Manfaat Kacang Panjang dan Kandungan Gizi Kacang Panjang

Manfaat Kacang Panjang dan Kandungan Gizi Kacang Panjang – Kacang Panjang adalah tumbuhan kacang-kacangan yang ditanam untuk dijadikan sayuran dan merupakan salah satu menu makanan yang sangat populer di Indonesia. Berbeda dengan kacang-kacangan pada umumnya, Kacang Panjang ini biasanya dimakan bersamaan dengan bagian kulitnya. Panjangnya kacang panjang bisa mencapai 75cm.

Dalam bahasa Inggris, Kacang Panjang disebut juga dengan Yardlong Bean, Asparagus Bean, long-podded cowpea atau Chinese long bean. Sedangkan nama dalam bahasa ilmiahnya adalah Vigna Sesquipedalis. Kacang Panjang merupakan tanaman yang tumbuh di kawasan tropis dan subtropis seperti di Asia Tenggara, Asia Selatan dan Tiongkok Selatan. Biasanya dapat dikonsumsi dengan dimasak ataupun dimakan segar seperti lalapan.
Baca juga : Manfaat Kacang Hijau dan Manfaat Kacang Hijau bagi Kesehatan.

Manfaat Kacang Panjang dan Kandungan Gizi Kacang Panjang

Kandungan Gizi Kacang Panjang

Berikut ini adalah kandungan gizi Kacang Panjang dalam setiap 100 gramnya.
Catatan : Kandungan Gizi / Nutrisi Kacang Panjang mentah.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)47kcal (197kJ)2%
Karbohidrat8,35g6%
Air87,85g
Protein2,8g5%
Lemak0,4g2%
Vitamin A43µg5%
Vitamin C18,8mg23%
Vitamin D
Vitamin E
Vitamin K
Vitamin B1 (Thiamine)0,107mg9%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,11mg9%
Vitamin B3 (Niacin)0,41mg3%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,55mg2%
Vitamin B60,024mg2%
Vitamin B9 (Folat)62µg16%
Kalsium50mg5%
Zat Besi0,47mg4%
Magnesium44mg12%
Manganese0,205mg10%
Fosfor59mg8%
Potassium (Kalium)240mg5%
Sodium4mg0%
Seng (Zinc)0,37mg4%

 

Manfaat Kacang Panjang bagi Kesehatan

Masakan Kacang Panjang adalah salah satu menu makanan yang sering dijumpai di meja makan masyarakat Indonesia. Kacang yang berukuran panjang ini memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat kacang panjang bagi kesehatan manusia.

1. Menurunkan Risiko Encok

Encok adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya asam urat yang membentuk penumpukan Kristal pada persendian. Beberapa penelitian menunjukan bahwa konsumsi Vitamin C dalam jumlah tertentu dapat menurunkan risiko Encok. Kacang Panjang dalam hal ini mengandung sekitar 18,8mg Vitamin C per 100gramnya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kacang Panjang mengandung Folat (Vitamin B9) tinggi yang dapat membantu menurunkan Homosistein (homocysteine). Kadar Homosistein yang terlalu tinggi akan meningkatkan kemungkinan stroke dan serangan jantung. Mengkonsumsi folat dalam jumlah tinggi dapat membantu mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan pada jantung.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi vitamin C dalam jumlah tinggi akan dapat mengurangi munculnya kerutan dan kekeringan pada kulit serta memperlambat proses penuaan. Vitamin C merupakan vitamin yang sangat penting untuk kulit, ligamen, pembuluh darah dan tendon. Vitamin C dapat mempercepat proses penyembuhan pada kulit. Beberapa bukti juga menunjukkan bahwa krim kulit yang tinggi vitamin C dapat mengurangi kemerahan pada kulit. Diet yang kaya antioksidan juga akan membantu mencegah kanker kulit.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Kanker

Kacang Panjang segar mengandung jumlah vitamin C yang tinggi yaitu sekitar 18,8 mg atau 31% angka kebutuhan harian Vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang larut dalam air apabilan mengkonsumsinya secara cukup maka akan dapat membantu membangun kekebalan untuk memerangi infeksi dan berkontribusi untuk menjaga elastisitas pembuluh darah serta menurunkan risiko terjangkit penyakit kanker.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang didapat dari Kacang Panjang merupakan vitamin penting untuk merawat indera penglihatan kita. Seperti yang dilihat dari tabel diatas, setiap 100 gram Kacang Panjang mengandung sekitar 43µg vitamin A atau sekitar 5% dari angka kebutuhan harian vitamin A kita.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Kacang Panjang ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat Kacang Panjang (Yardlong Bean) ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*