnya, buah Kesemek dapat meningkatkan tingkat energi, meningkatkan tonus otot dan meningkatkan pencernaan.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Selain Wortel yang kita kenal kaya akan Vitamin A, buah Kesemek juga memiliki Vitamin A dan Likopen (lycopene) dalam jumlah besar yang mampu melindungi mata kita dari berbagai masalah kesehatan. Beberapa penelitian menyatakan bahwa buah Kesemek dapat membantu orang untuk menghindari perkembangan penyakit katarak.

4. Mengendalikan Tekanan Darah dan Menjaga Kesehatan Jantung

Buah Kesemek mengandung Kalium atau Postasium dalam jumlah yang cukup signifikan. Kalium atau Potasium ini dapat bertindak sebagai vasodilator dan menurunkan tekanan darah sehingga meningkatkan aliran darah ke berbagai bagian tubuh. Tekanan darah rendah juga mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular dan mencegah berbagai penyakit jantung terjadi. Kesemek juga mengandung berbagai senyawa organik vasolidasi yang semakin menurunkan tekanan darah, menjadikannya buah yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

5. Memiliki Sifat Anti-Kanker

Buah yang lezat ini mengandung antioksidan dan agen anti-kanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk melawan radikal bebas sehingga mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindungi tubuh kita terhadap berbagai penyakit. Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat mengubah sel sehat menjadi sel kanker dan merusak berbagai sistem organ. Buah Kesemek memiliki kadar vitamin C dan A, beta-karoten dan flavonoid yang tinggi serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechin  yang terkait untuk mencegah berbagai jenis kanker. Dr. Naresh Kumar, Dr. Masood Sadiq Butt, dkk menerbitkan sebuah penelitian di Jurnal Ilmu Eksperimental dan Klinis (Experimental and Clinical Sciences Journal) menunjukkan bahwa buah ini memiliki karotenoid dan katekin yang memiliki perspektif antikanker terhadap berbagai jenis sel kanker.

6. Mengurangi Stres

Stres adalah pintu masuk bagi banyak penyakit yang mengancam jiwa. Untuk mengatasi ini, tidak ada yang lebih penting daripada menjalankan gaya hidup sehat sering berolahraga dan makan makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah Kesemek adalah jenis makanan yang baik untuk menghilangkan semua tekanan harian dialami oleh tubuh Anda serta menjaga pikiran Anda tetap segar dan positif. Mengkonsumsi makanan yang tidak sehat hanya akan menambah berat badan Anda, yang merupakan penyebab utama stres. Menambahkan Buah Kesemek pada diet kita dapat menyelesaikan permasalahan ini. Hal ini karena buah Kesemek memiliki hampir semua antioksidan penting, mineral dan vitamin yang dapat mencegah kerusakan akibat stres pada tubuh kita.

7. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh Yang Kuat

Kekebalan tubuh yang kuat sangat penting untuk menjaga agar virus-virus yang bahaya bagi kesehatan tidak menyerang tubuh kita dan menjaga tubuh kita tetap dalam kondisi. Selain itu, dengan kekebalan yang kuat, kita cenderung dapat menghindari penyakit pilek dan flu. Dan alasan lain, buah Kesemek yang mengandung vitamin C tinggi ini dapat menjadi alternatif dari pengobatan tradisional yang digunakan untuk mengobati pilek. Terlepas dari vitamin C, buah rasa manis ini juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk membangun kekebalan yang lebih kuat.

8. Meningkatkan Kelancaran Sistem Pencernaan

Buah Kesemek adalah buah yang kaya serat yang dikenal untuk mengatur pergerakan usus dan juga Tanin yang berfungsi untuk mengendalikan pergerakan usus dan mencegah diare. Oleh karena itu, buah Kesemek merupakan buah yang sangat baik untuk meningkatkan kelancaran sistem pencernaan kita.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Buah Kesemek (Persimmon) dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kesemek (Persimmon) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*