Manfaat Kacang Kenari (Walnut) dan Kandungan Gizi Kacang Kenari

Manfaat Kacang Kenari (Walnut) dan Kandungan Gizi Kacang Kenari

Manfaat Kacang Kenari (Walnut) dan Kandungan Gizi Kacang Kenari – Kacang Kenari adalah kacang biji tunggal berbentuk bulat keriput yang tumbuh dari pohon Kenari. Kacang yang dikenal dengan istilah Walnut dalam bahasa Inggris ini merupakan sumber lemak, protein dan serat yang dapat meningkatkan kesehatan jantung, tulang dan mengendalikan kolesterol, membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan manfaat-manfaat kesehatan lainnya.

Kacang Kenari telah menjadi camilan enak yang dicintai selama ribuan tahun. Di Roma kuno, orang-orang memanggil kacang Kenari ini dengan nama Latin mereka yaitu “Juglansregia”, yang artinya adalah “biji kerajaan Jupiter”. Kacang Kenari atau Walnut ini diyakini berasal dari Persia dan menyebar ke seluruh Asia dan Eropa. Kemudian para misionaris Spanyol membawa Kacang Kenari ini ke California pada tahun 1700-an.
Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Almond dan Manfaatnya bagi Kesehatan.

Kandungan Gizi Kacang Kenari (Walnut)

Berikut ini adalah Kandungan Gizi Kacang Kenari atau Walnut dalam setiap 100 gram-nya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)654kcal (2.738kJ)33%
Karbohidrat13,71g11%
Air4,07g
Protein15,23g27%
Gula2,61g
Serat6,7g18%
Lemak65,21g217%
Vitamin A20IU0,5%
Vitamin C1,3mg2%
Vitamin D0g0%
Vitamin E0,7mg5%
Vitamin K2,7µg3%
Vitamin B1 (Thiamine)0,341mg30%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,15mg13%
Vitamin B3 (Niacin)1,125mg8%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,570mg11%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,537mg41%
Vitamin B9 (Folat)98µg25%
Kalsium98mg10%
Zat Besi2,91mg22%
Magnesium158mg45%
Manganese3,414mg163%
Potassium (Kalium)441mg9%
Sodium2mg0%
Seng (Zinc)3,09mg33%
Carotene-ß12µg
Cryptoxanthin-β0µg
Lutein-zeaxanthin9µg

 

Manfaat Kacang Kenari (Walnut) bagi Kesehatan

Seperti yang disebutkan diatas, Kacang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan Walnut ini memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berikut dibawah ini adalah beberapa manfaat Kacang Kenari bagi kesehatan tubuh kita.

1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Mengendalikan Kolesterol

Karena tingginya kadar asam lemak omega-3, walnut atau kacang kenari ini sangat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular tubuh kita. Makan beberapa kacang kenari dalam sehari juga dapat membantu mengurangi tekanan darah. Asam lemak omega-3 diketahui dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan mendorong produksi kolesterol baik. Mereka juga membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah. Dengan mengendalikan Kolesterol dan meningkatkan fungsi pembuluh darah, Konsumsi Kacang Kenari yang cukup dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

2. Dapat Mengurangi Risiko Kanker

Kacang kenari yang kaya akan senyawa tanaman seperti asam omega 3-lemak, polifenol dan urolithin merupakan komponen bioaktif yang diyakini memiliki sifat-sifat anti-kanker. Beberapa penelitian menunjukan bahwa Kacang kenari dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu seperti payudara, usus besar, dan prostat. Asosiasi Penelitian Kanker Amerika menyatakan bahwa mengonsumsi beberapa kacang kenari setiap hari dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara (baca link penelitian).

3. Dapat Mendukung Fungsi Otak

Asam lemak omega-3 dalam kacang kenari juga baik untuk otak. Memiliki makanan yang kaya akan asam lemak esensial (seperti asam lemak omega-3) dapat memperlambat penurunan kognitif. Dalam suatu penelitian pada orang-orang yang sudah lanjut usia (lansia), konsumsi kenari setiap hari menunjukkan peningkatan fungsi kognitif (baca link penelitian).

4. Membantu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kacang Kenari kaya akan serat. Nutrisi ini dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita berfungsi dengan baik. Semua manusia membutuhkan serat setiap hari untuk menjaga kesehatan pencernaannya. Konsumsi Kacang Kenari setiap hari dapat membantu meringankan masalah pencernaan dan menjaga usus kita berfungsi dengan baik.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Kacang kenari mengandung asam lemak esensial yang disebut asam alfa-linolenat. Asam jenis ini dan juga senyawanya telah dikaitkan dengan tulang yang lebih kuat dan lebih sehat. Asam lemak omega-3 dalam kacang juga bisa membantu melawan peradangan tulang pada manusia.

6. Dapat Mengurangi Peradangan

Orang dengan penyakit radang seperti asma, radang sendi dan eksim dapat mengambil manfaat dari kenari karena adanya asam lemak esensial yang terkandung didalamnya. Kacang kenari dapat melawan peradangan dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Polifenol dalam walnut juga dapat membantu dalam memerangi peradangan.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kacang kenari mengandung antioksidan yang menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan mencegah timbulnya penyakit. Kacang kenari yang kaya akan vitamin dan mineral seperti tembaga dan vitamin B6 ini juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Dapat Meningkatkan Kualitas Tidur menjadi Lebih Baik

Kacang kenari mengandung melatonin. Senyawa ini dikaitkan dengan pola tidur yang lebih baik. Asam lemak omega-3 juga dapat menjaga tekanan darah rendah dan membantu menghilangkan stres. Namun, masih memerlukan penelitan yang lebih lanjut mengenai hal ini.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Kenari (Walnut) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Kenari atau Walnut ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*