Manfaat Paprika dan Kandungan Gizi Paprika

Manfaat Paprika (Bell Pepper) dan Kandungan Gizi Paprika

Manfaat Paprika bagi Kesehatan dan Kandungan Gizi Paprika – Paprika atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Bell Pepper adalah salah satu anggota dari keluarga Cabai atau Capsicum annuum, namun Paprika memiliki rasa manis yang khas dan tidak sepedas seperti cabai pada umumnya. Oleh karena itu, Paprika sering dihidangkan sebagai sayuran dan bukan sebagai bumbu dalam masakan. Dalam Paprika juga disebut dengan Sweet Pepper.

Buah dari tanaman yang juga bernama Paprika dan berbentuk seperti lonceng ini ada yang berwarna merah, hijau, kuning maupun ungu tergantung pada varietasnya. Nama ilmiah Paprika adalah Capsicum annuum L. Paprika merupakan tanaman asli Meksiko dan kawasan Amerika Tengah lainnya yang menyebar ke seluruh dunia melalui penjelajah Spanyol dan Portugal pada abad ke 16 dan 17.

Kandungan Gizi Paprika (Nutrisi Paprika)

Berikut ini adalah kandungan gizi Paprika di setiap 100 gramnya.
Catatan : Paprika Merah Segar

Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori31kcal1,5%
Karbohidrat6.03g4%
Air92,21g
Protein0,99g2%
Gula
Serat2,1g5,5%
Lemak0,3g1%
Vitamin A3131IU101%
Vitamin C127,7mg213%
Vitamin D0µg
Vitamin E1,58mg11%
Vitamin K4,9µg4%
Vitamin B1 (Thiamine)0,054mg4,5%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,085mg6,5%
Vitamin B3 (Niacin)0,979mg6%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,291mg22%
Vitamin B9 (Folat)46µg12%
Kalsium7mg1%
Zat Besi0,43mg5%
Magnesium12mg3%
Fosfor26mg4%
Potassium (Kalium)211mg4,5%
Sodium4mg<1%
Selenium0,1µg<1%
Seng (Zinc)0,25mg2%
Carotene-ß1624µg
Carotene-α20µg
Cryptoxanthin-β490µg
Lutein-zeaxanthin51µg

 

Manfaat Paprika bagi Kesehatan

Berikat ini adalah manfaat Paprika bagi Kesehatan tubuh kita.
Baca juga : Kandungan Gizi Terung dan Manfaat Terung bagi Kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Indera Penglihatan

Zeaxanthin dan Lutein yang ditemukan di Paprika dapat membantu masalah kesehatan pada mata. Karotenoid yang ditemukan di sebagian besar buah-buahan dan sayuran dapat membantu retina mata dari degenerasi makula.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Paprika memiliki banyak likopen di dalamnya yang membentuk warna-warna sayuran menjadi kuat dan cerah sehingga merupakan antioksidan yang sangat kuat yang akan membantu menjaga sel-sel dalam tubuh dan juga mencegah oksidasi sel darah.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Karotenoid atau pigmen yang ditemukan pada Paprika memiliki efek antioksidan kuat yang dapat mencegah jenis-jenis kanker tertentu. Karotenoid menonaktifkan radikal bebas yang merupakan atom oksigen perusak sel yang bereaksi dengan molekul lain dalam tubuh kita. Paprika matang dapat memaksimalkan manfaat antioksidan yang dimilikinya. Hal ini dikarenakan pematangan dapat meningkatkan kandungan karotenoid dalam paprika. Paprika juga memiliki belerang yang dapat membantu mencegah penyakit kanker.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Paprika mengandung Quercetin dan Zeaxanthin, yaitu dua antioksidan yang dapat membantu melawan oksidasi Low Density Lipoprotein (LDL) tingkat tinggi. Jenis kolesterol LDL cenderung rentan terhadap penyakit jantung karena akan menempel pada dinding arteri ketika dioksidasi. Kecenderungan itu akan menghasilkan kondisi yang dikenal sebagai Aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Mengonsumsi makanan seperti paprika yang kaya antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

5. Membantu mencegah anemia.

Anemia atau sering kita sebut dengan kurang darah adalah kondisi di mana darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang memadai. Zat Besi merupakah mineral penting yang mengikat oksigen dalam sel darah merah. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi dan senyawa seperti vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Paprika adalah sumber zat besi dan Vitamin C yang sangat baik yang dapat membantu orang mengurangi risiko anemia.

Sumber referensi : Data-data Kandungan Gizi Paprika (Bell Pepper) ini dikutip dari United States Department of Agriculture, Agricultural Research Service, USDA Food Composition Databases. Sedangkan manfaat buah Paprika ini dirangkum dari berbagai sumber.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*