Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi Cengkeh (Clove)

Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi cengkeh (cengkih)

Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi Cengkeh (Clove) – Cengkeh atau Cengkih adalah kuncup bunga beraroma unik dari pohon cengkeh yang biasanya dikeringkan untuk dijadikan rempah-rempah dalam hidangan maupun sebagai bahan untuk pengobatan. Cengkeh yang beraroma harum dan memiliki sedikit rasa pedas ini sering digunakan dalam masakan Asia, Afrika, Mediterania, Timur Tengah bahkan di negara-negara barat seperti Eropa dan Amerika.

Tanaman Cengkeh yang berasal dari Indonesia ini merupakan keluarga dari Myrtaceae dalam genus Syzygium. Dalam bahasa Ilmiah, Cengkeh disebut dengan istilah Syzyigium aromaticum. Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut dengan Clove.
Baca juga : Kandungan Gizi Jahe dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Cengkeh

Berikut ini adalah kandungan gizi Cengkeh atau Cengkih dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori47kcal2%
Karbohidrat10,51g6%
Protein3,27g6%
Serat5,4g14%
Lemak0,15g0,5%
Vitamin A13IU0,5%
Vitamin C11,7mg20%
Vitamin E0,19mg1%
Vitamin K14,8µg12%
Vitamin B1 (Thiamine)0,072mg6%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,066mg5%
Vitamin B3 (Niacin)1,046mg6,5%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,116mg9%
Vitamin B9 (Folat)68µg17%
Kalsium44mg4%
Zat Besi1,28mg16%
Magnesium60mg15%
Fosfor90mg13%
Potassium (Kalium)370mg8%
Sodium94mg6%
Seng (Zinc)2,32mg21%
Carotene-ß8µg
Carotene-α0µg
Lutein-zeaxanthin464µg

 

Manfaat Cengkeh bagi Kesehatan

Kuncup Cengkeh yang memiliki aroma harum dan rasa pedas ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Hati (Liver)

Eugenol, senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang terdapat pada cengkeh dapat meningkatkan kesehatan hati atau liver kita. Menurut sebuah penelitian, senyawa asam askorbat dan beta-sitosterol adalah cengkeh yang dapat menghambat proliferasi sel hati. Fraksi kaya eugenol (ERF) dalam cengkeh juga mengurangi stres oksidatif dan bertindak terhadap sirosis hati. Yang dimaksud dengan Sirosis Hati adalah kondisi dimana rusaknya organ hati akibat terbentuknya jaringan parut.

2. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ekstrak Hidroalkohol dari cengkeh kering mengandung Polifenol seperti eugenol dan ekstraktif eugenol serta dapat meningkatkan kepadatan tulang. Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan, mangan dalam cengkeh dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan metabolisme.

3. Memperlancar Sistem Pencernaan

Senyawa tertentu dalam cengkeh dapat membantu mengurangi tukak lambung. Minyak dari cengkeh dapat meningkatkan ketebalan lendir lambung sehingga dapat melindungi lapisan lambung dan mencegah terjadinya tukak lambung. Tukak Lambung adalah luka yang timbul pada lambung akibat terkikisnya lapisan dinding lambung. Cengkeh juga mengandung serat yang dapat membantu sistem pencernaan tubuh kita dan mencegah terjadinya sembelit.

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mulut

Eugenol dalam cengkeh diyakini dapat meredakan sakit gigi. Zat ini adalah obat bius dan memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu kita dalam mengatasi rasa sakit. Salah satu cara sederhana untuk menghilangkan sakit gigi adalah dengan meletakkan beberapa siung utuh di mulut dan basahi dengan air liur kita. Kita juga dapat  enghancurkan siung cengkeh tersebut dengan gigi kita. Minyak yang dilepaskan bisa menghilangkan rasa sakit. Cengkeh utuh ini dapat digunakan selama 30 menit sebelum membuangnya dan mengulangi prosesnya dengan mengunyah cengkeh yang baru lagi. Selain mengurangi rasa sakit gigi, Cengkeh juga dapat mengurangi rasa atau bau tidak enak pada mulut.

5. Mengendalikan Diabetes

Cengkeh mengandung senyawa yang disebut dengan nigericin yang dapat meningkatkan sekresi insulin dan kesehatan sel yang memproduksi insulin. Ini berarti cengkeh dapat menjaga kadar gula darah sehingga dapat digunakan sebagai bagian dari diet seimbang. Terdapat penelitian yang menemukan bahwa cengkeh dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu fungsi insulin secara efisien.

6. Membantu Sirkulasi Darah dan Mengurangi Stres:

Minyak cengkeh dapat membantu sirkulasi darah yang akhirnya akan berdampak pada metabolisme dan suhu tubuh Anda. Sifat antioksidan yang ditemukan dalam cengkeh dapat memurnikan darah kita dan membantu menghilangkan rasa stres.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Cengkeh (Clove) dikutip dari nutrition-and-you.com. Sedangkan manfaat Cengkeh atau Cengkih ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*