Manfaat Buncis dan Kandugan Gizi Buncis

Manfaat Buncis dan Kandugan Gizi Buncis – Buncis adalah tanaman sejenis polong-polongan lunak yang bentuknya memanjang menyerupai kacang panjang dan biasanya dipanen muda untuk dijadikan hidangan sebagai sayuran. Bedanya dengan Kacang Panjang yang memiliki panjang hingga 75cm, panjang kacang Buncis umumnya hanya sekitar 15cm. Buncis merupakan keluarga dari Fabaceae atau Kacang-kacangan (Polong-polongan).

Buncis yang dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Phaseolus vulgaris ini diyakini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Dalam bahasa Inggris, Kacang Buncis sering disebut dengan Green Beans, French Beans dan Snap Beans.
Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Panjang (Yardlong Bean) dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Buncis

Berikut ini adalah kandungan gizi Bunci dalam setiap 100 gramnya.
Catatan : Kandungan Gizi/Nutrisi Kacang Buncis Mentah.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)31kcal (131kJ)1,5%
Karbohidrat6,97g5,5%
Serat2,7g
Air90,32g
Gula3,26g
Protein1,83g3%
Lemak0,22g
Vitamin A35µg4%
Vitamin C12,2mg15%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K14,4µg14%
Vitamin B1 (Thiamine)0,082mg7%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,104mg9%
Vitamin B3 (Niacin)0,734mg5%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,225mg5%
Vitamin B60,141mg11%
Vitamin B9 (Folat)33µg8%
Kalsium37mg4%
Zat Besi1.03mg8%
Magnesium25mg7%
Manganese0,216mg10%
Fosfor38mg5%
Potassium (Kalium)211mg4%
Seng (Zinc)0,24mg3%

Manfaat Buncis dan Kandugan Gizi Buncis

Manfaat Buncis bagi Kesehatan

Buncis merupakan makanan yang kaya akan Vitamin dan Protein. Konsumsi Buncis dapat memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat Buncis bagi kesehatan orang yang mengkonsumsinya.

1. Mendukung Sistem Pencernaan yang Sehat

Serat dalam kacang Buncis dapat membantu sistem pencernaan kita dan dapat mencegah banyak masalah kesehatan yang berkaitan dengan pencernaan sehingga menjaga kesehatan kita secara optimal. Salah satu metode yang digunakannya untuk membantu sistem pencernaan Anda adalah dengan melindungi lapisan saluran pencernaan kita agar tidak rusak.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Karena kandungan vitamin K yang tinggi, Buncis juga dapat membantu tubuh Anda membangun dan mempertahankan tulang yang kuat. Dari lansia hingga atlet yang berisiko osteoporosis, mengonsumsi vitamin K tingkat tinggi membantu tubuh kita mempertahankan kepadatan tulang, mengurangi risiko patah tulang dan bahkan membantu menyembuhkan patah tulang.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buncis mengandung banyak kalsium dan flavonoid yang merupakan pelindung jantung. Flavonoid adalah antioksidan polifenolik yang biasa ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran. Jumlah flavonoid yang tinggi memiliki sifat antiinflamasi yang sangat besar yang mengatur aktivitas trombotik dalam sel dan mencegah bekuan darah di arteri.

4. Menjaga Kesehatan Indera penglihatan

Buncis juga kaya akan karotenoid yang dapat memainkan peran efektif dalam mencegah degenerasi makula (suatu kondisi yang menyebabkan penurunan penglihatan dan fungsi mata). Kacang Buncis ini juga kaya akan lutein dan Zeaxanthin yang membantu menjaga penglihatan dan penglihatan malam yang baik. Selain itu, Kacang Buncis juga mengandung Vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata.

5. Menyediakan Energi bagi Tubuh

Kacang Buncis mengandung zat besi yang lebih tinggi (sekitar dua kali lipat) apabila dibandingkan dengan jumlah zat besi pada bayam. Zat besi (iron) adalah komponen sel darah merah yang penting untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke sel-sel di seluruh tubuh kita.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buncis mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buncis merupakan sumber flavonoid dan karotenoid yang sangat baik. Flavonoid mengandung antioksidan yang diperlukan seperti quercetin dan kaempferol serta katekin dan epicatechin. Katekin telah terbukti mengurangi keparahan stroke. Karotenoid yang ditemukan Buncis mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan lutein. Beta karoten telah dikaitkan dengan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Buncis ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Buncis (Green Bean) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*