Manfaat Kacang Pistachio dan Kandungan Gizi Kacang Pistachio

Manfaat Kacang Pistachio dan Kandungan Gizi Kacang Pistachio

Manfaat Kacang Pistachio dan Kandungan Gizi Kacang Pistachio – Kacang Pistachio pada dasarnya adalah biji yang berasal dari pohon Pistachio dan merupakan suku Anacardiaceae. Tanaman ini tumbuh kawasan yang kering dan telah dibudidayakan di berbagai negara seperti Iran, Turkmenistan, Suriah, Turki, Tiongkok dan Amerika Serikat. Selain sebagai camilan yang lezat, Kacang yang memiliki cangkang cukup keras ini mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Dalam bahasa ilmiah, Kacang Pistachio disebut dengan Pistacia vera.

Baca juga : Kandungan Gizi Kacang Almond dan Manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan Gizi Kacang Pistachio

Berikut ini adalah kandungan gizi pada Kacang Pistachio dalam setiap 100 gramnya.

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori (Energi)557kcal29%
Karbohidrat27,97g21,5%
Serat10,3g27%
Protein20,60g37%
Lemak44,44g148%
Vitamin A553IU18%
Vitamin C5mg8%
Vitamin E22,60mg150%
Vitamin B1 (Thiamine)0,870mg72,5%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,160mg12%
Vitamin B3 (Niacin)1,3mg8%
Vitamin B5 (Pantothenic acid)0,520mg10%
Vitamin B6 (Pyridoxine)1,7mg131%
Vitamin B9 (Folat)51µg13%
Kalsium107mg11%
Zat Besi4,15mg52%
Magnesium121mg30%
Manganese1,2mg52%
Fosfor376mg54%
Potassium (Kalium)1.025mg22%
Seng (Zinc)2,20mg20%
Carotene-ß332µg

 

Manfaat Kacang Pistachio untuk Kesehatan

Kacang Pistachio memiliki berbagai manfaat kesehatan bagi orang yang mengkonsumsinya, diantaranya seperti menjaga kesehatan jantung, membantu pengobatan Diabetes, Meningkatkan kesehatan mata, mencegah penyakit kanker, meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dan sangat bermanfaat bagi kesehatan usus.

1.Menjaga Kesehatan Jantung

Menurut penelitian, Kacang Pistachio mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit-penyakit yang berkaitan dengan kardiovaskular. Pistachio juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan mengurangi risiko penyakit jantung coroner.  Kacang Pistachio juga mengandung asam animo L-arginine yang dapat berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan aliran darah dan akhirnya dapat menurunkan tekanan darah kita.

2.Membantu Pengobatan Diabetes

Berdasarkan penelitian, Kadar glukosa dan insulin akan lebih rendah setelah mengkonsumsi kacang Pistachio. Kacang ini juga meningkatkan kadar Peptida yaitu hormon yang mengatur kadar glukosa pada penderita diabetes. Sebuah studi di Iran juga menyatakan bahwa asupan makanan kacang Pistachio dapat memiliki efek positif pada kontrol glikemik, tekanan darah, peradangan dan bahkan obesitas pada pasien diabetes.

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kacang Pistachio memiliki jumlah Lutein dan Zeaxanthin yang tertinggi di antara semua kacang. Lutein dan Zeaxanthin merupakan antioksidan yang sangat bermanfaat dalam mencegah masalah penglihatan seperti degenerasi makula terkait usia dan katarak. Beberapa laporan menunjukkan bahwa asam lemak sehat dalam Kacang Pistachio juga dapat berkontribusi untuk kesehatan mata, meskipun masih perlu adanya penelitian-penelitian lebih lanjut mengenai penemuan ini. Mineral penting lainnya yang didapat pada Pistachio adalah seng, Seng merupakan nutrisi penting bagi Indera Penglihatan kita ini.

4. Mencegah Kanker

Kacang Pistachio mengandung sifat antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas pada tubuh kita. Radikal bebas diyakini sebagai penyebab dari berbagai penyakit, salah satunya adalah penyakit kanker. Disamping itu, vitamin B6 atau Pyridoxine yang dikandung oleh Pistachio juga dapat membantu meningkatkan sel darah putih sehingga dapat mencegah berbagai infeksi dan juga mencegah penyakit kanker.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi Pistachio secara teratur dapat membantu menjaga tingkat kekebalan Anda tetap tinggi. Hal ini dikarenakan Kacang Pistacio memiliki jumlah vitamin B6 tinggi yang sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. Kacang Pistachio juga mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah infeksi sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

6. Bermanfaat bagi Kesehatan Usus

Kacang Pistachio mengandung serat yang dapat membantu pencernaan dan mencegah sembelit. Serat dalam kacang dicerna oleh bakteri makanan dalam perut kita akan bertindak sebagai prebiotik. Bakteri usus memfermentasi serat ini dan menghasilkan asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acids) yang memiliki manfaat untuk mencegah kanker usus besar dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Butyrate Acid atau Asam Butirat adalah salah satu asam lemak rantai pendek yang sangat bermanfaat bagi usus karena akan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus kita.

Sumber referensi : Kandungan Gizi Kacang Pistachio dikutip dari USDA (United States Department of Agriculture) Agricultural Research Service. Sedangkan Manfaat Buah Mangga bagi Kesehatan dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*