Manfaat Buah Markisa dan Kandungan Gizi Buah Markisa

Manfaat Buah Markisa dan Kandungan Gizi Buah Markisa – Buah Markisa adalah buah tropis dan sub tropis yang memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Buah yang berasal dari keluarga Passiflora yaitu keluarga memanjat ini berbentuk bulat hingga lonjong dan memiliki biji yang berselaput kuning. Terdapat dua jenis buah Markisa di Indonesia, yaitu buah Markisa berwarna Ungu atau passiflora edulis dan buah Markisa yang berwarna kuning atau passiflora flavicarva. Dalam bahasa Inggris, buah Markisa disebut dengan Passion Fruit.

Buah Markisa yang sudah banyak dibudidayakan di berbagai negara yang berada kawasan tropis dan subtropis ini biasanya dimakan segar beserta bijinya ataupun diolah menjadi jus buah Markisa. Buah Markisa memiliki citarasa manis asam sehingga banyak orang yang menyukainya.
Baca juga : Kandungan Gizi Buah Kiwi dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Manfaat Buah Markisa dan Kandungan Gizi Buah Markisa

Kandungan Gizi Buah Markisa

Berikut ini adalah kandungan Gizi Buah Markisa di setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)97kcal5.0%
Karbohidrat23,38g18%
Serat10,40g27%
Air72,93g
Gula11,2g
Protein2,20g4%
Lemak0,70g3%
Vitamin A1272IU43%
Vitamin C30mg50%
Vitamin D
Vitamin E0,02µg<1%
Vitamin K0,7mg0,5%
Vitamin B1 (Thiamine)0mg0%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,130mg10%
Vitamin B3 (Niacin)1,5mg9%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,100mg8%
Vitamin B9 (Folat)14µg3%
Kalsium12mg1,2%
Zat Besi1,60mg20%
Magnesium29mg7%
Fosfor68mg10%
Potassium (Kalium)348mg7%
Seng (Zinc)0,10mg1%
Carotene-ß743µg
Crypto-xanthin-ß41µg

 

Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan

Buah yang memiliki rasa Manis Asam ini mengandung berbagai gizi atau nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Markisa bagi Kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan riboflavin (Vitamin B6) dan niacin (Vitamin B3) dalam buah Markisa mampu membantu mengatur aktivitas tiroid dalam tubuh kita. Ini juga mencegah pengerasan dinding arteri jantung (atherosclerosis) sehingga dapat menjaga fungsi jantung kita berjalan dengan lancar. Senyawa Fenolik dan Alkaloid juga dapat membantu meredakan kecemasan dan mengobati Insomnia hingga tingkat tertentu.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Passion Fruit atau Buah Markisa mengandung Vitamin C yang tinggi serta beta-cryptoxanthin dan alpha-karoten yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C berfungsi untuk merangsang aktivitas sel darah putih serta sistem kekebalan tubuh lainnya, melindungi tubuh kita dari penyakit-penyakit umum dan penyakit serius lainnya.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah markisa adalah sumber serat yang baik.  Serat adalah komponen penting dari diet sehat karena merupakan zat yang mempercepat pencernaan makanan yang sehat dan mengatur pergerakan usus. Buah Markisa adalah sumber serat larut yang bertindak sebagai pencahar massal, memindahkan makanan melalui saluran pencernaan dan mengurangi waktu pemaparan usus besar ke racun apa pun. Serat pada Buah Markisa juga dapat mengurangi tanda-tanda sembelit dengan mengatur gerakan usus, membersihkan pembuluh darah bersih dari kolesterol berlebih dan bahkan mencegah penyakit yang berhubungan dengan pencernaan seperti kanker kolorektal.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Buah markisa dapat membantu kita tidur dengan lebih nyenyak di malam hari. Hal ini dikarenakan  Buah Markisa mengandung magnesiumnya yang tinggi yaitu mineral penting yang secara langsung terkait dengan peningkatan kualitas, durasi dan ketenangan tidur. Buah markisa juga membantu mengatur metabolism tubuh serta untuk membantu mengurangi gangguan tidur dan terjadinya insomnia.

5. Menjaga kesehatan Mata dan Meningkatkan Penglihatan

Seperti yang kita ketahui bahwa buah-buahan atau sayuran apa pun yang mengandung vitamin A akan baik untuk kesehatan indera penglihatan kita yaitu mata. Selain itu, flavonoid yang merupakan salah satu antioksidan aktif yang ditemukan dalam buah Markisa dapat  berfungsi sebagai zat kuat yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Antioksidan Flavonoid ini memberikan perlindungan tambahan untuk kornea dan membantu dalam merawat radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa efek berbahaya bagi sel-sel sehat.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Buah markisa juga merupakan sumber yang kuat untuk meningkatkan aktivitas anti-karsinogenik dalam tubuh. Antioksidan dalam Buah Markisa berfungsi untuk menghilangkan radikal bebas yang dapat memutasi DNA sel sehat hingga menjadi penyakit kanker. Buah Markisa mengandung vitamin A, berbagai flavonoid dan senyawa fenolik, yang semuanya telah dikaitkan dengan sifat anti-kanker, terutama pada kanker yang berkaitan dengan mulut dan paru-paru.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Antioksidan yang ditemukan dalam buah markisa sangat baik untuk kesehatan kulit kita. Buah markisa terdiri dari antioksidan seperti Vitamin A, Vitamin C, riboflavin dan karoten. Antioksidan ini mengurangi produksi radikal bebas dalam tubuh kita. Radikal bebas dihasilkan oleh sel-sel tubuh kita ini dapat menyebabkan penuaan kulit. Khasiat anti-inflamasi dari buah markisa juga cenderung dapat menenangkan kulit kita.

8. Meredakan Asma

Vitamin C yang terkandung dalam buah Markisa memiliki efek untuk memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Sebuah penelitian baru-baru ini telah membuktikan bahwa ekstrak buah Markisa ungu yang kaya akan flavonoid dapat meredakan mengi.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah markisa adalah sumber yang kaya akan mineral seperti besi, tembaga, magnesium, kalium dan fosfor sehingga menjadikannya sebagai buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang seperti meningkatkan kepadatan tulang dan kekuatan tulang. Beberapa mineral ini merupakan bagian integral dalam menciptakan bahan tulang tambahan, memperkuat bahan tulang yang ada dan mempercepat perbaikan. Konsumsi Buah Markisa dapat menjadi cara untuk menghilangkan, mencegah atau mengurangi gejala osteoporosis dan rasa sakit serta peradangan yang terjadi ketika memburuknya kualitas tulang seiring bertambahnya usia dan aktivitas.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi buah Markisa (Passion Fruit) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat buah Markisa ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*