Manfaat Kacang Kapri (Snap Pea) dan Kandungan Gizi Kacang Kapri

Manfaat Kacang Kapri (Snap Pea) dan Kandungan Gizi Kacang Kapri – Kacang Kapri adalah tumbuhan yang termasuk dalam keluarga polong-polongan (Fabaceae) dengan bentuk yang pipih dan berwarna hijau. Kacang Kapri biasanya dihidangkan sebagai sayuran pada saat masih mudah atau belum matang dengan biji yang belum berkembang penuh. Dalam bahasa Inggris, Kacang Kapri disebut dengan Snap Pea sedangkan dalam bahasa ilmiahnya disebut dengan Pisum sativum var. saccharatum.

Kacang yang berwarna hijau dan pipih dan memilki sedikit rasa manis ini biasanya disajikan dalam salad maupun ditumis atau digoreng. Perlu diketahui bahwa sebelum penyajiannya, kacang kapri perlu diproses terlebih dahulu yaitu dengan memetik ujung kacang kapri tersebut kemudian tarik serat yang menghubungkan kedua ujung tepi luarnya. Setelah itu petik ujung satunya lagi.
Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Panjang dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

manfaat kacang kapri dan kandungan gizi kacang kapri

Kandungan Gizi Kacang Kapri (Snap Pea)

Berikut ini adalah kandungan gizi kacang kapri dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)42kcal (176kJ)29%
Karbohidrat7,55g6%
Air88,89g
Protein2,80g5%
Gula4.0g
Serat2,6g7%
Lemak0,20g1%
Vitamin A1087IU36%
Vitamin C60mg72%
Vitamin D0g0%
Vitamin E0,39mg3%
Vitamin K25µg24%
Vitamin B1 (Thiamine)0,150mg13%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,080mg7%
Vitamin B3 (Niacin)0,600mg4%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,160mg12%
Vitamin B9 (Folat)42µg11%
Kalsium43mg4%
Zat Besi2,08mg16%
Magnesium24mg24%
Manganese0,244mg12%
Potassium (Kalium)200mg4%
Sodium4mg<1%
Seng (Zinc)0,27mg3%
Carotene-ß630µg
Carotene-α44µg
Cryptoxanthin-β0µg
Lutein-zeaxanthin740µg

 

Manfaat Kacang Kapri (Snap Pea) bagi Kesehatan

Kacang Kapri mengandung berbagai Nutrisi atau Gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang kapri bagi kesehatan tubuh kita.

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kacang Kapri kaya akan vitamin beta A dan karoten. Vitamin A memainkan peran penting dalam pertumbuhan sel-sel kekebalan tubuh kita yang bekerja tanpa akhir untuk melawan penyusup jahat dan membuat kita tetap dalam kondisi prima. Vitamin C yang dikandungnya juga dapat memperkuat fungsi kekebalan tubuh dan membantu mencegah flu dan pilek.

2. Memperkuat dan menjaga Kesehatan Tulang

Kacang Kapri atau Snap Pea adalah sumber utama vitamin K yang telah terbukti dapat mendukung pembentukan sel-sel tulang baru dan juga mencegah patah tulang.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Kacang Kapri merupakan sumber sederhana karotenoid nabati yang dikenal sebagai lutein dan zeaxanthin, keduanya bertindak sebagai antioksidan terkonsentrasi di bagian retina yang dikenal sebagai makula. Pada orang-orang dengan degenerasi makula, kelainan terkait penuaan yang dapat menyebabkan kehilangan penglihatan yang ireversibel, peningkatan asupan makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit pada mata kita.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kacang Kapri memiliki beberapa nutrisi yang terkait dengan manfaat kardiovaskular. Salah satunya adalah Vitamin C yang merupakan antioksidan paling kuat dalam tubuh manusia. Vitamin C dalam kacang kapri ini mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan Aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah).

Kalium atau Potassium yang terkandung dalam Kacang Kapi ini juga dikenal dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, kandungan serat larut dalam kacang yang berbentuk pipih ini dapat menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, mengkonsumsi kacang kapri ini sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung kita.

5. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Serat yang dimiliki oleh Kacang Kapri membantu usus kita dalam memecah makanan yang kita makan menjadi komponen makanan yang dapat diserap, kemudian diproses menjadi nutrisi dan vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Serat juga membantu melawan sembelit dan perut kembung.

6. Mengurangi Anemia

Anemia atau biasanya kita sebut dengan kurang darah dapat kita cegah dengan mengkonsumsi kacang kapri. Kacang Kapri mengandung zat besi yang cukup tinggi ini dapat membantu tubuh kita mengangkut oksigen dalam darah ke seluruh tubuh dengan cepat dan efektif sehingga dapat mengurangi kelelahan dan anemia. Zat besi juga membantu meningkatkan pembentukan sel darah dan memetabolisme protein.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Kapri (Snap Pea) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Kapri ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*