Manfaat Buah Manggis dan Kandungan Gizi Buah Manggis

Manfaat Buah Manggis dan Kandungan Gizi Buah Manggis – Buah Manggis adalah buah tropis yang memiliki rasa manis dengan daging yang berwarna putih, sedangkan kulitnya berwarna merah keunguan saat matang. Buah yang sering dijuluki buah Ratu ini diyakini berasal dari wilayah semenanjung Malaya kemudian menyebar ke negara-negara yang beriklan tropis seperti Indonesia, Thailand  dan India.

Dalam Bahasa Inggris Buah Manggis disebut dengan Mangosteen sedangkan nama ilmiahnya adalah Garcinia mangostana. Bagian buah Manggis yang dimakan biasanya adalah bagian isi dagingnya yang berwarna putih sedangkan kulitnya yang berwarna merah keunguan ini biasanya diolah menjadi supplemen herbal.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Mangga dan Kandungan Gizinya.

Manfaat Buah Manggis dan Kandungan Gizi Buah Manggis

Kandungan Gizi Buah Manggis

Berikut ini adalah kandungan gizi atau nutrisi Buah Manggis dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)73kcal (305kJ)3,5%
Karbohidrat17,91g14%
Serat1,8g4,5%
Air80,94g
Protein0,41g1%
Lemak0,58g3%
Vitamin A35IU1%
Vitamin C2,9mg3%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine)0,054mg5%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,054mg5%
Vitamin B3 (Niacin)0,286mg2%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,032mg1%
Vitamin B60,018mg1%
Vitamin B9 (Folat)31µg8%
Kalsium12mg1%
Zat Besi0,3mg2%
Magnesium13mg4%
Manganese0,102mg5%
Fosfor8mg1%
Potassium (Kalium)48mg1%
Seng (Zinc)0,21mg2%

 

Manfaat Buah Manggis bagi Kesehatan

Buah Manggis merupakan buah manis yang memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah manggis bagi kesehatan kita.

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Xanthones adalah senyawa penting yang terdapat pada buah manggis. Xanthones yang ditambah dengan vitamin C dapat ditemukan dalam buah manggis ini sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Senyawa Xanthones bekerja memerangi radikal bebas sedangkan Vitamin C meningkatkan produksi dan fungsi leukosit atau sel darah putih yang bertanggung jawab terhadap sistem imunitas tubuh manusia.

2. Mengendalikan Tekanan Darah dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah Manggis mengandung sejumlah kalium, tembaga, magnesium dan mangan yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Kalium dapat menghilangkan efek negatif yang ditimbulkan oleh kelebihan asupan garam (natrium). Dengan demikian,  juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan mempertahankan detak jantung normal dan menjaga risiko serangan jantung. Buah Manggis juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Sifat tinggi antibakteri dan antimikroba dari buah manggis dan juga senyawa Xanthone yang dikandungnya ini dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kulit dengan cara memperbaiki sel-sel kuit yang rusak. Vitamin C yang terkandung dalam buah Manggis juga dapat meningkatkan kesehatan kulit. Manggis juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan yang disebabkan oleh stres oksidatif karena radikal bebas. Antioksidan Catechin yang dikandung oleh buah Manggis ini juga sangat bermanfaat bagi kulit Anda dengan mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan.

4. Memperlancar Sistem Pencernaan

Buah Manggis merupakan buah yang kaya serat. Oleh karena itu, buah Manggis dapat membantu mengatasi sembelit dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Mengkonsumsi Pericarp dan kulit buah dapat secara efektif mengatasi diare dan disentri. Komposisi serat yang tinggi dari buah manggis juga dapat meningkatkan asupan prebiotik sehingga sangat bagus untuk usus kita.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Manggis (Mangosteen) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Gizi Buah Manggis (Mangosteen) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*