Manfaat Buah Melon dan Kandungan Gizi Buah Melon

Manfaat Buah Melon dan Kandungan Gizi Buah Melon – Buah Melon yang dimaksud dalam artikel ini adalah Melon yang dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan Honeydew Melon. Honeydew Melon atau Melon saja adalah buah yang termasuk kelompok suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Nama ilmiah dari buah Melon ini adalah Cucumis melo L.

Honeydew Melon atau Buah Melon memiliki daging yang tebal dengan rasa manis dan bau harum. Di Indonesia, kita sering menemukan buah melon yang berdaging warna oren dan hijau muda. Buah yang berbentuk bulat ini biasanya dimakan segar ataupun diolah menjadi jus melon.

Baca juga : Kandungan Gizi Buah Semangka dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buah Melon

Berikut ini adalah kandungan Gizi Buah Melon dalam setiap 100 gramnya.
Catatan : Buah Melon (Honeydew Melon) Segar Mentah.

Jenis Nutrisi / Gizi Kandungan AKG%
Kalori (Energi) 36kcal (150kJ)
Karbohidrat 9,09g
Gula 8,12g
Serat 0,8g
Air 89,82g
Protein 0,54g
Lemak 0,14g
Vitamin A
Vitamin C 18mg 22%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K 2,9µg 3%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,038mg 3%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,012mg 1%
Vitamin B3 (Niacin) 0,418mg 3%
Vitamin B5 (Pantothenic acid) 0,155mg 3%
Vitamin B6 0,088mg 7%
Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
Kalsium 6mg 1%
Zat Besi 0,17mg 1%
Magnesium 10mg 3%
Manganese 0,027mg 1%
Fosfor 11mg 2%
Potassium (Kalium) 228mg 5%
Seng (Zinc) 0,09mg 1%

 

Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan

Buah Honeydew Melon memiliki berbagai manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah Melon bagi kesehatan kita.

1. Membantu Mencegah Hipertensi dan Menjaga Kesehatan Jantung

Melon merupakan buah yang kaya akan Kalium. Oleh karena itu, buah Melon dianjurkan untuk orang-orang yang sedang menderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi. Kalium sangat bermanfaat untuk membantu membersihkan kelebihan natrium dari tubuh Anda dan meredakan ketegangan di dinding pembuluh darah Anda sehingga mengendalikan tekanan darah dan menjaga jantung tetap sehat.

2. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Buah Melon adalah sumber kalsium yang baik yang merupakan bahan penting untuk kesehatan, gigi dan tulang yang kuat. Tubuh kita akan secara konstan mengambil simpanan kalsium dari tulang dan menggantinya dengan kalsium baru. Jika jumlah kalsium yang masuk lebih sedikit daripada keluar maka tulang akan menjadi lemah sehingga meningkatkan risiko patah tulang atau Osteoporosis. Kalsium juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja pra-pubertas karena tulang pada golongan usia tersebut akan tumbuh dengan cepat. Bagi orang yang berada dalam golong usia lebih tua, kalsium sangat diperlukan untuk memperlambat kerusakan tulang akibat penuaan.

3. Meningkatkan kesehatan Mata Sehat

Dua fitonutrien dalam buah Honeydew Melon yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata adalah lutein dan zeaxanthin. Kedua Fitonutrien ini mengurangi risiko katarak, kebutaan terkait usia dan juga degenerasi makula terkait usia. Lutein dan zeaxanthin akan membentuk pelindung dan menyaring cahaya biru yang berbahaya bagi mata dan menjaga sel-sel mata kita tetap sehat.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan Vitamin C di buah Melon merupakan nutrisi yang penting untuk sistem kekebalan tubuh kita. Sistem Kekebalan Tubuh yang kuat akan membantu tubuh kita untuk tidak mudah sakit dan melawan penumpukan bakteri yang membahayakan bagi kesehatan. Vitamin C juga merupakan antioksidan yang dapat menetralkan racun.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah melon adalah sumber vitamin C yang baik, satu porsi buah melon menyediakan hampir setengah jumlah gizi harian yang direkomendasikan. Vitamin C bukan saja bermanfaat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh kita, namun juga merupakan vitamin penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C membantu menghasilkan kolagen, yaitu protein yang membantu menjaga kesehatan sendi dan kekuatan jaringan. Ini juga merupakan nutrisi yang membuat kulit tampak terhidrasi dan melenting. Seiring bertambahnya usia, kolagen terkuras dari kulit kita. Vitamin C dapat membantu mengisi kembali beberapa kolagen itu sehingga dapat mengurangi keriput pada kulit kita.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buah Melon (Honeydew Melon) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Gizi Buah Melon (Honeydew Melon) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*